5 Pahala Melimpah Jika Kita Merawat Kucing

Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat.
Kucing (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Dalam agama Islam, seluruh umat diajarkan untuk saling menjaga dan berperilaku baik terhadap semua makhluk ciptaan-Nya. Tak hanya pada manusia, tetapi juga kepada hewan.

Sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadis Bukhari, “Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat.” (HR. Bukhari)

Salah satu hewan yang menjadi istimewa dalam Islam adalah kucing. Hal ini lantaran kucing merupakan hewan peliharaan Nabi Muhammad SAW yang sangat beliau sayangi.

Apa saja sih pahala yang kita dapat kan jika kita memelihara atau merawat kucing.


1. Mendapatkan rahmat dari Allah SWT

Seperti hadis Bukhari yang sudah disebutkan sebelumnya, maka barang siapa yang menyayangi dan memelihara hewan termasuk kucing, niscaya Allah SWT akan merahmatinya pada hari kiamat nanti.


2. Sedekah untuknya

Ketika anak mama meminta untuk memelihara kucing, ini sama juga dengan Mama mengajarkan anak bersedekah untuk dirinya. Sebab, ketika memelihara hewan maka kita akan memberinya makan, minum, serta merawatnya penuh kasih sayang.

Sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadist Bukhari dan Muslim, "Pada setiap sedekah terhadap makhluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan mendapatkan pahala kebaikan. 

Seorang musllim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)


3. Di ampuni segala dosa – dosa

“Seorang wanita pelacur melihat seekor anjing di atas sumur dan hampir mati karena kehausan. Lalu wanita itu melepas sepatunya, diikatnya dengan kerudungnya dan diambilnya air dari sumur (lalu diminumkan ke anjing itu). Dengan perbuatannya itu dosanya diampuni”. (HR. Bukhari)

Dalam potongan hadis di atas, dimaksudkan jika seseorang memelihara dengan sepenuh hati hewan seperti kucing, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya karena telah merawat dan mencintai hewan-hewan tersebut.


4. Timbangan untuk hari kiamat

Sebagaimana dijelaskan pada poin-poin sebelumnya, selain untuk sedekah, tentunya sedekah tersebut akan menjadi timbangan bagi anak mama pada hari akhir kelak.

Sebab seseorang yang memelihar kucing atau hewan lainnya dengan sepenuh hati serta meyakini akan kebaikan yang diberikan Allah SWT, maka kebaikan yang sudah diberikan kepada hewan tersebut seperti memberi makan, membersihkan kotorannya, itu semua akan ditimbang sebagai kebaikan di hari akhir.


5. Mendapatkan ampunan dari ALLAh SWT

Dijelaskan oleh Syeikh Dr.Muhammad Luqman dalam syarahnya di kitab Adabul Mufrod, setiap muslim memang dianjurkan untuk selalu berbuat baik pada semua hewan, terutama kucing. Ini agar kelak, orang tersebut mendapat ampunan dan juga ridha dari Allah SWT.

Itulah lima pahala yang bisa kita dapatkan jika kita memelihara kucing, untuk berbuat baik tidak selalu dengan manusia, tapi dengan mahkluk hidup lain juga.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
6 Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan
Selain menjadi tanaman hias, kumis kucing dinilai cukup ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit.
15,7 Juta Kucing dan 10 Juta Anjing Piaraan Warga Jerman
Selama lockdown warga Jerman menghabiskan banyak uang untuk hewan piaraan, mulai dari kucing, anjing, burung kelinci, marmut, hamster, dan tikus
Ikan Paus, Merpati, Kucing dan Hewan Lain Jadi Agen Spionase
Presiden Joko Widodo akan membangun rumah untuk keluarga awak kapal selam TNI AL KRI Nanggala 402 yang hilang 21 April 2021
0
5 Pahala Melimpah Jika Kita Merawat Kucing
Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat.