Blue Bird Siap Kawal Mobilitas Tenaga Medis Covid-19

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio melakukan pengecekan terhadap PT Blue Bird Tbk sebagai penyedia transportasi medis.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (tengah) melakukan pengecekan ke PT Blue Bird Tbk. (Foto: Antara/Birkom Kemenparekraf)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio melakukan pengecekan terhadap PT Blue Bird Tbk yang memfasilitasi mobilisasi tenaga medis dari rumah sakit ke hotel menangani pasien terpapar virus corona atau Covid-19.

Ia mengatakan sebagai penyedia transportasi penanganan Covid-19, Blue Bird harus menerapkan Standard Operational Procedure (SOP) kesehatan sesuai aturan Kementerian Kesehatan berdasarkan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Agar bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi tenaga medis dalam menjalankan tugas mereka sebagai garda terdepan penanganan wabah Covid-19, maka penerapan standar kesehatan ini adalah hal utama yang harus diperhatikan," kata Wishnutama di Jakarta, Selasa, 31 Maret 2020 seperti dilansir dari Antara.

Blue BirdMobil blue bird. (Foto: Instagram/@bluebirdgroup)

Pengecekan terhadap Blue Bird, meliputi pemeriksaan kesehatan para pengemudi, tata cara pembersihan dan sterilisasi taksi Blue Bird serta tata cara pembersihan dan sterilisasi bus Big Bird.

Ia menuturkan pengecekan sesuai prosedur kesehatan tersebut sebagai salah satu langkah antisipasi penyebaran corona. Bukan hanya untuk tenaga medis melainkan pekerja yang bertugas.

"Sehingga tidak hanya memberikan rasa aman dan nyaman bagi tenaga medis, tapi juga pekerja transportasi yang bertugas nanti," tuturnya.

Sebagai penyedia sarana transportasi penanganan Covid-19, Blue Bird telah menyiapkan transportasi untuk sekitar 260 orang dengan komposisi tujuh bus dan satu kendaraan mini bus.

Baca juga: Cegah Corona, Ada Hand Sanitizer di Armada Blue Bird

Direktur Utama Blue Bird Noni Purnomo mengatakan pihaknya berharap usaha dalam menjaga tingkat kebersihan kabin mobil Blue Bird dapat memberikan rasa nyaman dan aman bagi penumpang sebelum diantarkan dengan selamat sampai tujuan.

"Terlebih dalam keterlibatan kami bersama Kemenparekraf mendukung tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan Covid-19,” ujarnya.

Rangkaian langkah preventif pun telah dilakukan oleh perusahaan untuk memastikan keamanan baik karyawan, pengemudi, maupun pengguna layanan BlueBird Group.

"Kami berharap langkah ini dapat semakin meningkatkan tingkat higienitas dan kebersihan di lingkungan Bluebird Group termasuk armada-armada kami," ucapnya.

Kerja sama dengan Blue Bird sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 tahun 2020 tentang Pemfokusan Ulang (refocusing) kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa untuk percepatan penanganan Covid-19. []

Berita terkait
Wabah Corona, Pegawai Blue Bird Disterilisasi
Perusahaan Blue Bird melakukan sterilisasi kepada seluruh karyawan, termasuk pengemudi untuk cegah Corona.
Blue Bird Tangkal Disrupsi Lewat Pencaplokan Gojek
Ketua MTI Djoko Setijowarno mengomentari proses akusisi PT Blue Bird Tbk oleh PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek beberapa waktu lalu.
Begini Cara Blue Bird Tangkal Virus Corona
Blue Bird melakukan langkah antisipasi guna mencegah penyebaran virus corona jenis COVID-19 dalam berkegiatan bisnis.
0
Kemendikbud: Pancasila Matpel Wajib SD - Perguruan Tinggi
Kemendikbudristek mengatakan Pancasila akan menjadi mata pelajaran wajib dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi dengan penerapan yang mudah.