Disukai Banyak Orang, Begini Khasiat Madu Bagi Kesehatan

Tak heran jika madu telah dikenal sejak lama salah satu obat tradisional. Selain dapat meningkatkan imunitas tubuh, berikut 5 khasiatnya.
Ilustrasi – Madu. (Foto: Tagar/Pexels/ROMAN ODINTSOV)

Jakarta – Madu merupakan cairan alami bercita rasa manis dan bertekstur kenyal yang berasal dari nektar bunga. Di buat oleh bantuan lebah, madu merupakan subtansi makanan yang populer dan banyak ditemui di pasaran dengan jenis yang beragam.

Selain bercita rasa enak, madu mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gramnya, madu diketahui mengandung 0,3 gram protein, 79,5 gram karbohidrat, 0,2 gram serat, 16 mg fosfor, 5 mg kalsium, 6 mg natrium, 0,9 mg besi, 0,04 mg tembaga, 26,9 mg kalium, 0,2 mg seng, 4 mg vitamin C, 0,1 mg vitamin B3, dan 0,04 mg vitamin B2.

Atas kandungan tersebut, tak heran jika madu telah dikenal sejak lama salah satu obat tradisional. Selain dapat meningkatkan imunitas tubuh, berikut 5 khasiat madu bagi kesehatan.


1. Menjaga kesehatan usus

Madu diketahui dapat menjaga kesehatan usus manusia karena mengandung prebiotik yang merupakan makanan dari probiotik.

Hal ini diperkuat dalam sebuah jurnal Integrative Medicie Insight yang menyebut bahwa madu diketahui mengandung prebiotik yang membantu proses fermentasi bakteri-bakteri baik (probiotik) di dalam usus, seperti bifidobacterial dan lactobacillius.

Bifidobacterial dan lactobacillius merupakan probiotik yang diketahui mampu menyeimbangkan bakteri di usus agar tetap sehat. Selain itu, kedua mikrooba ini juga dipercaya dapat mencegah dan mengobati diare.


2. Mempercepat proses penyembuhan luka

Madu sangat cocok digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka karena mengandung efek antibakteri, antiseptic, dan antiradang.

Selain itu, madu memiliki kemampuan dalam mempercepat pertumbuhan lapisan kulit yang terluka, menyamarkan bekas luka, meningkatkan kolagen dalam kulit, dan dipercaya mampu menghambat pertumbuhan bakteri karena mengandung pH asam sekitar 3,2-4,5.

Berkat khasiatnya tersebut, tak heran jika madu menjadi salah satu komposisi krim untuk mengobati luka terbakar atau tergores dan dipercaya efektif membantu proses penyembuhan luka diabetes serta gigitan nyamuk.


3. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengandung antioksidan yang cukup lengkap, madu dipercaya mampu memberikan perlindungan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Madu diketahui dapat meningkatkan pelebaran pembuluh koroner, menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah, mencegah peradagan pembuluh darah, serta dapat menurunkan kerja trombosit dalam membekukan darah.

Di samping itu, madu juga dipercaya membantu menurunkan tekanan darah, mengatur detak jantung, dan mencegah matinya sel-sel sehat di dalam jantung.


4. Meredakan batuk

Madu merupakan salah satu obat alternatif yang kerap digunakan ibu Indonesia saat sang anak menderita batuk.

Dalam sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal Pedetrics diketahui bahwa 2 sendok the madu dipercaya mampu menyembuhkan batuk karena mengandung sifat antimikroba yang dapat membunuh beberapa bakteri tertentu.

Meskipun berdampak baik, hindari pemberian madu pada anak yang berusia dibawah 1 tahun karena dapat menyebabkan botulisme atau keracunan yang disebabkan oleh bakteri Clostridium Botulinum.


5. Mengurangi kadar gula darah

Menjadi alternatif perisa manis, madu diketahui dapat dikonsumsi bagi para penderita diabetes karena memiliki angka indeks glikemik yang rendah.

Meskipun begitu, penderita diabetes harus tetap mengontrol jumlah takaran madu yang akan dikonsumsi karena kandungan gula alami yang terdapat di dalam madu tersebut juga dapat membuat gula darah melonjak naik.

(Eka Cahyani)


Berita terkait
3 Manfaat yang Diberikan Asuransi Kehamilan dan Melahirkan
Harapan nasabah saat membeli asuransi ialah dapat berguna di waktu yang tepat, tak terkecuali asuransi melahirkan dan kehamilan.
3 Manfaat Memiliki Asuransi Kecelakaan
Manfaat asuransi kecelakaan diri terdiri atas santunan meninggal dunia, santunan cacat tetap, dan biaya perawatan akibat kecelakaan lainnya.
Tidur dengan Masker? Berikut Manfaat Sleeping Mask
Perawatan kulit selalu kompleks dan menantang bagi banyak orang. Berikut cara menggunakan dan manfaat Sleeping Mask yang patit kamu coba.
0
Dokter Penemu Omicron Sebut Gejala-gejala Jika Tertular
Angelique Coetzee mengatakan pasien-pasien yang terkena varian tersebut sejauh ini bergejala ringan dan bisa rawat jalan di rumah