10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko stroke 20% lebih rendah.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Kopi adalah salah satu minuman yang menjadi favorit banyak orang. Ternyata, para peneliti menenukan fakta bahwa mengonsumsi kopi juga bermanfaat bagi kesehatan

Dilansir dari Healthline, berikut manfaat kopi untuk kesehatan.


1. Menurunkan risiko stroke

Kafein telah diklaim memiliki peran dalam meningkatkan tekanan darah. Namun,memiliki efek yang kecil dan dapat menghilang dari waktu ke waktu jika kita minum kopi secara teratur karena tubuh kita akan beradaptasi dengan kafein.

Sebaliknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko stroke 20% lebih rendah.


2. Menurunkan risiko jenis kanker tertentu

Kopi tampaknya efektif dalam memerangi beberapa jenis kanker, seperti hati dan kanker kolorektal.

Kanker hati adalah penyebab utama ketiga kematian akibat kanker di dunia. Sementara itu, kanker kolorektal menempati urutan keempat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa peminum kopi biasa memiliki risiko kanker hati hingga 40% lebih rendah.

Dalam studi lain, ditunjukkan bahwa orang yang minum 4 hingga 5 cangkir kopi per hari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kolorektal hingga 15%.


3. Membantu memerangi depresi

Depresi adalah salah satu gangguan mental yang paling umum yang dapat mempengaruhi kualitas hidup masyarakat secara luar biasa.

Studi menemukan bahwa sekitar 4,1% orang di AS saat ini memenuhi kriteria untuk depresi klinis.

Menariknya, dalam sebuah studi Harvard yang diterbitkan pada tahun 2011, wanita yang minum 4 atau lebih cangkir kopi per hari memiliki risiko lebih rendah menjadi depresi sebesar 20%.


4. Menjaga kesehatan hati

Beberapa penyakit umum dapat mempengaruhi hati kita, seperti hepatitis, penyakit hati berlemak, dan banyak lagi.

Kondisi ini dapat menyebabkan sirosis, dimana hati kita sebagian besar digantikan oleh jaringan parut.

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa kopi mungkin efektif dalam melindungi terhadap sirosis.

Minum 4 atau lebih cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko mengalami masalah hati.


5. Menurunkan risiko penyakit parkinson

Mengikuti penyakit Alzheimer sebagai penyakit neurodegeneratif yang paling umum adalah penyakit Parkinson.

Hal ini disebabkan oleh kematian neuron penghasil dopamin di otak kita. Tidak ada obat yang diketahui untuk penyakit Parkinson juga.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat menurunkan risiko penyakit Parkinson sebesar 32-60%.


6. Menurunkan risiko alzheimer dan demensia

Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit Alzheimer? Ini adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum yang dapat menyebabkan demensia.

Orang yang berusia di atas 65 tahun biasanya lebih rentan terhadap penyakit ini. Sayangnya, tidak ada obat yang diketahui untuk penyakit ini.

Namun, beberapa penelitian yang berbeda menunjukkan bahwa minum kopi dapat secara efektif menurunkan risiko penyakit Alzheimer sebesar 65%.


7. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Studi menunjukkan bahwa orang yang minum kopi paling banyak memiliki risiko 23-50% lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Satu studi bahkan menunjukkan penurunan setinggi 67%. Diabetes tipe 2 ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistensi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk memproduksi insulin.


8. Meningkatkan kinerja fisik

Kafein dapat meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah kita. Ini akan mempersiapkan tubuh kita untuk aktivitas fisik yang intens.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, kafein dapat membakar lemak, membuat asam lemak bebas tersedia sebagai bahan bakar bagi tubuh. Oleh karena itu, kafein dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11-12%.


9. Membakar lemak

Kafein adalah salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. Studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme kita sebesar 3-11%.

Studi lain juga menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 10% pada individu obesitas dan 29% pada orang kurus. Namun, efek ini dapat menurun dari waktu ke waktu pada peminum kopi jangka panjang.


10. Meningkatkan tingkat energi dan waktu reaksi Anda

Seperti yang mungkin sudah kita ketahui, kopi memiliki kafein yang dapat membantu orang merasa kurang lelah dan meningkatkan tingkat energi mereka.

Menurut Healthline, kafein adalah zat psikoaktif yang paling umum di dunia. Setelah kita mengkonsumsi kopi, aliran darah kita akan menyerap kafein dan membawanya ke otak kita.

Kafein akan memblokir adenosin neurotransmitter penghambatan di otak. Hal ini akan menimbulkan efek stimulan yang telah terbukti dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak.

Hal ini dapat meningkatkan memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi, serta fungsi mental umum. []



Baca Juga :

Berita terkait
Selain untuk Diminum, Kopi Menghilangkan Bau Tak Sedap
Caranya taburkan bubuk kopi di area serangga berkumpul. Dan bubuk kopi bisa menjauhkan tanaman anda dari serangga penggangu dan siput
Festival Kopi di Jayapura Diikuti 100 UMKM
Berdasarkan data yang dimiliki BI Papua, UMKM menopang 63 persen dari perekonomian Papua.
Pandemi Covid-19 Dorong Kenaikan Konsumsi Kopi di Jerman
Selama pandemi Covid-19 banyak orang di Jerman bekerja dari rumah, perubahan itu ternyata meningkatkan konsumsi kopi secara keseluruhan
0
10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko stroke 20% lebih rendah.