5 Alasan yang Membuat Kulit Ketiak Hitam

Kulit ketiak hitam bisa diakibatkan adanya kesalahan dalam proses perawatan. Berikut beberapa alasan yang bisa membuat ketiak hitam dan kusam.
Ilustrasi Ketiak. (Foto: www.cosmo.ph/ISTOCKPHOTO)

Jakarta - Memiliki ketiak yang hitam tentu bisa mengganggu penampilan, khususnya bagi kaum hawa. Timbulnya masalah kecantikan ini biasanya karena adanya kesalahan dalam proses perawatannya.

Jika salah dalam merawatnya bisa berpotensi membuat warna ketiak menjadi tampak lebih gelap hingga menghitam. Untuk itu, sebaiknya hindari beberapa kesalahan dalam merawat ketiak agar kesehatannya tetap terjaga dan rasa percaya diri bisa meningkat.

Dilansir dari laman Boldsky, berikut Tagar berikan ulasan mengenai kesalahan perawatan yang bisa membuat kulit ketiak menjadi hitam.

1. Asal Mencukur

Mencukur rambut ketiak secara asal-asalan tentu bisa menyebabkan kulit ketiak menghitam. Selain mencukurnya dengan keras juga bisa membuat kulit ketiak menjadi kering serta sensitif. 

Mencukur ketiak dengan sembarangan juga berpotensi pada iritasi kulit. Bila sudah terjadi iritasi, kemungkinan kulit ketiak menghitam bisa menjadi risiko yang dialami.

2. Menggunakan Deodoran Beralkohol

Menggunakan deodoran beralkohol bisa membuat kulit ketiak menjadi rusak. Untuk mencegahnya, Anda perlu mengetahui betul deodoran yang dipakai mengandung kadar alkohol yang tinggi atau tidak. Selain membuat kulit ketiak menjadi gelap, alkohol juga menyebabkan kulit terasa kering bahkan iritasi setelah menggunakannya.

3. Kurang Pelembap

Mencukur atau waxing bisa membuat kulit ketiak menjadi tampak kering dan kusam. Menjaga ketiak untuk tetap lembap dan sehat, Anda bisa mengoleskan body lotion ke ketiak setiap hari setelah mandi.

4. Tidak Melakukan Eksfoliasi

Tidak hanya wajah, nyatanya ketiak juga membutuhkan eksfoliasi. Sebab, ketiak menjadi salah satu bagian tubuh yang banyak mengeluarkan cairan keringat.

Keringat yang menempel pada ketiak, nantinya akan membuat kotoran menumpuk dan membentuk sel-sel kulit mati. Tak perlu khawatir, untuk mengeksfoliasi ketiak cobalah gunakan scrub lembut setidaknya dua kali dalam seminggu.

5. Tidak Memiliki Perawatan Rutin Ketiak yang Tepat

Jika ingin memiliki kulit ketiak yang tidak kusam dan gelap, cobalah merawatnya secara tepat dan rutin. Bila Anda berkomitmen untuk melakukan perawatan ketiak dengan rutin, pastinya ketiak akan cerah dan indah seperti yang diidamkan.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang bisa membuat kulit ketiak tampak hitam. Untuk itu, sebaiknya hindari kesalahan tersebut agar kesehatan kulit ketiak tetap terjaga dan warnanya tampak cerah.

Baca juga:

Berita terkait
Lima Khasiat Oatmeal untuk Mempercantik Wajah
Oatmeal ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Berikut sejumlah manfaat oatmeal.
Bahan Alami Berkhasiat Menghaluskan Wajah
Memiliki kulit wajah yang halus bisa dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami. Berikut sejumlah bahan alami tersebut.
Bahan Alami Berbahaya untuk Kesehatan Kulit
Tidak semua bahan alami bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan. Sebab bahan tersebut bisa menyebabkan permasalahan kulit. Ini penjelasannya.
0
DPR RI: Indonesia Tak Dapat Kuota Haji 2021
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Indonesia tidak mendapat kuota haji 2021 dari Pemerintah Arab Saudi.