Pemerintah Kota Makassar

Cara Mengelola Keuangan Saat Masa Pandemi Covid-19

Selama masa pandemi ini, banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena di PHK
Mengelola keuangan saat pandemi. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Pandemi Covid -19 telah berlangsung selama lebih dari satu tahun dan telah memakan banyak korban. Masa pandemi ini memberikan dampak kepada banyak sektor, salah satunya adalah dampak terhadap perlambatan ekonomi. Terhambatnya ekonomi menyebabkan kebangkrutan, pemotongan gaji, dan bahkan banyak orang yang kehilangan pekerjaan mereka.

Selama masa pandemi ini, banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena banyak perusahaan yang terpaksa harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Jika Anda adalah salah satu orang yang terkena PHK, Anda dituntut untuk pandai dalam mengelola tabungan keuangan yang baik sambil mencari pekerjaan lainnya. Mengatur keuangan terkait juga dengan mengendalikan gaya hidup atau kebiasaan Anda sehingga dapat memaksimalkan keuangan agar tepat digunakan. Berikut beberapa cara mengelola uang saat masa pandemi Covid-19


1. Buat catatan pengeluaran

Agar dapat mengatur keuangan, Anda sebaiknya mencatat semua transaksi keuangan yang dilakukan. Saat ini, banyak orang melakukan transaksi secara online atau tanpa uang tunai, waspadalah terhadap biaya yang Anda keluarkan untuk mengisi ulang dompet elektronik dan belanja online.

Anda mungkin tidak langsung berbelanja dalam jumlah yang besar. Namun, terkadang Anda berbelanja cukup sering, sehingga dapat menjadi pengeluaran yang cukup besar. Jika Anda bingung untuk mencatatnya, saat ini banyak aplikasi yang bisa membantu untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran.


2. Tetapkan anggaran

Buatlah anggaran pengeluaran untuk semua biaya yang akan Anda keluarkan. Anggaran ini termasuk biaya untuk belanja bulanan, listrik, pulsa, internet, dan kebutuhan lain yang Anda perlukan. Usahakan untuk tidak melakukan pengeluaran di luar anggaran yang sudah Anda tentukan. Hindari melakukan pengeluaran besar yang tidak diperlukan.


3. Memilih untuk memasak dibanding membeli makanan

Cara lain yang dapat dicoba untuk menghemat pengeluaran adalah dengan mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk membeli makanan dan minuman di luar setiap harinya. Kebanyakan orang memiliki pengeluaran yang besar setiap harinya karena digunakan untuk pergi makan.

Jadi, untuk mencoba membatasi pengeluaran setiap harinya, cobalah untuk memasak makanan di rumah. Pengeluaran belanja Anda mungkin akan meningkat, namun secara keseluruhan makan dengan memasak dan makan di rumah dapat menghemat pengeluaran.


4. Melakukan usaha sampingan

Memulai usaha sampingan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penghasilan bulanan Anda, dan ada banyak pilihan yang layak saat ini. Pekerjaan sampingan dapat mengurangi beberapa tekanan keuangan serta jam kerjanya yang fleksibel,dan beberapa memungkinkan Anda bekerja secara online tanpa harus menyewa tempat usaha.

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga








Berita terkait
Gaji UMR? Tenang Masih Bisa Berinvestasi dengan Tips Berikut
Tips yang terakhir adalah yang paling penting. Kamu harus memilih instrumen investasimu sesuai dengan penghasilan dan dana yang kamu siapkan.
5 Tips Investasi Properti untuk Pemula
Investasi properti yang banyak digemari ialah perumahan, karena dianggap lebih menguntungkan dalam jangka panjang.
4 Tips Mengelola Keuangan Selama Pandemi COVID-19
Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membangun keamanan finansial bagi diri Anda dan keluarga Anda.
0
AS Larang Ekspor Piranti Peretas Komputer ke Rusia dan China
AS keluarkan sebuah peraturan baru yang melarang ekspor perangkat teknologi peretasan ke negara seperti Rusia dan China