10 Cara Alami Merawat Kuku Agar Kuat dan Sehat

Gugatan sudah dilayangkan ke pihak bank dan pengaduan juga sudah dilakukan ke OJK hingga Bank Indonesia.
Ilustrasi perawatan kuku. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Terlepas dari Anda suka memakai kuteks ataupun tidak serta suka kuku panjang ataupun pendek, kuku yang kuat dan berkilau selalu terlihat cantik dan menunjukkan bahwa Anda dalam kondisi sehat. Beberapa dari kita lebih beruntung dibanding yang lain karena memang dianugerahi kuku yang cantik dan sehat. Untuk Anda yang merasa kurang beruntung karena memiliki kuku yang rapuh dan tidak cantik, tidak usah sedih, karena kuku kita selalu bisa dibuat lebih sehat dan kuat, alam punya banyak solusi untuk tujuan ini,

Dilansir dari Brightside, berikut 10 cara perawatan kuku yang dapat membantu Anda mendapatkan kuku yang kuat dan sehat.


1. Vitamin E

Minyak vitamin E bukan cuma memperbaiki kondisi kuku, tapi juga pangkal kuku. Vitamin E dikenal dapat memperbaiki dan meluruskan kuku rusak dan rapuh, serta memulihkan kutikula. Vitamin E juga meningkatkan sirkulasi darah dan pertumbuhan kuku. Oleskan minyak vitamin E langsung ke kuku dan pangkal kuku setiap hari.


2. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah anti-oksidan yang baik, sehingga dapat melindungi kuku dari efek negatif radikal bebas. Minyak kelapa juga punya fungsi anti-bakteri dan anti-jamur yang sangat baik. Oleskan minyak kelapa hangat ke kuku dan kulit di sekitarnya, lalu pijat sampai terserap.


3. Cuka sari apel

Cuka sari apel sangat baik untuk meluruskan kuku, melunakkan kutikula, dan membantu kuku tumbuh lebih cepat. Tuang satu sendok makan cuka sari apel ke segelas air hangat dan rendam selama beberapa menit. Anda bisa mengulanginya setiap hari sampai mendapatkan hasil yang Anda inginkan.


4. Minyak tea tree

Minyak tea tree adalah bahan antiseptik dan anti-jamur yang sangat ampuh. Jangan gunakan minyak tea tree murni, selalu encerkan dengan minyak penyerta.

Campurkan 2 tetes minyak tea tree dengan 1/2 sdt minyak zaitun, minyak almon, atau minyak kelapa, lalu oleskan ke kuku dan kulit di sekitarnya, serta pijat selama beberapa menit.


5. Sari lemon

Lemon sangat tinggi vitamin C, sehingga mempercepat produksi kolagen dan membuat kuku lebih kuat. Sari lemon juga mengandung asam alfa-hidroksi yang mencerahkan kuku dan menyembuhkan lubang mikro di kuku.

Peras setengah lemon, campur dengan 1 cangkir air hangat, dan rendam kuku selama 5-10 menit.


6. Minyak zaitun

Minyak zaitun sangat baik untuk melembapkan dan memberi nutrisi untuk kuku. Minyak zaitun kaya akan vitamin E, yang dapat memperbaiki kerusakan pada kuku dan mempercepat pertumbuhannya. Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai minyak penyerta.

Oleskan minyak zaitun hangat ke kuku. Pijat selama 5-10 menit.


7. Kuning telur dan madu

Kuning telur mengandung vitamin A dan asam lemak yang tinggi, sehingga sangat efektif untuk memperkuat kuku yang lemah, tipis, dan rapuh, sekaligus melembutkan dan melembapkan kutikula. Untuk mendapatkan manfaat lebih, tambahkan juga madu yang punya sifat anti-jamur.

Campur satu kuning telur dengan 1/2 sdt madu hangat, oleskan campuran ini ke kuku dan kulit di sekitarnya, biarkan selama 15 menit, lalu bilas.


8. Minyak biji rami atau flaxseed

Minyak biji rami atau flaxseed tinggi akan asam lemak, mineral, dan anti-oksidan yang membuat minyak ini sangat efektif untuk mempercepat pertumbuhan kuku.

Oleskan minyak flaxseed ke kuku dan pijat selama beberapa menit.


9. Minyak almon

Minyak almon sangat kaya akan vitamin A, B, dan E. Minyak ini dapat memperbaiki, melembapkan, dan memelihara kuku, serta melembutkan kutikula.

Oleskan minyak almon hangat ke kuku dan kulit di sekitarnya, lalu pijat selama 2-3 menit. Anda juga bisa menggunakan minyak almon sebagai minyak penyerta.


10. Minyak jojoba

Minyak jojoba mengandung sejumlah asam lemak, anti-oksidan, vitamin, dan mineral, sehingga membuat minyak ini sangat efektif untuk memperkuat dan menebalkan kuku.

Oleskan minyak jojoba hangat ke kuku dan kulit di sekitarnya, lalu pijat selama 2-3 menit. Anda juga bisa menggunakan minyak almond sebagai minyak penyerta. []

(Sri Wahyuni Sitorus)


Baca Juga :





Berita terkait
Hari-hari Baik Memotong Kuku dalam Islam
Memotong kuku juga membuat manusia agar lebih memperhatikan kebersihan dan keindahan diri.
Tips Alami Merawat Kuku Tangan Selama Pandemi Corona
Pandemi Corona yang semakin mewabah di sejumlah negara, bukan menjadi alasan untuk tidak merawat wajah hingga kuku tangan.
Tips Merawat Kuku di Rumah Agar Bersih dan Sehat
Perawatan kuku sangat penting untuk penampilan yang baik dan kebersihan pribadi. Tapi, kebanyakan orang cenderung menyepelekan masalah kuku.
0
10 Cara Alami Merawat Kuku Agar Kuat dan Sehat
Gugatan sudah dilayangkan ke pihak bank dan pengaduan juga sudah dilakukan ke OJK hingga Bank Indonesia.