8 Cara Mencegah Penyakit Menular Seksual

Berbagai penyakit menular seksual ini dapat menyebabkan munculnya gejala yang merugikan bagi kesehatan dan mengganggu keharmonisan hubungan.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Penyakit menular seksual adalah penyakit yang disebarkan melalui hubungan seksual. Menurut World Health Organization (WHO), terdapat lebih dari 1 juta kasus penyakit menular seksual yang muncul setiap harinya di dunia. Maka dari itu, penting bagi kamu dan pasangan untuk memahami berbagai cara mencegah penyakit menular seksual supaya bisa menghindarinya.

Terdapat lebih dari 20 jenis penyakit menular seksual, mulai dari klamidia, herpes, gonorea, HIV/AIDS, sipilis, human papillomavirus (HPV), trikomoniasis, dan masih banyak lagi.

Berbagai penyakit menular seksual ini dapat menyebabkan munculnya gejala yang merugikan bagi kesehatan dan mengganggu keharmonisan hubungan kamu bersama pasangan. Untuk itu, pahamilah berbagai cara pencegahan penyakit menular seksual berikut ini.


1. Menghindari seks bebas

Cara menghindari penyakit menular seksual yang paling efektif adalah menghindari seks bebas dan tidak melakukan hubungan seksual, baik dalam bentuk anal, vaginal, atau oral.

2. Setia pada satu pasangan seksual

Setia pada satu pasangan tidak hanya baik bagi kebahagian hidupmu saja. Kesetiaan ini juga bisa mencegah dirimu dan pasangan dari penyakit menular seksual. Oleh sebab itu, pastikan pasanganmu hanya berhubungan seksual dengan dirimu. Enggak cuma itu, sebelum rutin melakukan hubungan intim, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri demi memastikan tidak ada yang terinfeksi penyakit menular seksual.

3. Menggunakan kondom dengan benar saat berhubungan seks

Selain bisa mencegah kehamilan, menggunakan kondom juga bisa jadi cara mencegah penyakit menular seksual yang cukup efektif. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan kondom saat berhubungan intim supaya bisa terhindar dari penyakit menular seksual. Di samping itu, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar penggunaan kondom menjadi lebih efektif :

  • Selalu periksa tanggal kedaluwarsanya
  • Pastikan kondisi bungkus kondom masih baru
  • Gunakan kondom dengan benar
  • Gunakan pelumas yang aman dan tidak merusak kondom (hindari pelumas berbahan minyak jika kamu menggunakan kondom lateks)
  • Jangan melepas kondom sampai hubungan seksual selesai
  • Buang kondom dengan benar
  • Jangan pernah menggunakan kondom bekas


4. Menjaga kebersihan diri

Selain menggunakan kondom, cobalah untuk tetap menjaga kebersihan diri setelah berhubungan seksual. Misalnya, dengan tidak berbagi handuk atau celana dalam dengan pasangan. Tidak hanya itu, kamu disarankan untuk mandi dan membersihkan diri setelah berhubungan intim untuk mencegah penyakit menular seksual. Selanjutnya, kamu juga dianjurkan untuk buang air kecil setelah berhubungan intim guna mencegah infeksi saluran kemih (ISK).

5. Melakukan tes untuk mendeteksi penyakit menular seksual

Penting bagi pasangan untuk melakukan pemeriksaan sebagai cara mendeteksi penyakit menular seksual. Dengan begitu, kamu dan pasangan dapat merasa aman saat berhubungan seksual. Jika salah satu dari kamu mengidap penyakit menular seksual, segera lakukan pengobatan untuk menyembuhkan penyakit tersebut.


6. Berbicara jujur dan terbuka dengan pasangan

Komunikasi yang terbuka dan jujur dengan pasangan menjadi salah satu cara menghindari penyakit menular seksual yang penting untuk dilakukan. Jika pasangan kamu mengidap penyakit menular seksual, jangan mengucilkan atau menghakiminya. Temani ia untuk datang ke dokter dan menjalani pengobatan agar penyakitnya dapat diobati.

7. Vaksinasi

Kata ahli, beberapa penyakit seksual bisa dicegah dengan pemberian vaksinasi dewasa. Misalnya, hepatitis B, kutil kelamin, dan kanker serviks yang disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV). Vaksinasi HPV sebenarnya direkomendasikan untuk anak perempuan berusia 9-13 tahun. Namun, wanita di bawah 26 tahun yang belum divaksin juga disarankan untuk melakukannya segera.


8. Memilih aktivitas seksual yang tidak berisiko

Jika Anda atau pasangan mengidap penyakit menular seksual tapi tetap ingin berhubungan intim, cobalah pilih aktivitas seksual yang tidak berisiko. Ada banyak aktivitas seksual yang dapat kamu coba untuk mengurangi risiko penyakit menular seksual, misalnya masturbasi sendiri dengan pasangan, hingga cuddling (memeluk pasangan dengan erat) di atas ranjang. []


(Sri Wahyuni Sitorus)

Berita terkait
Mengenal Demiseksual, Hasrat Seksual Karena Ikatan Emosional
Dengan kata lain, orang demiseksual adalah perasaan tertarik secara seksual dengan orang yang sudah dikenal sejak lama.
15 Penyakit yang Berasal dari Toilet Kotor
Menjaga kebersihan toilet sangat penting untuk pencegahan beberapa penyakit dan infeksi.
Sejumlah Penyakit Infeksi Selain Covid yang Perlu Diwaspadai
Penyakit infeksi seperti tuberkulosis (TBC) dan HIV juga memiliki tingkat kasus yang tinggi di Indonesia.
0
8 Cara Mencegah Penyakit Menular Seksual
Berbagai penyakit menular seksual ini dapat menyebabkan munculnya gejala yang merugikan bagi kesehatan dan mengganggu keharmonisan hubungan.