UNTUK INDONESIA
Peristiwa Aceh Singkil, Dari Uluran Tangan-Tes Alquran
Peristiwa di Aceh Singkil hari ini dari mengulurkan tangan, hingga melakukan uji tes membaca Alquran bagi calon Kepala Desa.
Sebanyak 79 calon kepala desa sekabupaten Aceh Singkil di Masjid Nurul Makmur, Pulo Sarok ikuti tes baca Alqur\\'an Senin 16 September 2019.(Foto: Tagar/Khairuman).

Singkil - Sebanyak 79 calon Kepala Desa (keuchik) di Kabupaten Aceh Singkil mengikuti uji tes baca Alquran yang merupakan salah satu syarat di Masjid Nurul Makmur, Pulo Sarok, pada Senin, 16 September 2019.

Ketua Tim Seleksi Baca Alquran Salihin Mizal dan Kasi Bimas Hendra Sudirman kepada Tagar, mengatakan, sebelumnya yang mendaftar sebanyak 80 calon keuchik.

"Namun, karena ada satu orang calon kades yang mengundurkan diri dari Desa Teluk Ambun, sehingga peserta calon keuchik, menjadi 79 orang," jelasnya.

Masing-masing peserta dipanggil namanya untuk diuji dan membacakan surat Albaqarah, mulai ayat 100, sampai tim penguji menyuruh berhenti.

Sementara para peserta calon keuchik, lanjutnya, terdiri dari 27 desa, namun hanya 26 desa yang diwajibkan mengikuti prosedur.

Menurut Salihin, panitia tim penguji tes baca Alquran di sini terdiri dari 11 orang di bawah jajaran Kementerian Agama (Kemenag), Kabupaten Aceh Singkil yang dibagi dalam tiga meja.

"Masing-masing peserta dipanggil namanya untuk diuji dan membacakan surat Albaqarah, mulai ayat 100, sampai tim penguji menyuruh berhenti," kata dia.

Selanjutnya, untuk penilaian dilihat dalam tiga bidang, yakni membaca surat panjang pendek, tartil, dan adab selama baca ayat-ayat suci Alquran.

Sedangkan passing grade (ambang batas) minimal nilai dengan poin 45 dari nilai terbesar 100, hingga penguji memberhentikan peserta membaca ayat.

"Saat ini tim penguji baca Alquran setiap peserta dari Kementerian Agama, sudah permanen, sehingga ke depan, kami harapkan bukan cuma kades yang diuji, tapi juga jajarannya, seperti Kepala Urusan Umum, Kepala Dusun/RT/RW," ujarnya. 

Santuni Anak Yatim di Desa Terpencil 

Sapo LPSP di Aceh SIngkilPara petugas Sapo LPSP memberikan bantuan santunan di Desa terpencil, Kayu Menang, Kecamatan Singkil, Aceh Singkil Senin 16 September 2019.(Foto: Tagar/Khairuman).

Secara terpisah, Lembaga Pembinaan Sosial dan Pendidikan (Sapo LPSP) Aceh Singkil memberikan santunan kepada anak yatim dan duafa di kawasan terpencil Desa Kayu Menang, Kecamatan Kuala Baru, Aceh Singkil pada 16 September 2019.

Pelaksanaan bakti sosial dengan tema "Sapo Goes To Kampung (GTK)" yang sebelumnya sudah dilakukan di sejumlah desa di Kecamatan Singkil. Namun, kali ini pelaksanaannya di Desa Kayu Menang.

Untuk diketahui, kegiatan GTK memberikan santunan, berupa kitab suci Alquran, dan uang tunai kepada anak yatim, serta paket sembako kepada kaum duafa.

Dengan adanya kegiatan seperti ini kami bisa tahu langsung (mengetahui) bagaimana keadaan di masyarakat.

Direktur Sapo LPSP Eka Syahrial mengatakan kegiatan ini tetap konsisten dilakukan karena berhubungan langsung dengan masyarakat. 

"Dengan adanya kegiatan seperti ini kami bisa tahu langsung (mengetahui) bagaimana keadaan di masyarakat tersebut," ujarnya.

Di beberapa desa yang telah kami jalani ternyata, kata dia, masih banyak masyarakat yang masih membutuhkan uluran tangan dermawan. Oleh karena itu, pihaknya mengajak semua pihak untuk lebih peduli dengan yatim dan duafa.

Kepala Desa Kayu Menang Sofyan menyambut Sapo LPSP dengan tangan terbuka dalam rangkaian kegiatan bakti sosial dengan menyantuni anak-anak yatim di desa terluar, termiskin, dan tertinggal.

"Kami berterima kasih atas kedatangan Sapo LPSP ke desa kami, meskipun tadinya saya pikir tidak jadi datang karena hujan sangat deras mulai dari pagi, rupanya dengan wajah semangat  tiba di desa kami ini, saya berharap adik-adik nyaman berada di lingkungan kami ini," ucapnya lirih. []
Berita terkait
BJ Habibie Sekolahkan Korban DOM di Aceh Hingga Sarjana
Presiden Republik Indonesia ke-3 BJ Habibie sempat menyekolahkan bocah korban DOM di Aceh hingga ke tingkat strata satu atau S-1.
Kloter Terakhir Jemaah Haji Tiba di Aceh
Jemaah haji Aceh kloter terakhir tiba di Bada Aceh, Minggu 15 September 2019 WIB.
Siap Berkeringat, Santap Sambal Gunong Ruloeh Khas Aceh
Berbahan sederhana, sambal yang disantap mentah ini siap membuat penikmatnya bercucur keringat dengan rasa pedas, yang membuat ketagihan.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.