Cara Mengatasi Stres Agar Tidak Mudah Sakit

Pemberitaan virus Corona bisa membuat masyarakat stres. Bagaimana cara mengatasi stres biar tidak mudah sakit?Berikut Tagar berikan ulasannya.
Ilustrasi Stres. (Foto: Pixabay/TheDigitalArtist)

Denpasar - Pemberitaan mengenai penyakit virus Corona (Covid-19) dapat mempengaruhi psikologis masyarakat, termasuk memicu stres terhadap seseorang. 

Selain itu, tuntutan pekerjaan yang banyak, permasalahan hidup sehari-hari serta kemacetan yang terjadi di mana-mana juga merupakan salah satu sumber stres.

Stres yang berkepanjangan dapat menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit degenerative serta menurunnya imun atau kekebalan pada tubuh yang berpotensi membuat seseorang menjadi mudah sakit. Banyak orang mengabaikan stres, padahal jika ditangani sejak dini kondisi tersebut bisa diatasi.

Stres berdampak buruk bagi fungsi tubuh. Sebab, dapat menimbulkan perubahan fisiologis, seperti detak jantung lebih cepat, peningkatan nafsu makan, dan sebagainya. Dengan olahraga rutin, maka fungsi tubuh yang berubah dan dampak stres juga dapat diatasi.

Olahraga adalah bentuk lain dari 'stres' fisik bagi tubuh. Jadi, ketika Anda membiasakan melakukan olahraga maka tubuh belajar beradaptasi dan terbiasa menghadapi 'stres' fisik dengan baik.

Berbagai macam olahraga dapat membantu menurunkan stres dan membuat tubuh rileks. Olahraga yang mudah dan sederhana yang bisa dilakukan seperti berjalan, berlari, bersepeda, berenang, dan sebagainya. 

Selain akan membuat Anda nyaman ketika melakukannya, mood dan emosi akan lebih mudah terkontrol sehingga stres pun menurun.

Berikut manfaat berolahraga dalam mengatasi stres, seperti dikutip dari Antara, Kamis, 12 Maret 2020.

1. Mengurangi Ketegangan

Berolahraga selama 30 menit dapat mengalihkan pikiran-pikiran negatif. Lampiaskan semua stres Anda pada alat olahraga, dan rasakan pembersihan yang muncul ketika semuanya dicurahkan.

2. Meningkatkan Hormon Bahagia

Melakukan aktivitas secara fisik akan melepaskan endorfin, yang bertindak sebagai peningkat suasana hati (mood) alami. Efek dari olahraga teratur, bisa menjadi obat yang sangat ampuh untuk meredakan stres hingga depresi.  

3. Lebih Fokus

Endorfin yang diproduksi selama olahraga juga dapat mempertajam proses mental dan meningkatkan konsentrasi. Sehingga, mendorong pertumbuhan sel-sel otak baru, yang membantu memerangi stres. 

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Olahraga adalah investasi, tidak hanya dalam menghilangkan stres dan mendapatkan kesehatan yang lebih. Suasana hati yang lebih baik, jika dikombinasikan dengan tampilan menarik akan meningkatkan rasa percaya diri.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Stres seringkali berdampak pada kesulitan tidur, sehingga dapat menyebabkan masalah-masalah lainnya, bila tidak ditangani secara cepat. Aktivitas singkat di awal atau tengah hari dapat membantu seseorang kembali ke pola tidur yang normal.

6. Daya Tahan Tubuh Lebih Kuat

Stres dapat mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh. Stres kronis dapat menimbulkan pilek dan flu, serta lelah. Berolahraga setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat pertahanan yang kuat terhadap penyakit.

Dengan menjadikan olahraga sebagai gaya hidup, maka seharusnya stres tidak menjadikan seseorang terpuruk dalam kondisi yang lebih buruk. Jadi, sekarang mulailah berolahraga untuk menghindari stres. []

Baca juga:

Berita terkait
Mendengar Musik Cara Efektif Hilangkan Stres
Sudi itu juga memperlihatkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tingkat kecemasan dan mengurangi depresi.
Selain Cegah Stres, Hujan Punya 5 Manfaat Penting
Hujan memiliki beberapa manfaat yang penting untuk tubuh, satu di antaranya yaitu pencegah stres. Berikut Tagar ulas manfaat lainnya.
Sembilan Makanan Lezat Penghilang Rasa Stres
Dengan mengonsumsi makanan sehat dan lezat, ternyata mampu menghilangkan tingkat stres yang tinggi.
0
Melihat Epiknya Momen Malam HUT DKI Jakarta Lewat Lensa Galaxy S22 Series 5G
Selain hadir ke kegiatan-kegiatan yang termasuk ke dalam agenda perayaan HUT DKI Jakarta, kamu juga bisa merayakannya dengan jalan-jalan.