UNTUK INDONESIA
Daftar Makanan dan Minuman Penyebab Sakit Gigi
Tanpa disadari ada beberapa jenis makanan dan minuman yang menjadi penyebab sakit gigi. Berikut daftar makanan dan minuman yang harus dihindari.
Ilustrasi Kopi. (Foto: Pixabay/JanBaby)

Jakarta - Tanpa disadari ada beberapa jenis makanan yang menjadi penyebab sakit gigi. Bila tidak ingin mengalaminya, sebaiknya Anda mengetahui apa saja makanan hingga minuman yang harus dihindari. 

Jangan khawatir, berikut Tagar merangkum dari berbagai sumber mengenai makanan dan minuman penyebab sakit gigi yang harus diketahui. 

1. Buah-buahan Asam

Ilustrasi JerukIlustrasi Jeruk. (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

Buah yang memiliki rasa asam bisa menjadi penyebab sakit gigi. Salah satu buah berasa asam yaitu jeruk. Jika mengonsumsi buah tersebut secara berlebihan tentu dapat mengikis enamel gigi. Vitamin C pada jeruk sangat bermanfaat untuk menjaga kolagen dalam gusi. 

2. Es Batu

Ilustrasi Es BatuIlustrasi Es Batu. (Foto: Pixabay/Bru-nO)

Kebiasaan mengunyah es batu ternyata tanpa disadari berdampak buruk pada kesehatan gigi dan mulut. American Dental Association menyebutkan mengunyah es batu bisa merusak email gigi. Sehingga gigi mudah retak atau patah. Selain itu, memaksa mengunyah es batu yang keras juga bisa menyebabkan gigi rentan copot dan longgar. 

3. Permen Asam

Ilustrasi Permen dan JellyIlustrasi Permen. (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

Makanan yang satu ini memang sudah dikenal sebagai penyebab sakit gigi. Bukan hanya permen berasa manis saja, nyatanya permen asam juga berisiko tinggi merusak kesehatan gigi. 

Kandungan asam pada permen dapat mengikis enamel gigi. Lebih bahaya lagi, jika usai makan permen asam Anda menyikat gigi. Ini justru bisa berdampak pada kerusakan gigi yang lebih parah. Bila enamel gigi sudah pecah, menyikat gigi juga akan sia-sia karena justru akan memperparah dan mengikis enamel tersebut. 

4. Teh dan Kopi

Ilustrasi KopiIlustrasi Kopi. (Foto: Pixabay/JanBaby)

Minum teh dan kopi secara rutin bisa meninggalkan noda pada gigi. Kandungan asam tannic yang ada dalam minuman tersebut bisa mempengaruhi kondisi enamel gigi. 

Bila kedua minuman itu sudah ditambahkan gula akan menyebabkan gigi berlubang. Noda teh dan kopi yang telah menempel tersebut, justru akan mengundang bakteri sehingga ini menjadi penyebab rasa sakit di gigi. 

5. Keripik Kentang 

Ilustrasi Keripik KentangIlustrasi Keripik Kentang. (Foto: Pixabay/avantrend)

Keripik kentang juga bisa menjadi penyebab sakit gigi. Sebab, camilan favorit masyarakat ini memiliki kandungan pati yang nantinya akan diubah menjadi gula. Jika sudah menempel di gigi, nantinya bakteri akan menggerogotinya akibatnya bisa menyebabkan kerusakan gigi. 

Bila tidak ingin sakit gigi, sebaiknya Anda mulai menghindari makanan dan minuman tersebut. Ini bertujuan agar kesehatan gigi Anda tetap terjaga dan terlindungi. []

Baca juga:

Berita terkait
Waspadai, Faktor Penyebab Pori-pori Wajah Membesar
Pori-pori wajah membesar bisa menyebabkan berbagai masalah lainnya. Sehingga penting untuk mengetahui faktornya agar bisa ditangani.
Cara Simpan Sikat Gigi yang Benar Agar Tak Berkuman
Satu di antara menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan cara menyimpan sikat gigi yang benar agar tidak tercemar bakteri atau kuman.
Hati-hati Gigi Berlubang Memicu Sakit Jantung
Gigi berlubang atau gigi karies menyebabkan penyakit sistemik pada seseorang yang bisa masuk ke peredaran darah dan memperburuk kondisi jantung.
0
Daftar Makanan dan Minuman Penyebab Sakit Gigi
Tanpa disadari ada beberapa jenis makanan dan minuman yang menjadi penyebab sakit gigi. Berikut daftar makanan dan minuman yang harus dihindari.