UNTUK INDONESIA
Untuk Indonesia
Denny Siregar: Ibu Kota Pindah ke Palangkaraya?
Akhirnya Jokowi memutuskan, bahwa ibu kota akan dipindah ke luar Jawa yaitu Palangkaraya. Tulisan opini Denny Siregar.
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) sebelum memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019). Ratas itu membahas tindak lanjut rencana pemindahan ibu kota. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Oleh: Denny Siregar*

Akhirnya Jokowi memutuskan, bahwa ibu kota akan dipindah ke luar Jawa.

Keputusan ini disampaikan Jokowi, dalam rapat terbatas tentang pemindahan ibu kota, kemarin. Dan ini memecah kebuntuan selama ini dari beberapa alternatif apakah ibu kota tetap di Jakarta atau pindah?

Alasan yang dikemukakan Jokowi adalah lebih karena Jakarta sudah tidak cocok lagi menjadi ibu kota karena macet dan banjir. Tetapi alasan sebenarnya yang tidak banyak diungkapkan ke publik adalah ia ingin membagi ekonomi ke daerah lain sehingga Indonesia tidak menjadi Jawasentris.

Lalu di mana kira-kira tempat yang paling tepat menjadi ibu kota?

Nah, ini menarik. Banyak alternatif yang dibahas sejak lama dimana pantasnya ibu kota dipindahkan.

Apa pun alasannya, yang patut kita hormati adalah Jokowi sudah memulai untuk menjadikan Indonesia sebagai Indonesia, bukan hanya Jawa. Ia ingin menerapkan sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk dalam pemindahan ibu kota.

Tetapi kalau melihat visi Jokowi, ia sebenarnya sedang meneruskan cita-cita Soekarno, orang yang sangat ia kagumi dalam pemikiran dan tindakan. Bahkan konsep nawacita yang diusung dalam pemerintahannya, berlandaskan cita-cita Soekarno yang ia wujudkan sekarang.

Dan Soekarno pernah bercita-cita bahwa kelak Palangkaraya Kalimantan Tengah, akan menjadi ibu kota Indonesia. Jokowi pasti tidak akan jauh-jauh dari apa yang pernah dicitakan Soekarno.

Palangkaraya sendiri sudah siap jika akan menjadi ibu kota. Ekonomi mereka akan tumbuh, dan menjadi pusat perhatian dunia. Tinggal kesiapan mental masyarakatnya saja jika mendapat keberuntungan sebesar itu.

Apa pun alasannya, yang patut kita hormati adalah Jokowi sudah memulai untuk menjadikan Indonesia sebagai Indonesia, bukan hanya Jawa. Ia ingin menerapkan sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk dalam pemindahan ibu kota.

Salam secangkir kopi.

*Denny Siregar penulis buku Tuhan dalam Secangkir Kopi

Baca juga:

Berita terkait
0
Bahaya Konsumsi Ciu untuk Kesehatan Tubuh
Ciu sudah dikenal di kalangan masyarakat luas, yang dampaknya sangat berbahaya jika sudah mengonsumsinya.