Jakarta - Langkah mantan Petinju Chris John berkarir di dunia politik harus tertahan. Pasalnya, mantan juara dunia kelas bulu itu tidak mendapat suara yang cukup dalam Pemilihan Umum (pemilu) 2019.  

Pria bernama asli Yohannes Christian John itu hanya meraih 4.282 suara di daerah pemilihan (dapil) X Jawa Tengah. Padahal di dapil yang meliputi wilayah Tegal dan Brebes tersebut namanya cukup populer, apalagi di masa jayanya.

Sebenarnya Chris John juga tidak hanya berbekal popularitas saja saat maju sebagai caleg. Dia punya visi yang mulia, yaitu untuk membesarkan olahraga setelah dia pensiun dari dunia itu. 

"Setelah saya selesai jadi atlet, saya tetap berupaya memberikan pengalaman dan sumbangsih saya untuk negara. Mungkin salah satunya dengan masuk dunia politik," ucap atlet yang menyatakan pensiun sejak Desember 2013.

Sewaktu disinggung tentang tujuannya terjun ke dunia politik, petinju berjuluk The Dragon itu menerangkan agar bisa memfasilitasi para atlet muda yang selama ini jarang diperhatikan pemerintah. Chris yakin dukungan masyarakat untuk pencalonannya terbilang cukup bagus. 

"Dukungan politik masyarakat cukup bagus. Saya dikenal publik," ujar suami Anna Maria Megawati itu.

Namun ternyata hasilnya di luar harapan, Chris John yang maju dari partai Nasional Demokrat (NasDem), dikalahkan oleh sesama calon legislatif (caleg) lain.

Terkait kegagalan beberapa nama terkenal dari Partai NasDem di Pemilu 2019, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Jateng Setyo Maharso, beralasan jam terbang sebagai politikus yang masih sangat kurang.

"Sosialisasi sebagai caleg ke masyarakat itu penting. Tapi  kalau masyarakat menganggap artis yang bersangkutan tidak paham politik ya gak akan dipilih. Itu yang menghambat mereka," ujar Setyo.

Namun apa pun hasilnya, Chris John tetap akan dikenang sebagai petinju yang pernah mengharumkan nama bangsa di dunia internasional. []

Baca juga: