Bawang Putih Redakan Sakit Gigi, Alami, Mudah dan Ampuh

Sakit gigi sangat menyiksa. Bahan alami yang mudah ditemukan di dapur yaitu bawah putih ampuh meredakan sakitnya.
Ilustrasi sakit gigi. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Sakit gigi sangat menyiksa. Nyeri pada gigi bisa sampai membuat aktivitas menjadi terhenti karena sakitnya membuat konsentrasi dan fokus menjadi buyar. 

Nyeri pada gigi tak dapat ditebak, bisa tiba-tiba datang di waktu yang tidak terduga. Makan atau minum dengan kondisi hidangan dingin, panas, atau terlalu asam juga dapat memperburuk rasa sakit di sekitar gigi atau rahang

Sakit gigi dipicu oleh banyak hal, mulai dari gigi sensitif, gigi berlubang, gusi yang terinfeksi, tambalan gigi lepas, membersihkan gigi terlalu agresif, atau kerap menggeretakkan gigi.

Memeriksakan gigi ke dokter untuk mengetahui penyebab rasa sakitnya merupakan tips terbaik untuk menghilangkan rasa sakit pada sekitar gigi atau rahang. Dokter yang ahli di bidangnya, dapat memeriksa kondisi dalam mulut, atau mengidentifikasi masalahnya dengan menganjurkan rontgen.

Baca juga:

Mengobati sakit gigi ternyata juga dapat dilakukan melalui bahan yang tersedia di dapur, salah satunya menggunakan bawang putih. Bawang putih dapat meredakan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi.

Berikut bahan dan cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bawang putih:

Bahan:

  • 1 sdt garam
  • 2 siung bawang putih
  • Minyak zaitun secukupnya

Mempersiapkannya:

  • Ambil dua siung bawang putih dan kupas kulitnya serta bersihkan.
  • Setelah dibersihkan, buatlah pasta bawang putih dengan menghaluskan dua siung bawang putih bersama 1 sendok teh garam menggunakan alat untuk mengulek atau mortar dan alu.
  • Bila pasta bawang putih terlalu kering, tambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam campuran. Aduk pasta dan minyak tersebut secara merata.
  • Pasta bawang putih siap digunakan untuk obat.

Penggunaannya:

Untuk mengobati sakit gigi, ambil sedikit pasta bawang putih tersebut menggunakan jari dan tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan pasta tersebut menempel di gigi yang sakit selama 30 menit.

Berita terkait
Viral Ratusan Emak-emak Senam Zumba Tak Jaga Jarak
Viral video ratusan emak-emak senam zumba mengindahkan protokol kesehatan disikapi Gugus Tugas Lombok Timur.
8 Tips Agar Balita Tak Takut Mandi, Jangan Puji Berani!
Mandi bisa jadi rutinitas menakutkan bagi balita Anda. Ada tips untuk menanggulanginya, tapi jangan berikan pujian berani saat memandikannya.
Asupan Baik dan Buruk Dikosumsi Bareng Obat Antibiotik
Ada sejumlah asupan yang layak dan buruk dikonsumsi bersamaan dengan obat antibiotik.
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.