8 Tips Agar Balita Tak Takut Mandi, Jangan Puji Berani!

Mandi bisa jadi rutinitas menakutkan bagi balita Anda. Ada tips untuk menanggulanginya, tapi jangan berikan pujian berani saat memandikannya.
Anak atau balita ketika mandi. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Mandi bisa menjadi rutinitas yang menakutkan bagi balita Anda. Apalagi ketika air turun dari rambutnya saat keramas, merasakannya, sebagian anak kecil bisa langsung stres. Ada beberapa tips untuk menanggulanginya. Namun, Anda sebagai orangtua jangan memberikan pujian berani kepada anak saat memandikannya ya!

Dikutip dari ChannelMum.com, berikut 8 tips agar balita tak takut mandi:

1. Mengelap dengan air hangat

Rasa takut pada air biasanya muncul pada sebagian orang di usia yang sangat muda. Coba mengelap badan balita dengan air hangat agar buah hati terbiasa dengan rasanya. Setelah beberapa minggu, Anda dapat mencoba memandikan bayi Anda.

2. Lihat dari sudut pandangnya

Sebagai orangtua tanamkan pada diri Anda bahwa balita atau anak kecil tidak dapat berbicara dan memberi tahu maksud mereka ketika merasa takut.

Lihatlah berbagai hal dari sudut pandang anak kecil. Mengukur tinggi mereka dan melihat dunia melalui sudut pandang matanya, seperti 'apakah bak mandi terlihat besar?', atau 'apakah ada sesuatu di garis pandang mereka yang bisa memicu ketakutan?'

Anak mandiAnak atau balita ketika mandi. (Foto: Pixabay)

3. Periksa suhu air

Selalu periksa suhu air minimal dua kali dengan menggunakan siku dan jari Anda. Pastikan juga air di bak tempat balita mandi tidak pernah dipakai sebelumnya sehingga Anda dapat memeriksa suhu dengan akurat. Anda dapat menggunakan termometer mandi terapung untuk mengukur suhu dengan akurat.

4. Mandi busa

Mendorong balita tergugah untuk mandi cobalah gunakan busa yang ditaruh dalam bak mandinya. Berikan kesempatan juga kepada buah hati Anda jika ingin menuang busa ke tempat mandinya. Selanjutnya Anda dapat menggodanya dengan bermain busa menggunakan tangan hingga memunculkan gelembung-gelembung yang menumpuk.

Ilustrasi Ibu dan BayiIlustrasi Ibu dan Bayi. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

5. Waktu mandi adalah momen bermain

Jadikan waktu mandi buah hati Anda sebagai momen bermainnya. Mainkan gelembung busa membentuk huruf atau angka. Atau gunakan cangkir plastik ramah lingkungan untuk bermain tuang menuang air. Biarkan balita ikut berinteraksi ketika menikmati permainan dalam bak mandi mereka.

6. Jangan Puji pakai kata 'Berani'

Mencuci atau mengkeramas rambut balita bisa menjadi sumber stres utama mereka ketika mandi. Kebanyakan anak kecil membenci rasa ketika air berada di wajah mereka. Bahkan hal itu bisa memicu panik si kecil. Antisipasinya dengan melindungi wajah dan mata buah hati Anda dari garis rambut dan mulai mengkeramasnya ke belakang.

Berkomunikasilah kepada mereka ketika mengkeramasnya. Bisa dengan permainan hitung mundur sehingga mereka mengetahui keramas akan berlangsung dengan cepat. Atau puji balita dengan ungkapan bahwa mereka telah baik dan benar melakukan keramas.

Namun, jangan sekali-kali memberi ungkapan 'berani' karena itu menunjukkan bahwa mandi atau keramas adalah sesuatu yang harus diperangi dan ditakuti.

BalitaSejumlah Balita berjemur matahari pagi di halaman Unit Pelaksana Teknis (UPT) Panti Sosial Asuhan Balita (PSAB) Jatim di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis, 23 Juli 2020. Sebanyak 53 Bayi dan balita di tempat tersebut mendapat perawatan terapi berjemur matahari pagi setiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh. (Foto: Antara/Umarul Faruq)

7. Pakai lavender

Jika Anda terpaksa memandikannya di malam hari setelah menempuh bepergian, jadikan itu sebagai rutinitas yang menenangkan. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender, atau gunakan lampu redup malam hari, atau putarkan musik. Langkah itu semua dilakukan untuk membuat balita makin merasa tenang ketika mandi.

8. Gunakan sendal antiselip

Selalu menyediakan keset di jalan usai memandikan bayi Anda. Jangan lupakan juga untuk menggunakan sendal antiselip agar meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan seperti tergelincir atau jatuh ketika menggendong buah hati Anda setelah mandi. 

Berita terkait
Asupan Baik dan Buruk Dikosumsi Bareng Obat Antibiotik
Ada sejumlah asupan yang layak dan buruk dikonsumsi bersamaan dengan obat antibiotik.
Cara Aman Merawat Kesehatan Gigi Bayi dan Balita
Merawat gigi bayi dan balita sangatlah penting agar si kecil terhindar dari gangguan kesehatan gigi dan mulut seperti gingivitis atau radang gusi.
Penyebab Bayi Meninggal dalam Kandungan di Mamuju
Akibat terkendala biaya persalinan, Ika Musliha harus kehilangan sang buah hati yang meninggal dunia saat masih dalam kandungan. Ini kronologinya
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.