UNTUK INDONESIA
Bahan Alami Berbahaya untuk Kesehatan Kulit
Tidak semua bahan alami bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan. Sebab bahan tersebut bisa menyebabkan permasalahan kulit. Ini penjelasannya.
Kayu Manis. (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

Jakarta - Tak sedikit orang yang seringkali menggunakan bahan alami sebagai alat untuk perawatan kecantikan. Namun ternyata tidak semua bahan alami yang dijadikan masker, toner, dan lainnya baik untuk digunakan pada kulit.

Beberapa bahan alami tersebut bisa menyebabkan iritasi pada kulit hingga terasa terbakar, jika dioleskan langsung ke kulit wajah. Untuk itu, sebaiknya menghindarinya agar masalah kulit tidak terjadi dan kesehatan kulit tetap terjaga dengan baik.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan ulasan mengenai sejumlah bahan alami yang berbahaya untuk kesehatan kulit.

1. Lemon

LemonLemon. (Foto: Pixabay/Couleur)

Lemon yang dijadikan sebagai toner untuk wajah ternyata salah. Sebab, bukannya menghilangkan jerawat dan noda hitam di wajah, justru bisa membuat kulit menjadi iritasi dan mudah terbakar sinar matahari.

Kandungan psoralen dalam lemon bisa menyebabkan reaksi fototoksik pada kulit ketika terpapar sinar UV secara langsung. Sehingga, kulit nantinya akan meradang, bahkan melepuh.

2. Cuka Apel

Cuka ApelCuka apel bahan alami pembersih wajah. (Foto: lifeofpix.com)

Kerap dianggap mampu membantu menghilangkan jerawat dan tahi lalat, memudarkan bekas luka serta garis halus atau bintik penuaan, nyatanya cuka apel bisa berbahaya untuk kulit. 

Bahan alami ini memiliki tingkat asam yang tergolong tinggi. Selain itu, cuka apel juga tidak diperbolehkan untuk dijadikan sebagai obat luka lantaran bisa menyebabkan luka bakar dan iritasi yang berkepanjangan.

3. Kayu Manis

Kayu ManisKayu Manis. (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

Kandungan antimikroba yang dimiliki kayu manis seringkali membuatnya dijadikan untuk penyembuhan luka, namun hal tersebut tidak berlaku saat dioleskan ke wajah. Sebab, menggunakan kayu manis sebagai masker wajah bisa membuat kulit terasa terbakar dan akan mengubah pH kulit nantinya.

4. Putih Telur

Putih TelurPutih Telur. (Foto: kitakini.news)

Putih telur menjadi salah satu bahan alami yang sering dimanfaatkan sebagai masker untuk mengencangkan pori-pori dan membuatnya tampak halus. Namun, terdapat efek samping dari penggunaan putih telur saat dioleskan ke wajah.

Dikutip dari Healthline, putih telur atau telur mentah bisa terkontaminasi dengan Salmonella, yakni jenis bakteri yang disebarkan lewat mengonsumsi makanan yang terinfeksi bakteri tersebut. Meski tidak dikonsumsi, jika bahan alami ini diaplikasikan pada wajah berpotensi menimbulkan iritasi nantinya.

5. Mayones

MayonesMayones Itu Enak tapi Tidak Sehat, Jadi? | Ilustrasi. (Foto: Hellmann's)

Mayones dipercaya bisa memberikan nutrisi dan melembapkan kulit saat dijadikan masker. Dikutip dari Women's Health, nyatanya bahan alami ini dapat menutup pori-pori yang besar sehingga membuat kulit wajah bermasalah.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa membahayakan kesehatan kulit nantinya. Untuk itu, sebaiknya menghindari bahan alami tersebut dan menggantinya dengan bahan lain agar terhindar dari berbagai masalah kulit. []

Baca Juga:

Berita terkait
Bahan Alami Ampuh Membuat Tubuh Wangi Tanpa Parfum
Menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh dan membuatnya menjadi wangi dan segar bisa menggunakan bahan alami. Berikut ini penjelasannya.
Cara Mudah Membuat Pipi Tirus Alami Tanpa Operasi
Sebagian orang yang ingin memiliki pipi tirus bisa dengan cara alami tanpa harus melakukan operasi plastik. Berikut penjelasannya.
Lima Bahan Alami untuk Memutihkan Gigi Kuning
Tampil cantik dengan gigi putih dan bersih tentu menjadi idaman setiap orang. Berikut bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi.
0
Bahan Alami Berbahaya untuk Kesehatan Kulit
Tidak semua bahan alami bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan. Sebab bahan tersebut bisa menyebabkan permasalahan kulit. Ini penjelasannya.