UNTUK INDONESIA
Bamsoet Heran Ada Masyarakat Tidak Percaya Covid-19
Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengingatkan masyarakat untuk tetap mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), jangan tak percaya.
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Instagram/bambang.soesatyo)

Jakarta - Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengingatkan masyarakat untuk tetap mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di setiap aktivitas. Ia mengaku mengamati masih banyak masyarakat mengabaikan protokol kesehatan.

Hal itu juga merujuk dari keterangan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo yang mengatakan jumlah masyarakat di DKI Jakarta yang masih tidak percaya bisa tertular virus Covid-19 cukup tinggi.

Mengingat soal ketidakpercayaan masyarakat terhadap bahaya Covid-19 masih berkesinambungan.

Oleh karena itu Bamsoet meminta agar pemerintah menggandeng sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama disertai ahli biomolekuler untuk ikut membantu pemerintah dalam menjelaskan bahaya corona kepada masyarakat.

Baca juga: Covid-19 & Peluang Ekonomi di Industri Alat Olahraga

"Agar menjelaskan mengenai bahaya virus Covid-19 maupun cara penularannya, sebagai upaya merubah perilaku masyarakat di tengah pandemi Covid-19, mengingat soal ketidakpercayaan masyarakat terhadap bahaya Covid-19 masih berkesinambungan," kata Bamsoet kepada wartawan di Jakarta, Minggu, 6 September 2020.

Mantan Ketua DPR ini juga mendorong pemerintah bersama Satgas Penanganan Covid-19 secara terbuka melakukan kegiatan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya protokol kesehatan di masa pandemi untuk mencegah penyebaran maupun penularan Covid-19.

"Agar masyarakat dapat memeroleh pengetahuan yang tepat dan diharapkan dapat memiliki kesadaran untuk memercayai siapapun bisa tertular, serta pentingnya upaya pencegahan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan," ucapnya.

Baca juga: 83 Santri Ponpes di Banyuwangi Sembuh Covid-19

Politisi Partai Golkar ini mengingatkan kepada seluruh masyarakat, ancaman wabah Covid-19 jelas nyata dan belum berakhir. Oleh karena itu, lanjut dia, masyarakat diminta untuk benar-benar mematuhi imbauan dan tak melanggar kebijakan pemerintah terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19. 

Mengingat, kata dia, masyarakat memegang peranan penting dalam menekan jumlah kasus maupun mencegah penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi terus mengampanyekan pemberlakuan protokol kesehatan kepada semua pihak, guna memutus penyebaran Covid-19 (C-19). Hal itu disampaikan Juru bicara (Jubir) Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia.

Menurutnya, pemerintah terus berupaya mencegah penularan virus corona di tengah kondisi saat ini, karena angka positif pasien C-19 terus bertambah setiap harinya.

"Kepada seluruh elemen masyarakat untuk taat pada protokol kesehatan melalui hal-hal yang sangat bisa dilakukan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan di setiap aktifitas dalam situasi adaptasi kebiasaan baru," kata Angkie saat dihubungi Tagar, Jumat, 4 September 2020.

Lebih lanjut, Angkie menjelaskan, hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Untuk itu, Presiden telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) No. 6 Tahun 2020.

"Instruksi tersebut ditujukan pada sejumlah Menteri, Panglima TNI, Kapolri, kepala Lembaga serta Gubernur, Bupati dan Wali Kota agar bersama-sama melakukan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat dan berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19," ucap Angkie. []

Berita terkait
Positif Covid-19, Sekda Banyuwangi Diisolasi
Bupati Banyuwangi mengonfirmasi jika Sekda terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini Sekda Mujiono menjalani isolasi di RSUD Blambangan.
The Rock dan Keluarganya Positif Terinfeksi Covid-19
Aktor laga Dwayne Johnson alias The Rock dan keluarganya, dinyatakan positif terinfeksi virus corona.
Robert Pattinson Terinfeksi Covid-19, Syuting Batman?
Robert Pattinson dinyatakan positif Covid-19. Bagimana dengan syuting film yang dibintanginya, The Batman?
0
Pujian Juri Pop Akademy untuk Chelsea asal Ruteng NTT
Keysilia Dwisulandi Ndagung tampil memukau nyanyikan lagu "Hanya Rindu" saat tampil di grup delapan top 40 pop Akademy Indosiar.