UNTUK INDONESIA
Cara Sederhana Membersihkan Wajah dengan Tepat
Membersihkan wajah menjadi rutinitas yang harus dilakukan setiap hari terutama saat malam hari sebelum tidur. Berikut cara mencuci muka yang tepat.
Ilustrasi Cuci Muka. (Foto: net)

Jakarta - Membersihkan wajah menjadi rutinitas yang harus dilakukan setiap hari terutama saat malam hari sebelum tidur. Ini agar kotoran yang menempel di wajah benar-benar bisa hilang sepenuhnya.

Beragam cara mencuci muka, seperti bilas langsung dengan air dan sabun muka, menggunakan kapas kecantikan, atau alat lainnya, tetapi yang terpenting apakah cara membersihkannya tepat atau tidak. Sehingga, wajah bisa kembali bersih dan tentunya tetap sehat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan ulasan mengenai panduan mencuci atau membersihkan muka dengan benar.

1. Lakukan Double Hingga Triple Cleansing

Jika ingin membersihkan wajah  secara maksimal, sebaiknya lakukan dengan cara double hingga triple cleansing. Tahapan pertama Anda bisa menggunakan oil-based cleanser untuk mengangkat kotoran di wajah. Jenis pembersih wajah tersebut ampuh menghilangkan sisa makeup atau kotoran yang bersembunyi di balik pori-pori wajah.

Setelah itu lanjutkan dengan membilasnya menggunakan water based cleanser. Jangan sembarangan memilih pembersih wajah, jika ingin kulit wajah Anda tetap sehat. Carilah jenis pembersih wajah yang lembut, dan sesuaikan dengan kondisi kulit agar tidak membuatnya menjadi kering dan tertarik.

2. Menggunakan Air Hangat

Berbagai mitos mengungkapkan pori-pori kulit bisa terbuka jika mencucinya dengan air hangat, dan kembali menutup setelah terkena air dingin, nyatanya cara tersebut tidak tepat. Temperatur air yang paling benar untuk membersihkan wajah, yaitu air hangat sehingga tidak rentan menimbulkan iritasi terlebih pada kulit yang sensitif.

3. Berbusa Bukan Berarti Bersih

Janganlah menggunakan sabun badan untuk membersihkan muka jika belum tahu sabun pembersih wajah apa yang cocok untuk kulit Anda. Sebab, kandungan pH sabun badan berbeda sehingga nantinya bisa merusak pH alami wajah.

Perlu diketahui membersihkan wajah tidak perlu dilihat dari banyaknya busa yang dikeluarkan. Jika hanya berbusa saja tidak menjamin sabun tersebut bisa mengangkat kotoran di wajah secara keseluruhan.

4. Tidak Wajib Menggunakan Kapas Kecantikan

Menggunakan kapas kecantikan juga bukan sebuah keharusan yang wajib saat membersihkan wajah. Meski ada yang menggunakan kapas kecantikan, hal itu tidaklah salah. Bila ingin membersihkan wajah dengan jari juga tidak masalah karena manfaatnya sama. 

Ini karena kedua cara tersebut mampu mengangkat sel kulit mati dan sisa kotoran, dan pilihlah produk yang mengandung substansi salicylic acid, glycolic acid, lactic acid, atau fruit enzymes. Sebab, membersihkan wajah dengan bahan tersebut secara berkala mampu membuat kulit tampak lebih cerah.

5. Pastikan Peralatan Bersih

Gunakan peralatan seperti kapas kecantikan atau spons khusus dan bukan yang sekali pakai buang (disposable) agar selalu bersih secara menyeluruh.

Sebab, endapan bakteri yang menempel di peralatan tersebut hanya akan membuat wajah semakin kotor dan meningkatkan risiko timbul jerawat.

6. Tak Hanya Wajah

Bersihkanlah seluruh area wajah hingga ke tulang rahang dan leher, janganlah hanya sampai ke dagu saja. Kemudian, Anda bisa secara perlahan pijat area tulang rahang dan leher dengan gerakan ke atas (upward) guna melancarkan sirkulasi darah dan membuat kulit tetap kencang.

Membersihkan area tulang rahang hingga leher mampu membuat otot sekitarnya menjadi lebih rileks. Bahkan, proses ini nantinya bisa terasa seperti relaksasi.

7. Keringkan dengan Tepat

Tak jarang orang mengeringkan wajah seusai mencucinya dengan menggosokan ke handuk dengan keras dan cepat, nyatanya cara ini salah.

Sebaiknya keringkan wajah dengan menepuk lembut dengan handuk, hati-hatilah saat memasuki area yang lebih tipis seperti di bawah mata. 

Bila Anda melakukan cara seperti ini, tentu membuat wajah Anda terhindar dari kulit kering hingga jerawat.  []

Baca juga:

Berita terkait
Hindari Merokok dan Lima Cara Cegah Kerutan Wajah
Kerutan atau keriput di wajah menjadi persoalan bagi kebanyakan orang, jangan khawatir berikut cara pencegahannya.
Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah
Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah.
Tips Memilih Pembersih Wajah untuk Remaja
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Eddy Karta mengajak remaja selektif memilih produk pembersih wajah.
0
Video Viral: Fans Asal Indonesia Menangisi Kematian Naruto
Sebuah video berisi adegan seorang perempuan menangisi kematian karakter anime Naruto, viral di media sosial.