Bahaya Mengoleskan Minyak Kelapa di Area Wajah

Ada satu area yang tidak boleh dioleskan minyak kelapa di atasnya. Area tersebut adalah wajah.
Ilustrasi minyak kelapa. (Foto: keckmedicine)

Jakarta - Banyak orang pasti sudah tahu atau bahkan mempercayai bahwa minyak kelapa merupakan produk paling ajaib dalam dunia kecantikan. Hal ini dikarenakan minyak kelapa dapat digunakan sebagai perawatan rambut, tubuh, kuku, dan bahkan pemutih gigi. Produk ini seperti menjadi penyelamat dalam dunia kecantikan.

Namun, tahukah Anda bahwa ada satu tempat tertentu yang tidak boleh dilewati minyak kelapa?

Mengutip informasi dari laman health digest, ada satu area yang tidak boleh dioleskan minyak kelapa di atasnya. Area tersebut adalah wajah. Percaya atau tidak, menurut ahli kulit, mengoleskan minyak kelapa ke kulit wajah adalah hal yang dilarang.

Hal ini dijelaskan oleh dokter kulit Paul Dean, pencipta Skin Resource.MD. Ia menjelaskan bahwa minyak kelapa menjadi salah satu produk dengan peringkat comedogenic (dapat menyumbat pori-pori) tertinggi.

Hal ini dapat menjadi masalah besar bagi pemilik kulit sensitif karena minyak kelapa tidak bisa menembus pori-pori dan justru malah menyumbatnya.

Selain itu, menurut Nicolas Travis -pendiri produk skincare dengan merk Allies of Skin-, minyak kelapa juga tidak memberikan banyak nutrisi pada kulit. Daripada minyak kelapa, masih ada produk lain yang lebih baik dalam menutrisi kulit seperti minyak baobab, minyak rosehip, dan minyak tamanu.

Namun, kembali lagi ke individu masing-masing. Kebanyakan produk skincare akan berfungsi atau tidaknya tergantung pada jenis kulit si pemakainya.

Menurut ahli kecantikan Suzanne Audley, minyak kelapa untuk kulit normal hingga kering bisa sangat berfungsi untuk melembabkan. Namun, hanya karena suatu produk atau bahan berhasil pada satu orang, bukan berarti itu akan bekerja sama baiknya untuk yang lain. Hal ini dikarenakan tipe kulit setiap orang berbeda dan memiliki cara untuk merespons sesuatu juga berbeda.

Jadi, lebih dianjurkan untuk tidak perlu memakai minyak kelapa di kulit wajah.

Ada begitu banyak produk pelembab dan minyak wajah yang tersedia saat ini, sehingga Anda harus menemukan alternatif yang terjangkau untuk melembabkan jenis kulit.

Pastinya dengan cara yang lebih baik dan tanpa menyumbat pori-pori. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
10 Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan Tubuh
Berikut manfaat biji chia bagi kesehatan yang telah terbukti oleh sains, yang dirangkum Tagar dari laman Healthline.
Tips Kecantikan Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang 2020
Berikut Tagar rangkumkan daftar hasil pencarian kecantikan di Google yang dikutip dari laman PopSugar.
7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Kulit
Berikut manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulitmu.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.