UNTUK INDONESIA
Di Grup Berat, PSM Siap Kerja Keras di Piala AFC
PSM Makassar bakal bersaing ketat di penysihan Grup H Piala AFC karena bergabung dengan klub-klub kuat Asia Tenggara.
PSM Makassar bakal bersaing ketat di penyisihan Grup H Piala AFC setelah menyingkirkan Lalaenok United FC di babak play-off. PSM bergabung dengan klub-klub kuat Asia Tenggara di penyisihan grup. (Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Makassar - PSM Makassar menyelesaikan misi pertama setelah memastikan lolos dari babak play-off Piala AFC dengan menyingkirkan wakil Timor Leste, Lalenok United FC. Namun langkah mereka di penyisihan grup tidak akan mudah karena berada di grup berat.

PSM bersaing dengan dengan Tampines Rovers (Singapura), Kaya FC Iloilo (Filipina) dan Shan United (Malaysia) di Grup H.  Tampines sendiri gagal lolos ke Liga Champions setelah disingkirkan Bali United di play-off.

Ini akan menjadi pertarungan yang tak mudah. Apalagi, tim Juku Eja sudah harus kehilangan dua pemain andalan, Willem Jan Pluim dan M. Arfan, yang diganjar kartu merah di laga kedua play-off melawan Lalenok United FC. Keduanya dipastikan absen di laga pertama PSM di penyisihan grup. 

Hal yang biasa bertemu tim besar dan kuat di Piala AFC. Kami sudah pasti menjalani banyak pertandingan yang ketat. Persoalannya kami harus kehilangan dua pemain terbaik di laga awal

Pelatih Bojan Hodak yang sudah malang-melintang menangani klub-klub Asia mengakui PSM berada di grup yang cukup keras. Namun pelatih asal Kroasia ini optimistis tim bisa melewati penyisihan grup. 

"Kami akan memasuki grup yang cukup keras karena bersaing dengan beberapa tim kuat. Terutama di pertandingan tandang, kami harus bekerja keras untuk meraih poin," kata Hodak di Makassar, Sabtu 1 Februari 2020. 

Hanya dia menilai hal yang biasa tim bakal bertemu lawan tangguh saat berkompetisi di Asia. Pasalnya mereka yang bermain di level Asia tentu memiliki kualitas dan dipastikan merupakan tim papan atas di liga di negaranya. 

"Hal yang biasa bertemu tim besar dan kuat di Piala AFC. Kami sudah pasti menjalani banyak pertandingan yang ketat. Persoalannya kami harus kehilangan dua pemain terbaik di laga awal. Ini menjadikan kami harus bekerja ekstrakeras saat bermain tanpa mereka," ucapnya. 

PSM Tak Bisa Bermain di Makassar

Tak hanya itu, PSM masih akan bermain di luar Makassar saat menjamu lawan-lawannya. Tim belum bisa memakai Stadion Andi Mattalatta yang selama ini menjadi home base Pasukan Ramang. Apalagi, stadion itu memang belum memenuhi standar untuk pertandingan AFC. 

Musim lalu saat berkompetisi di Piala AFC, Ferdinand Sinaga dkk juga tak bisa bermain di Makassar di pertandingan kandang. Meski demikian, mereka sukses mencapai semifinal zona Asia Tenggara. 

"Tentu saya berharap pertandingan di Piala AFC bisa digelar di Kota Makassar. Dengan demikian seluruh suporter bisa datang ke stadion untuk memberi dukungan," kata Hodak lagi. 

PSM melaju ke Piala AFC setelah menyingkirkan Lalenok United dengan keunggulan agregat 7-2. Pada laga pertama di Bali, mereka menang 4-1. Selanjutnya di pertandingan kedua saat PSM bertindak sebagai tuan rumah yang digelar di Stadion Pakansari Bogor, mereka menang 3-1. 

PSM berstatus juara Piala Indonesia 2019 sehingga berhak berkompetisi di Piala AFC. Selain PSM, juara Liga 1 2019 Bali United juga tampil di kompetisi kasta kedua itu. 

Bali United sesungguhnya mendapat tiket play-off Liga Champions Asia. Hanya, Serdadu Tridatu ini gagal di babak kedua play-off. Setelah menyingkirkan Tampines, mereka dihajar wakil Australia Melbourne Victory 0-5. 

Di Piala AFC, Bali United bergabung di grup G. Mereka bersaing dengan Ceres (Filipina), Svay Rieng (Kamboja) dan Than Quang Ninh (Vietnam). []

Berita terkait
Marc Klok Pamit Kepada Suporter dan PSM Makassar
Gelandang bertahan Marc Anthony Klok dilepas PSM Makassar. Pemain asal Belanda ini pun berpamitan kepada suporter dan klub.
Menang dengan 9 Pemain, Pelatih PSM Kritik Wasit
PSM Makassar lolos ke Piala AFC usai menang 3-1 atas Lalenok United FC di play-off kedua. Hanya, pelatih PSM kritik wasit yang usir dua pemainnya.
PSM Makassar Tetap Tak Remehkan Lalenok United
PSM Makassar optimistis menang meski tak anggap remeh Lalenok United di laga kedua play-off Piala AFC di Stadion Pakansari, Rabu 29 Januari 2020.
0
Cara Mengajarkan Anak Usia Dini Berpuasa
orang tua perlu memperkenalkan dan mengajari anak agar terbiasa menjalankan ibadah puasa di usia dini.