UNTUK INDONESIA
Berhijab, Awkarin Nikmati Kopi dan Wisata Khas Aceh
Awkarin ke Aceh untuk syuting ternyata ada yang menarik dari penampilannya, seperti apa gayanya?
Awkarin saat menikmati pantai Lampuuk, Aceh Besar. (Foto: Instagram/@awkarin)

Banda Aceh - Selebgram ternama di Tanah Air, Karin Novilda atau lebih dikenal dengan nama Awkarin diketahui sedang berada Aceh. Ada yang menarik dalam penampilan perempuan kelahiran 29 November 1997 itu, yang terlihat menggunakan hijab. 

Awkarin berada di kota berjulukan Tanah Rencong itu dalam rangka melakukan syuting untuk program terbarunya yakni ‘Kelana Karin’.

Melalui akun Instagramnya @awkarin, ternyata perempuan yang berusia 22 tahun itu langsung disambut penggemarnya yang mengetahui kedatangan Awkarin, saat tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar pada Minggu 15 September 2019.

Kopi khop berbeda, disajikan dengan gelas terbalik di atas sebuah piring kecil.

Selama di Aceh Awkarin terus membagikan perjalanan singkatnya lewat instastory akun Instagramnya itu, baik destinasi wisata hingga mencicipi kuliner khas Aceh, seperti pantai Lampuuk, Gampong Nusa, kuliner ayam tangkap pramugari dan kopi khop khas Aceh.

Selegram AwkarinAwkarin sedang meracik kopi Khop (Gelas Terbalik) Saat berada di Aceh.(Foto: Instagram/@awkarin)

Saat singgah di Kopi Khop, Awkarin tampil dengan balutan hijab langsung diberi kesempatan oleh barista untuk meracik sendiri kopinya."Hari ini diriku belajar cara membuat Kopi Khop! Salah satu kopi khas Aceh yang cara penyajiannya dengan terbalik! And as I expected it tastes really good tho," ucap Awkarin lewat akun Instagramnya.

Lantas postingan tersebut mendapat 164 ribu like dan 454 komentar beragam.

Sebelumnya, seperti yang diberitakan Tagar, Kopi khop ialah kopi berjenis biji robusta dengan cara minum yang unik. Lazimnya meminum kopi dilakukan dengan menyeruput dari bibir cangkir atau gelas.

Kopi khop berbeda, disajikan dengan gelas terbalik di atas sebuah piring kecil. "Dengan penyajian gelas terbalik atau yang lebih dikenal dengan sebutan kopi tubruk. Kopi khop awalnya berasal dari daerah pesisir pantai barat (Aceh Barat)," kata barista sekaligus pioner kopi khop, Aan Risnanda Valevi kepada Tagar.

Kata Aan, kopi khop merupakan salah satu bentuk peninggalan tradisi dan budaya endatu (nenek moyang) Aceh. Kata khop sendiri berasal dari bahasa Aceh yang artinya terbalik atau tertelungkup. 

Filosofi kopi khop erat dikaitkan dengan simbol kupiah meukutop, yaitu topi khas Aceh Barat yang dikenakan oleh Teuku Umar, seorang pejuang ikonik Aceh yang ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Aceh Barat.

"Berdasarkan penelusuran sejarah hingga saat ini, belum ada daerah lain di Indonesia yang memiliki tradisi dan budaya serupa dalam hal menyeduh dan menikmati kopi. Maka dengan ini kita semua telah ikut berpartisipasi untuk memelihara tradisi dan budaya bangsa Aceh," ujar Aan.[]

Baca juga:

Berita terkait
Peristiwa Aceh Singkil, Dari Uluran Tangan-Tes Alquran
Peristiwa di Aceh Singkil hari ini dari mengulurkan tangan, hingga melakukan uji tes membaca Alquran bagi calon Kepala Desa.
4.290 Jemaah Haji Tiba di Aceh Sisa Satu Kloter Lagi
Jemaah Haji Aceh yang tergabung dalam kloter 11 mendarat dengan selamat di banda Aceh Sabtu 14 September dini hari
Meninggal di Malaysia, Warga Aceh Tamiang Dipulangkan
Pemerintah Aceh memfasilitas pemulangan jenazah warga Aceh yang meninggal di Malaysia.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.