Efek Samping Minum Kopi Pada Gigi

Minuman kopi memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga memiliki efek samping pada gigi.
Ilustrasi minuman kopi. (Foto: Freepik)

Jakarta - Apakah Anda salah satu penikmat kopi? Kopi sendiri merupakan minuman yang tidak memandang zaman atau pun usia. Sejak sekitar 3000 tahun lalu, kopi selalu menjadi minuman berkhasiat dan dapat menambah energi baik untuk kalangan muda atau pun tua.

Selain sebagai minuman yang dapat menambah energi, kopi juga memiliki manfaat lain yang baik bagi tubuh. Mengutip informasi dari laman Cigna, kopi diketahui dapat mengurangi risiko penyakit berat seperti diabetes tipe 2, kanker, dan alzheimer.

Selain itu, kopi juga merupakan sumber antioksidan dan dikatakan bahwa minuman ini bisa menjadi penghilang stres.

Namun, tahukah Anda bahwa minuman kopi juga memiliki efek samping pada gigi?

Mengutip informasi dari laman Healthdigest, seorang dokter gigi bernama Mark Hughes mengatakan bahwa apa pun yang dapat menodai kaus putih, maka itu bisa menandai gigi. Hal ini tidak selalu merujuk ke sesuatu yang tidak sehat.

Bahkan segelas anggur atau secangkir kopi akan meninggalkan tanda langsung di permukaan gigi dan hal ini bisa menyebabkan kerusakan serius, tidak hanya sekadar menodai.

Seperti yang dijelaskan oleh Kourosh Maddahi, DDS, seorang dokter gigi kosmetik yang berbasis di Beverly Hills, Amerika Serikat bahwa secara mengejutkan, kopi bersifat asam. Akibatnya, itu bisa mengubah keseimbangan pH mulut saat Anda meminumnya.

Maka, apa pun yang Anda makan sesudahnya dengan rasa sedikit asam dapat menyebabkan kerusakan pada gigi lebih cepat dari biasanya. Selain itu, dikatakan juga bahwa kopi bisa menyebabkan erosi gigi dan enamel.

Namun, tidak perlu khawatir bagi Anda yang penggemar kafein tetapi tidak ingin gigi menjadi rusak. Terdapat cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Bukan dengan cara menggunakan sedotan saat meminumnya karena itu tidak memiliki pengaruh apa pun, kopi (atau minuman bersifat asam lainnya) tetap dapat menodai gigi dan bisa menyebabkannya jadi berlubang.

Menurut Dr. Matthew Messina, DDS, penasihat konsumen untuk American Dental Association dan asisten profesor di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Negeri Ohio, cara terbaik untuk mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh kopi pada gigi adalah dengan selalu menjaga kebersihan mulut.

Selalu sikat gigi setelah Anda minum kopi. Jika sedang tidak bisa menyikat gigi, coba bilas mulut Anda dengan air.

Bisa dengan cara berkumur dan meludahkannya atau bahkan hanya dengan meminumnya. Hal ini dapat membantu menghilangkan noda dari gigi. Selain itu, menambahkan susu ke dalam kopi juga bisa membuat perbedaan yang besar. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
13 Manfaat Minyak Argan untuk Kecantikan
Mengutip informasi dari laman healthline, berikut Tagar rangkumkan manfaat minyak argan untuk kecantikan.
Bahaya Mengoleskan Minyak Kelapa di Area Wajah
Ada satu area yang tidak boleh dioleskan minyak kelapa di atasnya. Area tersebut adalah wajah.
10 Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan Tubuh
Berikut manfaat biji chia bagi kesehatan yang telah terbukti oleh sains, yang dirangkum Tagar dari laman Healthline.
0
Nadiem Makarim Ingin Program MBKM di Manfaatkan Mahasiswa
Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim berkeinginan program MBKM dapat dimanfaatkan kampus dan mahasiswa sebaik mungkin.