Dari Mana Suara Manusia Berasal? Ini Penjelasannya

Di dalam kehidupan kita sehari hari, tentu kita tidak pernah terlepas dari suatu hal yang disebut dengan bunyi dan juga suara.
Anak-anak sedang bernyanyi bersama-sama (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Di dalam kehidupan kita sehari hari, tentu kita tidak pernah terlepas dari suatu hal yang disebut dengan bunyi dan juga suara.

Bila kita amati, dari kita bangun pada pagi hari dan sampai kita kembali di pembaringan, kita tidak akan pernah terlepas dengan bunyi, di saat kita bangun pagi apalagi jika kita berada di pedesaan, kita akan mendengar suara burung yang berkicau dan air yang mengalir di sungai.

Dan jika kita berada di kota kita pasti hanya bisa mendengar suara klekson yang berasal dari kendaraan yang menderu ketika kemacetan terjadi di pagi hari.

Suara manusia terdiri dari suara dibuat oleh manusia menggunakan pita suara untuk berbicara, baca, bernyanyi, tertawa, menangis, menjerit, berteriak, berteriak. Suara manusia secara khusus merupakan bagian dari produksi suara manusia di mana pita suara adalah sumber suara utama.

Secara umum, mekanisme untuk menghasilkan ucapan manusia dapat dibagi menjadi tiga bagian; paru-paru, pita suara di laring, dan artikulator. Paru-paru (pompa) harus menghasilkan aliran udara dan tekanan udara yang memadai untuk menggetarkan pita suara (tekanan udara ini adalah suara "bahan bakar".

Pita suara adalah katup getar yang memotong aliran udara dari paru-paru menjadi pulsa suara yang membentuk sumber suara laring. Otot laring menyesuaikan panjang dan ketegangan pita suara untuk 'melunakkan' tuning dan nada.

Artikulator, bagian dari saluran vokal di atas laring yang terdiri dari lidah, langit-langit, pipi, bibir. Cara mengartikulasikan articulate dan menyaring suara yang berasal dari laring dan sedikit banyak berinteraksi dengan aliran udara laring untuk memperkuat atau melemahkannya sebagai sumber suara.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Musik Bisa Menaikan Imun Tubuh Terhadap Covid-19
Mendengarkan musik yang kita nikmati membuat sistem hadiah di otak kita diaktifkan dan mengeluarkan hormon dopamin yang membuat perasaan bahagia.
Playlist Musik Lokal untuk Mengiringi Hari Bahagia
Mungkin tidak terlaku penting, tapi ternyata lagu pengiring ini bisa mewujudkan suasana hati siapapun terasa bahagia.
5 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik
Meski menjadi genre musik tertua, reputasi dan eksklusifitas musik klasik justru seakan tak lekang oleh waktu. Berikut manfaatnya bagi kesehatan.
0
Dari Mana Suara Manusia Berasal? Ini Penjelasannya
Di dalam kehidupan kita sehari hari, tentu kita tidak pernah terlepas dari suatu hal yang disebut dengan bunyi dan juga suara.