5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Bawang putih juga memiliki banyak kandungan nutrisi dan juga senyawa seperti antioksidan, antibakteri, antikanker dan antiradang.
Ilustrasi bawang putih. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta – Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu dapur yang berfungsi untuk menguatkan rasa dan aroma pada hidangan. Bahkan, bawang putih juga bisa digunakan untuk mengatasi kondisi medis yang berkaitan dengan jantung, sistem peredaran darah, tekanan darah tinggi, kolesterol dan pengerasan pembuluh darah.

Bawang putih juga memiliki banyak kandungan nutrisi dan juga senyawa seperti antioksidan, antibakteri, antikanker dan antiradang. Oleh karena itu, bawang putih cukup populer bagi kesehatan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 manfaat bawang putih untuk kesehatan


1. Mengontrol tekanan darah

Bawang putih memiliki manfaat anti-inflamasi dan membantu aliran darah ke seluruh tubuh. Beberapa penelitian menemukan bahwa tekanan darah turun 10% ketika mengonsumsi bawang putih. Hal itu diakibatkan oleh senyawa allicin yang bertanggung jawab atas sifat penurun tekanan darah dari bawang putih.


2. Menjaga kesehatan jantung

Berdasarkan studi, bahwa suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih dapat menurunkan kolesterol dan hipertensi, sehingga mampu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, sel darah merah dapat mengubah kandungan sulfur dalam bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida, yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah.


3. Mengatasi pilek dan flu

Bawang putih membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi keparahan sakit pilek dan flu. Satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih setiap hari mengurangi pilek yang dialami sebesar 63%. Studi juga melaporkan bahwa rata-rata lama gejala pilek berkurang dari lima hari menjadi satu setengah hari setelah mengonsumsi bawah putih.


4. Meningkatkan memori otak

Antioksidan pada bawang putih dapat membantu melindungi dari radikal bebas, kerusakan otak dan menjaga otak berfungsi lebih baik seiring bertambahnya usia. Bawang putih juga bekerja meningkatkan aliran darah otak, sehingga dapat menurunkan risiko kolesterol dan tekanan darah. Hal ini berarti risiko gangguan otak seperti demensia dan Alzheimer juga berkurang akibat bawang putih.


5. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Tak hanya baik untuk jantung, bawang putih juga baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi infeksi bakteri H. pylori di lambung.

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga :

Berita terkait
Cara Menyimpan Bawang Agar Tahan Lama
Apabila salah dalam penyimpanannya bawang akan cepat membusuk dan berakhir tidak dapat digunakan.
Bawang Putih Redakan Sakit Gigi, Alami, Mudah dan Ampuh
Sakit gigi sangat menyiksa. Bahan alami yang mudah ditemukan di dapur yaitu bawah putih ampuh meredakan sakitnya.
Sembilan Manfaat Menakjubkan Bawang Putih
Bawang putih bukan hanya sekedar bumbu dapur saja, tetapi memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.
0
5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan
Bawang putih juga memiliki banyak kandungan nutrisi dan juga senyawa seperti antioksidan, antibakteri, antikanker dan antiradang.