Pemerintah Kota Makassar

4 Tips Mengelola Keuangan Selama Pandemi COVID-19

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membangun keamanan finansial bagi diri Anda dan keluarga Anda.
Ilustrasi mengatur keuangan. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Dimasa pandemi Covid-19 ini, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan. Pandemi ini membuat beberapa hal menjadi sulit dalam waktu belakangan ini dan menuntut kita untuk bisa mengelola keuangan dengan baik.

Terlepas dari ketidakpastian bagaimana pandemi akan memengaruhi perencanaan keuangan Anda dalam jangka panjang, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membangun keamanan finansial bagi diri Anda dan keluarga Anda. Hal pertama yang harus diingat adalah menghindari kepanikan, kemudian fokus untuk melakukan 6 tips berikut ini.


1. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Pahami perbedaan kebutuhan dan keinginan, karena sesungguhnya kedua ini sangatlah berbeda. Bagi Anda yang sudah berkeluarga atau lajang pasti memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Terkadang kita mengeluarkan dana hanya untuk keinginan semata bukan dasar dari kebutuhan sehari-hari. Cara yang pertama ini, Anda harus penuhi terlebih dahulu kebutuhan utama baru alokasikan keuangan untuk keinginan pribadi.


2. Buat daftar pengeluaran bulanan

Daftar pengeluaran ini efektif untuk mengelola keuangan Anda. Dengan membuat daftar prioritas selama sebulan, ini membuat pengeluaran menjadi tertata. Daftra prioritas ini meliputi biaya makan sehari-hari, tagihan listrik, belanja dapur, tagihan air, biaya transport, Pendidikan anak, dan lain-lain.


3. Hindari belanja online dengan sistem cicilan

Hindari barang atau keinginan Anda untuk berbelanja online dengan sitem cicilan ini. Disaat kondisi seperti ini, ada baiknya Anda menghemat dan menyimpan uang untuk kepentingan lainnya.


4. Mempersiapkan dana darurat

Banyak hal yang bisa tiba-tiba saja terjadi di luar rencana Anda. Contohnya seperti musibah seperti kecelakaan, PHK, hingga krisis ekonomi yang berskala besar, atau kondisi sulit karena pandemic covid-19 seperti sekarang. Apabila salah satu dari hal tersebut terjadi, maka sumber penghasilan Anda bisa terganggu bahkan lebih buruk dari itu. Saat itulah manfaat memiliki anggaran dana darurat bisa Anda rasakan.

Sebelum hidup kembali sepenuhnya normal dari Covid-19, luangkan waktu untuk mengevaluasi kembali seperti apa hidup yang Anda inginkan dan buat penyesuaian pribadi dan keuangan yang diperlukan untuk mencapai kehidupan yang Anda inginkan.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga








Berita terkait
Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat Sesuai dengan Kebutuhan
Anda mungkin tergoda untuk memilih perusahaan asuransi berdasarkan harganya yang paling terjangkau.
Wajib Tahu! 5 Tips Investasi Saham dengan Mudah
Investasi saham menjadi salah satu investasi yang memberikan hasil lebih tinggi dari pada investasi lainnya. Berikut tips investasi saham.
5 Tips Memilih Asuransi Syariah Berkualitas
Berdasarkan asas yang dijalankan, asuransi syariah memiliki keuntungan sebagai salah satu jenis asuransi yang adil.
0
4 Tips Mengelola Keuangan Selama Pandemi COVID-19
Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membangun keamanan finansial bagi diri Anda dan keluarga Anda.