6 Cara Merawat Rambut Rontok, Bisa Dilakukan di Rumah

Ada banyak cara yang dapat membantu Anda membuat rambut Anda kuat dan mencegah kerontokan rambut.
Ilustrasi rambut rontok. (Foto; Tagar/Pixabay)

Jakarta - Rambut rontok adalah salah satu masalah paling umum yang mempengaruhi pria dan wanita. Selain faktor genetik, ada beberapa alasan lain untuk rambut rontok termasuk kelenjar tiroid yang kurang aktif, stres, ketidakseimbangan hormon, kekurangan nutrisi, penuaan, infeksi kulit kepala, kondisi medis atau obat-obatan tertentu, polusi udara dan sirkulasi darah yang tidak mencukupi.

Rambut rontok juga dikenal sebagai alopecia yang dimana ini adalah masalah umum di antara banyak orang. Untungnya ada banyak cara yang dapat membantu Anda membuat rambut Anda kuat dan mencegah kerontokan rambut. Dilansir dari Organic Facts, berikut 4 metode perawatan rambut rontok yang bisa Anda lakukan di rumah.


1. Amla

Penggunaan amla atau gooseberry India, juga dikenal sebagai Emblica Officinalis dalam istilah biologis, dianggap sebagai obat rumahan yang bagus untuk memperkaya pertumbuhan rambut. Amla dapat membantu merangsang folikel rambut dan memperbaiki tekstur rambut. Minyak yang diekstrak dari buahnya telah terbukti bermanfaat selama ribuan tahun.


2. Bayam

Bayam digunakan dalam makanan manusia dalam bentuk biji serta daun. Ini membawa sejumlah besar kalsium, zat besi, fosfor, dan vitamin. Daunnya juga telah ditemukan memiliki sifat yang mencegah kerontokan rambut dan menghindari rambut beruban. Jus dari daun bayam, bila dioleskan ke rambut dapat membantu menjaga rambut tetap lembut dan mencegah rontok.


3. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat, asam kaprat, asam kaprilat, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan telah terbukti sangat bermanfaat untuk pertumbuhan rambut juga. Minyak kelapa membuat kulit kepala bebas dari ketombe dan jika dijadikan kondisioner, sangat baik untuk rambut dan memastikan pertumbuhan kembali.


4. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat dioleskan ke kulit kepala dan ujung-ujung rambut sebelum tidur untuk meningkatkan kekuatan rambut dan mencegah kerontokan. Setelah mengaplikasikan minyak zaitun, cuci dengan baking soda untuk hasil terbaik.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga :







Berita terkait
Penyebab dan Solusi Rambut Rontok Pasca Sembuh Covid-19
ambut rontok setelah sembuh dari Covid-19 nyatanya telah menjadi masalah mengkhawatirkan yang dihadapi banyak penyintas.
Waspada Stres, 8 Penyebab Rambut Rontok pada Remaja
Rambut rontok pada remaja bisa juga dikarenakan stres. Ini 8 penyebab rambut rontok parah pada remaja, diantaranya:
3 Makanan Blokir Hormon DHT, Basmi Pemicu Rambut Rontok
Meningkatnya hormon dihydrotestosterone (DHT) berkontribusi terhadap kerontokan rambut pada pria dan wanita.
0
6 Cara Merawat Rambut Rontok, Bisa Dilakukan di Rumah
Ada banyak cara yang dapat membantu Anda membuat rambut Anda kuat dan mencegah kerontokan rambut.