UNTUK INDONESIA
Bahan Alami Berkhasiat Melancarkan Haid
Kebanyakan perempuan pasti sering mengalami siklus haid yang tidak lancar. Berikut bahan alami yang ampuh melancarkan haid atau menstruasi.
ilustrasi jahe. (Foto: Pixabay/Couleur)

Jakarta - Kebanyakan perempuan pasti sering mengalami siklus haid yang tidak lancar. Kondisi ini bisa disebabkan karena stres, terlalu banyak olahraga, hingga pengaruh penggunaan obat-obatan tertentu. Hal ini tentu akan mempengaruhi hormon progesteron dan estrogen, sehingga menyebabkan jadwal haid menjadi tidak teratur. 

Namun jangan khawatir, ada banyak cara alami yang ampuh melancarkan haid dan tentu ini tidak menimbulkan efek samping. Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber mengenai bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk melancarkan haid atau menstruasi. 

1. Kunyit

KunyitIlustrasi Kunyit. (Foto: honestdocs)

Bahan alami ini memang sudah sering kali digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Kunyit dipercayai sangat ampuh melancarkan haid secara alami. Cukup dengan konsumsi 100 hingga 500 miligram kunyit selama dua hari sekali. Bila perlu Anda juga bisa menambah campuran madu, susu, atau teh. 

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang berkhasiat mengatasi peradangan di dalam tubuh. Bahkan, bahan alami juga sangat ampuh menangani rasa nyeri dan perubahan mood. Ramuan ini sangat dianjurkan untuk para wanita yang ingin melancarkan haid secara alami. 

2. Jahe

JaheIlustrasi Jahe. (Foto: Pixabay/Couleur)

Jahe bisa dimanfaatkan untuk melancarkan haid. Caranya bisa dikonsumsi mentah atau diolah menjadi ramuan teh dengan mengambil ekstraknya. 

Ekstraknya dapat dicampur dengan air, teh atau air rebusan jahe bisa dipadukan dengan madu dan lemon agar rasanya lebih segar dan nikmat. Selain manfaatnya mampu melancarkan haid, ternyata ramuan jahe juga dapat menghilangkan rasa nyeri atau kram perut selama menstruasi. 

3. Pepaya

PepayaIlustrasi Pepaya. (Foto: glutagen.com)

Pepaya mengandung karoten yang dapat merangsang hormon estrogen sehingga dapat membantu melancarkan haid. Caranya sangat mudah, Anda bisa mengonsumsi pepaya mentah atau diolah menjadi jus dua kali sehari. Secangkir jus pepaya atau satu mangkuk pepaya matang dapat dimakan sekitar pertengahan siklus haid. 

4. Kayu Manis

Kayu ManisKayu Manis. (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)
Bahan alami ini dapat membantu mengatur kadar insulin yang ada dalam tubuh. Kadar insulin yang tinggi bisa mempengaruhi sistem kerja hormon menstruasi, sehingga siklus haid menjadi tidak lancar. 

Columbia University Medical Center menyebutkan kayu manis sangat berpotensi untuk melancarkan siklus haid yang mengalami polycystic ovary syndrome (PCOS) atau gangguan produksi ovarium.

Untuk melancarkan haid dengan kayu manis, Anda bisa konsumsi bahan alami ini sekitar 500 miligram (ml) atau setara dengan 2-4 ml yang dicampurkan ke dalam teh. Anda bisa konsumsi bahan alami ini sebanyak tiga kali sehari. 

5. Seledri

Ilustrasi Daun SeledriIlustrasi Daun Seledri. (Foto: familyfoodgarden.com)

Seledri juga aman dikonsumsi untuk melancarkan haid. Anda bisa mengolah seledri ini menjadi jus segar. Minumlah dua kali sehari untuk merangsang aliran darah ke panggul dan rahim, sehingga ini bisa mendorong siklus menstruasi Anda menjadi teratur. 

6. Makanan Bervitamin C

Ilustrasi JerukIlustrasi Jeruk. (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

Makanan yang memiliki vitamin C yang tinggi dipercaya dapat melancarkan haid. Sebab, nutrisi ini mampu meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. 

Bila kadar hormon ini meningkat, tentu dapat merangsang kontraksi rahim dan ini yang akan membantu menstruasi terjadi. Makanan vitamin C seperti jeruk, tomat, kiwi, paprika, hingga brokoli bisa Anda konsumsi untuk melancarkan siklus haid. 

Baca juga:

Berita terkait
Daftar Makanan dan Minuman Penyebab Sakit Gigi
Tanpa disadari ada beberapa jenis makanan dan minuman yang menjadi penyebab sakit gigi. Berikut daftar makanan dan minuman yang harus dihindari.
Waspadai, Makanan yang Dapat Turunkan Imunitas Tubuh
Pada masa pandemi Corona konsumsi makanan sehat sangat penting. Namun pastikan makanan tersebut tidak menurunkan imunitas tubuh.
Bahan Alami Ampuh Membuat Tubuh Wangi Tanpa Parfum
Menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh dan membuatnya menjadi wangi dan segar bisa menggunakan bahan alami. Berikut ini penjelasannya.
0
Bahan Alami Berkhasiat Melancarkan Haid
Kebanyakan perempuan pasti sering mengalami siklus haid yang tidak lancar. Berikut bahan alami yang ampuh melancarkan haid atau menstruasi.