5 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik

Meski menjadi genre musik tertua, reputasi dan eksklusifitas musik klasik justru seakan tak lekang oleh waktu. Berikut manfaatnya bagi kesehatan.
Ilustrasi - Music note on brown piano photo. (Foto: Tagar/Unsplash/Lorenzo Spoleti)

Jakarta - Menjadi genre musik tertua dalam sejarah, era musik klasik di mulai sejak rentang era 476 hingga 1910. Meski menjadi genre musik tertua, reputasi dan eksklusifitas musik klasik justru seakan tak lekang oleh waktu. 

Beberapa nama besar dibalik sejarah musik klasik di antaranya adalah Ludwig Van Beethoven, Johann Sebastian Bach hingga Wolfgang Amadeus Mozart.

Sederhananya, musik klasik merupakan komposisi musik yang berasal dari budaya Eropa. Komposisi musik klasik identik menggunakan peralihan dinamik dari lembut sampai keras atau yang biasa dikenal dengan cressendo, dan dari keras menjadi lembut atau decressendo.

Dibalik kesan 'mahal' dan eksklusifitasnya, rupanya musik klasik juga bisa memberikan manfaat tak hanya bagi para pemainnya, bahkan juga kepada para pendengarnya. 

Kira-kira hal baik apa yang bisa didapat jika kita gemar mendengarkan musik klasik? Mari simak 5 manfaat mendengarkan musik klasik berikut ini.


1. Meningkatkan daya ingat

Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa orang yang membaca sambil mendengarkan musik klasik, cenderung bisa mengingat lebih banyak atas isi bacaan buku tersebut dibandingkan dengan yang hanya membaca tanpa mendengarkan musik klasik. 

Melalui penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa musik klasik mampu merangsang daya ingat seseorang menjadi lebih kuat. Maka tak jarang, terapi dengan musik klasik menjadi salah satu upaya yang banyak dilakukan oleh pengidap demensia.


2. Mengurangi stres

Stres dapat didefinisikan sebagai keadaan dimana seseorang merasa tertekan secara fisik maupun psikologis. Siapa sangka, dinamika yang mengalun dari aliran musik klasik ternyata mampu menurunkan kadar kolestrol dan hormon stres dalam tubuh manusia. 

Oleh karena itu, menyisihkan 5 hingga 10 menit di sore hari bisa menjadi pilihanmu untuk meredakan stres yang kamu alami setelah penat berkegiatan seharian penuh.


3. Memperbaiki kualitas tidur

Selain mampu meredakan stres, musik klasik juga bisa menjadi penolong untuk memperbaiki kualitas tidur seseorang. Apalagi bagi yang sulit terlelap di malam hari karena pikiran terasa penuh, atau bahkan terserang insomnia.

Musik klasik bisa menjadi alternatif yang lebih aman untuk keluar dari masalah tersebut dibandingkan harus mengonsumsi obat tidur. Mendengarkan musik klasik selama 30 menit sebelum tidur dapat memberikan efek secara langsung terhadap saraf parasimpatis. Sehingga seseorang dapat lebih rileks dan terlelap lebih cepat.


4. Menumbuhkan perasaan bahagia

Musik klasik juga mampu meningkatkan kadar hormon serotonin di dalam otak manusia. Seiring dengan meningkatnya kadar hormon ini, perasaan bahagia di dalam hati dan pikiran seseorang ikut tumbuh. 

Maka jika kamu sedang mengalami kejadian tak mengenakkan hati, mendengarkan musik klasik sambil melakukan relaksasi di sofa favorit bisa menjadi jalan keluar untuk perlahan mengurangi rasa sedihmu.


5. Menurunkan tekanan darah

Dari sederatan manfaat yang dapat diperoleh dari mendengarkan musik klasik, menurunkan tekanan darah menjadi salah satu manfaat yang paling besar. 

Berdasarkan penelitian, musik klasik dengan ritme yang lambat mampu menggiring kinerja jantung manusia menjadi lebih tenang. Selain itu, mendengarkan musik klasik juga mampu menurunkan tekanan darah manusia. 

Dengan demikian, seseorang yang gemar mendengarkan musik klasik cenderung memiliki tekanan darah yang rendah. Dengan tekanan darah yang berada di batas normal, maka kesehatan jantung akan lebih terpelihara.

(Risma Perdana Izzati)


Berita terkait
Pemerintah Izinkan Konser Musik Asalkan Memenuhi Prokes
Pemerintah mengizinkan penyelenggaraan kegiatan berskala besar seperti resepsi pernikahan, hingga konser musik dengan memenuhi prokes ketat.
Penjelasan Musik Sebagai Media Penenang Pikiran
Manfaat mendengar musik dikala sedang stress sudah tidak diragukan lagi, sebab musik bisa membawa jiwa ke dalam sebuah dunia imajinasi.
Opini: Pesantren dan Musik, Sebuah Pengalaman
Sebagian netizen mengatakan bahwa para santri yang menutup kuping agar tidak terdengar suara musik itu adalah sikap radikal. Mukti Ali Qusyairi.
0
5 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik
Meski menjadi genre musik tertua, reputasi dan eksklusifitas musik klasik justru seakan tak lekang oleh waktu. Berikut manfaatnya bagi kesehatan.