Bahaya Kebanyakan Makan Bawang Putih bagi Kesehatan

Selain bumbu masakan, banyak orang makan bawang putih karena dipercaya bermanfaat bagi tubuh. Namun, juga berbahaya jika kebanyakan mengkonsumsi.
Bawang Putih. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang umumnya wajib tersedia di dapur. Selain bumbu masakan, banyak orang makan bawang putih karena dipercaya bermanfaat bagi tubuh. Sayangnya, Anda mungkin akan merasakan efek bawang putih bila kebanyakan mengonsumsinya.

Bawang putih memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Umumnya, manfaat bawang putih dapat Anda rasakan bila dikonsumsi dalam kondisi mentah.

Padahal, kebanyakan makan bawang putih berisiko bagi kesehatan. Berikut adalah dampak konsumsi bawang putih berlebihan yang perlu Anda waspadai.


1. Bau mulut

Efek kebanyakan makan bawang putih yang paling umum adalah bau mulut (halitosis). Kondisi ini disebabkan kandungan senyawa sulfur di dalam bawang putih.

Terdapat beberapa jenis mineral sulfur dalam bawang putih, seperti dialil disulfida, alil merkaptan, alil metil disulfida, dan alil metil sulfida. Namun, memasak bawang putih bisa mengurangi kandungan sulfurnya sehingga tidak begitu menyebabkan bau tak sedap.


2. Perdarahan

Efek samping serius dari kebanyakan makan bawang putih adalah meningkatnya risiko perdarahan. Apabila hendak menjalani operasi atau sedang minum obat pengencer darah, sebaiknya Anda berhati-hati dengan kebiasaan konsumsi bawang putih.

Konsumsi bawang putih bersamaan obat pengencer darah bisa membuat darah semakin encer sehingga meningkatkan peluang terjadinya perdarahan.


3. Perut kembung

Konsumsi bawang putih dapat menimbulkan efek samping perut kembung. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung fruktan yang cukup tinggi.

Fruktan adalah sejenis karbohidrat yang dapat menimbulkan gas dalam saluran pencernaan. Fruktan juga terdapat dalam bawang merah, daun bawang, dan gandum.


4. Gatal dan iritasi kulit

Saat mengupas kulit bawang putih dalam jumlah banyak, Anda mungkin merasakan sensasi perih, gatal, hingga menimbulkan iritasi pada kulit jari atau tangan Anda.

Reaksi pada kulit bisa terjadi pada orang dengan alergi bawang putih. Selain melalui sentuhan, alergi bawang putih juga bisa terjadi saat menghirup atau menelannya.


5. Gastroesophageal reflux disease (GERD)

Jika mengidap GERD, dokter umumnya menyarankan untuk membatasi makan bawang putih, terutama dalam kondisi mentah. Efek kebanyakan makan bawang putih bisa memicu sekaligus memperparah gejala GERD. []


Berita terkait
8 Manfaat Apel Bagi Kesehatan Tubuh
Selain untuk bahan aneka kuliner, apel juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang didukung oleh penelitian.
10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko stroke 20% lebih rendah.
Kenali 5 Manfaat Teh Oregano Bagi Kesehatan Tubuh
Karena kebanyakan mereka yang meminum teh oregano hanya mencari manfaat dan khasiat dari teh tersebut.
0
Bahaya Kebanyakan Makan Bawang Putih bagi Kesehatan
Selain bumbu masakan, banyak orang makan bawang putih karena dipercaya bermanfaat bagi tubuh. Namun, juga berbahaya jika kebanyakan mengkonsumsi.