Fotografer Wajib Tahu! Cara Merawat Kamera DLSR

Kamera merupakan alat optik yang cukup banyak digemari para pegiat fotografi maupun orang awam. Berikut cara merawat kamera DLSR dengan benar.
Ilustrasi – Kamera DSLR. (Foto: Tagar/Pexels/Pixabay)

Jakarta – Kamera merupakan alat optik yang cukup banyak digemari para pegiat fotografi maupun orang awam. Seperti barang elektronik pada umumnya, benda ini dapat dikategorikan sebagai barang yang “tidak murah”, bahkan banyak yang dijual dengan harga tinggi sesuai dengan kualitasnya. Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha menjaganya agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Merawat kamera tidak cukup hanya membersihkannya dengan cleaning kit saja, namun ada beberapa hal penting yang juga perlu diperhatikan. Agar kameramu tetap awet, sehat, terhindar dari debu, dan jamur, berikut beberapa cara merawat kamera DLSR yang benar.


1. Pasang UV filter kamera

UV filter kamera berfungsi untuk mencegah sinar ultra violet dari sinar matahari langsung yang mampu mempengaruhi hasil gambar. Aksesori berbentuk bulat yang dipasang di lensa ini juga mampu mencegah debu masuk dan menempel pada lensa.

Agar tetap terawat, jangan lupa untuk sesering mungkin membersihkan bagian ini. Cara merawat UV filter kamera sangat mudah, Anda hanya perlu membersihkannya dengan digosok secara pelan dan hati-hati menggunakan kain halus.


2. Jauhkan dari air

Kamera merupakan benda elektronik, maka tidak mengherankan jika benda ini akan sangat sensitif terhadap air. Komponen internal kamera berisiko rusak jika terkena air dan dapat membuat umur kemera Anda semakin pendek dan kualitasnya ikut menurun.


3. Pakai pelindung layar LCD

Masih ada sebagian orang meremehkan adanya pelindung layar atau screen protector untuk layar LCD kamera ini. Padahal aksesori ini berfungsi untuk melindungi LCD dari segala goresan yang mungkin saja terjadi, baik disengaja maupun tidak disengaja. Selain itu, pelindung layar juga dapat melindungi LCD dari debu, sidik jari, dan air.


4. Pasang lens hood

Lens hood umumnya dipakai di ujung lensa kamera. Aksesori ini digunakan untuk mencegah cahaya berlebih masuk ke sensor kamera. Maka dari itu, ada baiknya gunakan lens hood ini saat Anda ingin melakukan hunting foto di outdoor agar kepekaan sensor kamera tidak berkurang.


5. Gunakan shoulder strap

Shoulder strap digunakan untuk mengalungkan kamera ke bahu atau leher pemakainya. Tali ini berperan sangat penting untuk menjaga kamera agar tidak mudah terjatuh.

Oleh karena itu, jangan lupa memasang shoulder strap ini saat melakukan hunting foto agar dapat mengurangi risiko benturan kamera ke tanah.


6. Gunakan tas kamera

Agar kamera terhindar dari sinar matahari langsung yang dapat merusak dan membuat kamera terasa panas, gunakan tas kamera setelah Anda melakukan hunting foto. 

Selain dapat mendinginkan kamera, tas ini juga mampu menjaga dan melindungi benda tersebut dari segala macam debu dan tetesan air hujan.


7. Simpan di dry box

Kamera perlu disimpan di kotak yang kering agar terhindar dari kelembaban yang dapat menyebabkan munculnya jamur di lensa kamera. Selain itu, dry box juga mampu menjaga kamera dari suhu ekstrem, debu, dan air yang tentu dapat merusak komponennya.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
3 Cara Memindahkan Foto dari Kamera Canon ke Handphone
Setidaknya, ada 3 cara yang Anda bisa lakukan untuk memindahkan hasil karyamu dari kamera. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.
4 Tips Memotret Pemandangan Alam Menggunakan Kamera DSLR
Untuk mengambil foto pemandangan, banyak media yang bisa Anda gunakan salah satunya adalah menggunakan kamera DSLR.
Kamera Tersembunyi di Mana-mana Jadi Wabah di Korea Selatan
Kamera tersembunyi newabah di Korea Selatan membuat perempuan ketakutan kemana pun mereka mau pergi
0
Fotografer Wajib Tahu! Cara Merawat Kamera DLSR
Kamera merupakan alat optik yang cukup banyak digemari para pegiat fotografi maupun orang awam. Berikut cara merawat kamera DLSR dengan benar.