BKN Kompetisikan 4 Inovasi Layanan di Inovasi KIP 2020

Badan Kepegawaian Negara (BKN) kompetisikan 4 inovasi layanan selama masa pandemi di Inovasi KIP 2020.
Pertemuan daring BKN, KIP, Peneliti Senior LIPI di Inovasi KIP 2020. (Foto: Tagar/Badan Kepegawaian Negara)

Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang diwakili oleh Kepala Bagian Pelayanan Terpadu dan Pengaduan Masyarakat, Urip wahyuni dengan Kepala Subbagian Fasilitasi Pengaduan Masyarakat BKN, Deni Kurniadi menyampaikan 4 inovasi yang dilakukan BKN selama pandemi Covid-19.

BKN mengikuti kegiatan Paparan Capaian dan Inovasi Keterbukaan Informasi Publik 2020 yang digagas oleh Komisi Informasi Publik (KIP) dalam rangka Evaluasi dan Monitoring Keterbukaan Informasi Publik yang dilakukan secara daring pada Senin 5 Oktober 2020, dalam kegiatan itu terdapat 4 inovasi layanan yang BKN sampaikan.

Pertama, inovasi terkait dengan keberhasilan BKN yang mengawal seleksi CPNS 2019 mulai dari September-Oktober 2020 dengan pelaksanaan yang mengikuti protokol kesehatan dan memanfaatkan teknologi informasi.

"Mulai dari pendaftaran, seleksi menggunakan CAT BKN, dan tayangan Live Score Nilai SKB melalui Kanal Youtube BKN yang merupakan wujud transparansi BKN kepada publik," jelas Urip.

Kedua, guna menjawab keingintahuan pihak di Pusat maupun daerah soal pelayanan kepegawaian, BKN memberikan inovasi layanan audiesi dan konsultasi kepegawaian online yang telah berjalan selama 3-4 bulan.

“Kami membuka konsultasi masalah-masalah kepegawaian secara daring, yang sebelumnya dianalisa oleh Tim Pranata Humas dan Tim Unit Teknis BKN untuk menentukan prioritas permasalahan yang paling perlu disampaikan penjelasannya kepada publik. Layanan konsultasi daring ini ternyata disambut dengan antusias oleh masyarakat, khususnya PNS," jelasya.

Kemudian, Inovasi ketiga yakni program Sistem Informasi ASN (SI-ASN BKN). Deni Kurniadi selaku Kasubbag Fasilitasi Pengaduan Masyarakat BKN, menjelaskan bahwa SI-ASN merupakan inovasi dalam menyatukan layanan kepegawaian dalam satu sistem. Dengan fitur layanan helpdesk yang seperti google mini, informasi kepegawain dapat diakses dengan mudah oleh publik. Inovasi ini juga diharapkan dapat mewujudkan keinginan BKN untuk mengurangi penggunaan kertas pada tata kerjanya.

Inovasi keempat yakni website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Menurut penjelasan Deni, website tersebut dikelola secara independen serta terhubung pada domain utama website bkn.go.id dengan alamat eppid.bkn.go.id. Adanya website PPID menurutnya memudahkan dalam permohonan informasi ke BKN karena hanya cukup dengan mengakses website tersebut.

Peneliti Senior LIPI, Siti Zuhro memberikan apresiasinya terhadap keempat inovasi yang dibuat oleh BKN, Komisioner KIP bidang Penelitian dan Dokumentasi, Romanus Ndau Lendong dan Agus Wijayanto Nugroho selaku Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat juga memberikan tanggapan positifnya saat hadir dalam acara. []

Baca juga:




Berita terkait
Ribuan Peserta CPNS Kemenag Aceh Tak Lulus, Minta Solusi Badan Kepegawaian Negara
Pelaksanaan ujian SKD hari ini dibagi menjadi 5 sesi yang diikuti 2.750 peserta, hanya 4 peserta yang lulus CAT.
BKN Blacklist Penyewa Joki Tes CPNS Seumur Hidup
BKN RI memastikan penyewa joki dalam ujian seleksi CPNS akan di-blacklist atau seumur hidup tidak bisa mengikuti seleksi CPNS.
BKN Sinkronkan Data ASN di 542 Daerah
BKN tengah memproses Sistem Informasi ASN terintegrasi untuk memenuhi target terwujudnya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.