Dampak Buruk Memakai Earphone Hingga Ketiduran

Salah satunya bisa mengakibatkan gangguan pendengaran.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Sering kali kita mendengarkan musik sambil berbaring, tapi kita melepaskan headphone atau earphone hingga tertidur.

Berhati-hati saat memakai earphone agar tidak terlalu menekan telinga, sehingga berpengaruh pada kesehatan telinga dalam jangka panjang.

Namun, ada kemungkinan kita akan menghadapi beberapa masalah jika tidak menggunakan earphone dengan benar.

Dilansir dari Viebly, berikut masalah yang akan terjadi akibat kita sering memakai earphone sambil berbaring, terkantuk, lalu ketiduran.


1. Kotoran telinga menumpuk

Masalah pertama yang dihadapi adalah kotoran telinga yang mulai menumpuk, yang terjadi jika memakai earbud yang sedikit lebih invasif.

Kotoran telinga menumpuk karena earphone menghalangi sirkulasi udara. Hal ini membuat kotoran lebih mudah menumpuk di dalam telinga.

Sehingga sulit untuk dikeluarkan, menyebabkan masalah pendengaran dan pertumbuhan bakteri yang meningkat.


2. Nekrosis atau kematian jaringan

Nekrosis ini akan terjadi jika earphone tidak nyaman dan tidak pas ditelinga. Karena akan memberikan tekanan pada kulit di dalam saluran telinga.

Kulit akan mulai aus, dan nekrosis dapat terjadi karena kurangnya aliran darah.

Nekrosis bisa menjadi parah dan dapat memperburuk pendengaran. Sehingga disarankan untuk selalu memilih earphone yang pas di telinga


3. Adanya masalah pendengaran

Sangat penting untuk mengatur volume yang didengarkan, volume yang didengarkan diatas 60 db dalam jangka panjang dapat membuat pengguna ke alat bantu dengar.

Dan jika menggunakan earphone setiap hari, bahkan ketika tidak diperlukan, bisa menimbulkan dampak yang sangat berbahaya bagi telinga. []


Baca Juga

Berita terkait
Picu Kerusakan Otak, Stop Penggunaan Earphone Terus Menerus
Mendengarkan musik dengan earphone bisa menyebabkan kerusakan pada saraf otak, bahkan memiliki efek kerusakan yang sama seperti penyakit.
Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Headphone
Ada beberapa cara yang tepat sebelum membeli perangkat audio headphone.
Pria di Sleman Meninggal dengan Earphone di Telinga
Seorang pria meninggal di kamar dengan earphone menempel di telinga. Setelah diotopsi di rumah sakit tidak ada tanda-tanda penganiayaan.
0
Dampak Buruk Memakai Earphone Hingga Ketiduran
Salah satunya bisa mengakibatkan gangguan pendengaran.