UNTUK INDONESIA
Lima Bahan Alami untuk Memutihkan Gigi Kuning
Tampil cantik dengan gigi putih dan bersih tentu menjadi idaman setiap orang. Berikut bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi.
Ilustrasi gigi putih. (Foto: scitechdaily.com)

Jakarta - Tampil cantik dengan gigi yang putih dan bersih tentu menjadi idaman semua orang khususnya kaum hawa. Tetapi bagaimana dengan gigi yang mulai menguning, tentu dapat mempengaruhi percaya diri seseorang, sehingga dapat menyebabkan rasa minder dan malu. 

Gigi yang menguning biasanya disebabkan oleh timbunan plak karena menumpuknya jaringan ludah dan sisa makanan yang tidak dibersihkan. Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan bahan alami untuk memutihkan gigi agar tampilan gigi terlihat bagus dan kesehatannya tetap terjaga.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkum sejumlah bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi yang menguning.

1. Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak KelapaIlustrasi Minyak Kelapa. (Foto: Pixabay/huyenxu94)

Minyak kelapa bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi dengan cara berkumur. Sebab, bahan alami satu ini dikenal ampuh membunuh bakteri di dalam mulut serta meminimalkan terjadinya peradangan, mencegah plak, dan mengatasi masalah gusi.

Selain untuk bahan kumur-kumur, minyak kelapa bisa digunakan dengan cara mengoleskannya di area gigi. Jika sudah, diamkan selama 15-20 menit agar bakteri yang menempel hilang. Bila ingin hasilnya lebih maksimal, Anda lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

2. Jahe

Jaheilustrasi jahe. (Foto: Pixabay/Couleur)

Jahe menjadi salah satu bahan alami yang paling aman digunakan untuk memutihkan gigi berseri. Sebab, bumbu dapur tersebut mengandung antibakteri yang mampu membersihkan noda kuning di gigi.

Caranya juga tidak sulit, cukup gosokkan jahe langsung ke area gigi secara merata. Lakukan tahap ini secara rutin agar hasilnya tampak lebih maksimal.

3. Cuka Sari Apel

Cuka Apelilustrasi cuka apel. (Foto: lifeofpix.com)

Cuka sari apel juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk pemutih gigi. Ini karena kandungan bahan aktif asam asetat yang dimilikinya mampu membunuh bakteri. Sifat antibakteri inilah yang membantu memutihkan gigi yang kuning.

Ingat, jangan menggunakan cuka sari apel secara berlebihan. Sebab, bahan alami ini bisa menyebabkan enamel pada gigi terkikis sehingga perlu dibatasi penggunaannya.

4. Baking Soda

Ilustrasi Baking SodaIlustrasi Baking Soda. (Foto: Pixabay/evita-ochel)

Baking soda atau soda kue merupakan bahan alami yang bermanfaat untuk memutihkan gigi menguning. Sebab, baking soda memiliki khasiat pemutih alami yang biasa digunakan sebagai pasta gigi komersial.

Cobalah menyikat gigi menggunakan pasta baking soda agar bakteri di dalam mulut berkurang dan noda pada permukaan gigi menjadi lebih bersih.

5. Kulit Jeruk

Kulit Jerukilustrasi kulit jeruk. (Foto: Pixabay/Didgeman)

Selain dagingnya, ternyata kulit dari buah tersebu tidak kalah bermanfaat. Sebab, kulit jeruk bisa dijadikan sebagai bahan untuk memutihkan gigi secara alami.

Tak hanya memutihkan, kulit jeruk juga bisa menjaga kesehatan mulut terutama gigi. Dengan begitu, gigi akan tampak lebih putih dan bersih, serta kesehatannya selalu terjaga.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat gigi tampak lebih putih dan bersih. Selain harganya terjangkau, bahan tersebut tentunya tidak sulit untuk didapatkan. []

Baca Juga:

Berita terkait
Manfaat Kentang untuk Kecantikan Wajah
Kentang menjadi salah satu bahan alami yang bisa dijadikan sebagai alat mempercantik diri. Berbagai permasalahan kulit bisa diatasi dengan kentang.
Manfaat Baking Soda untuk Kulit Wajah
Baking soda memiliki beragam manfaat dalam merawat wajah agar tampak lebih cantik dan berikilau. Berikut ini penjelasannya.
7 Manfaat Air Dingin untuk Kecantikan Kulit Wajah
Air dingin bermanfaat untuk kecantikan wajah. Berikut sejumlah manfaat air dingin yang ampuh untuk mempercantik kulit wajah.
0
Lima Bahan Alami untuk Memutihkan Gigi Kuning
Tampil cantik dengan gigi putih dan bersih tentu menjadi idaman setiap orang. Berikut bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi.