UNTUK INDONESIA
Benarkah Jahe Merah Ampuh Mencegah Tertular Corona?
Mengonsumsi jahe merah dapat menjadi alternatif untuk langkah pencegahan tertularnya virus corona (COVID-19).
Harga jahe di Pasar Minasa Maupa, Kabupaten Gowa melonjak drastis. (Foto: Tagar/Afrilian Cahaya Putri)

Jakarta - Coronavirus COVID-19 telah merebak hampir ke seluruh belahan negara di dunia. Dari data yang dikutip dari www.worldometers.info/coronavirus, pada Sabtu, 21 Maret 2020, pukul 14.30 WIB, tercatat 276.550 kasus positif virus corona COVID-19 dengan angka kematian 11.418 jiwa di seluruh dunia.

Berbagai negara telah bekerja keras mengupayakan penekanan penyebaran virus maut  ini. Seperti Malaysia memberlakukan lockdown per 18 Maret 2020 hingga 14 hari kemudian. Hal serupa dilakukan Italia yang memiliki jumlah kematian paling banyak.

Sejumlah negara juga melakukan langkah cepat mengantisipasi penyebaran virus COVID-19 ini dengan melarang kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar. Bahkan gelaran event olahraga ditunda dan dibatalkan.

Namun, untuk mencegah penularan virus corona masyarakat disarankan untuk menggunakan cara-cara tradisional seperti rempah-rempah, termasuk jahe merah.

Demikian diungkapkan oleh Dokter Umum Rumah Sakit Aisiyah Kudus, dr Guntur Aryo Kunto Dewo. Dia mengatakan mengonsumsi jahe merah dapat menjadi alternatif untuk pencegahan penularan virus corona.

"Jahe merah memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, memiliki kandungan gingerol dan shogaol yang bagus digunakan untuk meningkatkan imunitas (kekebalan)," ujar dokter Guntur kepada Tagar, Sabtu, 7 Maret 2020.

Dia merekomendasikan agar masyarakat bisa mengolah bahan tersebut menjadi wedang jahe. Minuman populer yang mudah dibuat ini kaya akan kandungan rempah-rempah. Di mana rempah-rempah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga bagus untuk memproteksi tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Selain itu, hasil penelitian Ahli Mikrobiologi Universitas Indonesia (UI) Jakarta ini menyatakan rempah-rempah memiliki daya proteksi yang paling bagus untuk menangkal penyakit. Wedang jahe yang terbuat dari campuran jahe merah, kayu manis, cengkeh, sere, dan gula merah ini dianjurkannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

"Tidak usah dikonsumsi secara berlebihan. Cukup sehari sekali atau dua hari sekali sudah cukup," kata dr Guntur.

Menurut dr Guntur untuk menangkal tertularnya COVID-19 tidak hanya dilakukan dari luar saja dengan memakai masker, dan mencuci tangan pakai antiseptik. Tetapi juga harus dilakukan dari dalam, yakni dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

"Kalau daya tahan tubuh kita baik. Insyaallah kuman-kuman penyakit akan terpental," ujarnya.

Imbauan agar tetap menjalankan pola hidup sehat juga digaungkannya. Karena asupan nutrisi, olahraga dan istirahat yang cukup juga menjadi salah satu cara menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari paparan penyakit.

Berikut Tagar memberikan ulasan tentang khasiat jahe merah untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menghangatkan Tubuh

Kandungan gingerol yang dimiliki jahe merah sangat bermanfaat untuk meningkatkan suhu tubuh. Dengan begitu, badan akan terasa lebih hangat, apalagi jika dikonsumsi pada musim hujan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ekstrak jahe merah mampu mencegah dan membunuh bakteri yang berbahaya di dalam tubuh. Sehingga, efeknya dapat meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh.

3. Mengatasi Sakit Kepala

Gingerol dan zat kafena yang memberikan efek hangat pada tubuh, ternyata mampu mengatasi sakit kepala. Pasalnya, saat mengonsumsi jahe merah, pembuluh darah akan melebar dan melancarkan aliran darah ke kepala.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Dengan mengonsumsi jahe merah secara rutin, tanaman obat tersebut juga ampuh mengatasi masalah pencernaan. Hal itu disebabkan karena kandungan yang ada dalam ekstrak jahe merah, bisa melindungi pencernaan dari bakteri.

Zat aktif pada tanaman ini juga mampu mencegah produksi enzim yang memicu radang lambung.

5. Mengatasi Mual dan Meningkatkan Nafsu Makan

Jahe merah bermanfaat untuk membantu mengurangi produksi gas di dalam lambung yang memicu rasa mual. Apabila rasa mual sudah berkurang, nantinya nafsu makan akan kembali meningkat.

6. Menurunkan Berat Badan

Suplemen diet biasanya menggunakan jahe merah sebagai bahan campurannya. Mengonsumsi pil ekstrak jahe merah akan memberikan efek rasa kenyang lebih lama dan mampu membakar kalori.

7. Meredakan Batuk

Jahe merah mampu meredakan batuk. Sebab, dengan adanya kandungan minyak esensial yang dimiliki tanaman obat tersebut sangat berperan aktif untuk penyembuhan batuk.

8. Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan bisa terjadi karena disebabkan infeksi virus atau bakteri. Beragam zat yang dimiliki jahe merah dipercaya bisa mengatasi penyakit tersebut.

9. Menjaga Jantung

Kolesterol dan trigliserida menjadi penyebab utama seseorang terserang penyakit jantung. Dengan konsumsi jahe merah secara rutin, ternyata dipercaya mampu menurunkan kadar masalah kesehatan tersebut. []

Berita terkait
Khasiat Wedang Jahe, Mampu Cegah Covid-19
Dokter RS Aisiyah Kudus Guntur Aryo Kunto mengatakan dengan mengonsumsi wedang jahe bisa mencegah tertular virus Covid-19.
Corona Bikin Harga Jahe Mahal di Pasar Bantaeng
Merebaknya isu jahe bisa menyembuhkan virus corona membuat harga jahe di Kabupaten Bantaeng sangat mahal.
Enam Benda yang Bisa Menularkan Virus Corona
Selain menjaga jarak aman sejauh satu meter, ada pula sejumlah benda atau barang yang bisa menjadi media perantara tertularnya virus corona.
0
Syarat Dapat Subsidi Bunga Kredit 6% dalam 6 Bulan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan tidak semua kreditur otomatis mendapat subsidi bunga kredit selama enam bulan.