UNTUK INDONESIA
Amankah Ibu Hamil Konsumsi Mi Instan?
Dokter spesialis kandungan dan kebidanan Ardiansjah Dara Sjahruddin mengingatkan para ibu hamil (bumil) tidak makan mi instan secara berlebihan.
Ilustrasi Hamil. (Pixabay/tasha)

Jakarta - Dokter spesialis kandungan dan kebidanan Ardiansjah Dara Sjahruddin mengingatkan para ibu hamil (bumil) untuk menghindari makan mi instan secara berlebihan dan harus mengetahui prosedur makanan tersebut bisa dikonsumsi. 

"Apakah bumil boleh makan mi instan? Jawabannya boleh, cuman ada tapinya. Boleh, tapi ditekankan sekali-sekali dan ini istilahnya jadi makanan camilan. Contohnya dia gak boleh menggantikan mi instan ini sebagai makanan utamanya. Dia gak makan siang, tetapi makan mi instan doang, itu gak boleh karena mi instan gizinya kurang," ujar dr Ardiansjah Dara Sjahruddin melalui Channel YouTube Gue Sehat yang dikutip Tagar, 27 Juli 2020. 

Kalau mi instan itu cenderung tidak terlalu banyak gizinya.

Dokter Ardiansjah mengatakan dalam kondisi hamil kandungan gizi dan nutrisi harus dipenuhi karena ini mempengaruhi pertumbuhan janin. Sehingga, bumil sangat disarankan menjaga makanan termasuk ketika mereka ingin mengonsumsi mi instan. 

"Orang hamil itu perlu makronutrisi dan mikronutrisi. Makronutrisi seperti karbohidrat, protein dan sedikit lemak. Mikronutrisi macam-macamlah di dalamnya ada asam folat, zat besi, kalsium dan segala macamnya. Kalau mi instan itu cenderung tidak terlalu banyak gizinya," kata dia. 

Dia menyarankan bumil harus mengontrol konsumsi mi instan dan jangan jadikan makanan itu sebagai menu utama harian. "Pagi-pagi dia sarapan jam 6, terus sampai kantor jam 9 atau 10, lapar pengen nyoba mie instan ya masih boleh. Cuman siang tetap harus makan, jangan nanti pagi dia makan, siang gak makan siang karena masih kenyang. Sore dia makan mie instan, malam dia gak makan karena masih kenyang, itu gak baik juga," ujar dokter kandungan itu. 

Dokter Ardiansjah menuturkan khusus ibu hamil jangan biarkan lambung kosong karena akan mempengaruhi kesehatan mereka. "Ibu hamil disarankan setiap 4 jam atau 5 jam, ada yang dia masukkan ke mulutnya supaya gak kosong lambungnya karena kalau kosong lambungnya, asam lambungnya naik dia mual," tuturnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Ibu Hamil Harus Waspada di Masa Pandemi Covid-19
Ibu hamil diimbau waspada terhadap risiko terpapar Covid-19, karena di Kabupaten Karawang sudah ada seorang ibu hamil yang terinfeksi virus corona
Risma Minta Ibu Hamil Tak Datang ke Puskesmas
Wali Kota Surabaya melarang ibu hamil untuk memeriksakan kandungan di Puskesmas karena saat ini Puskesmas digunakan untuk Rapid Test.
Jenis Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Saat Haid
Kebanyakan wanita pastinya belum mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi saat haid. Berikut makanan yang tak boleh dikonsumsi.
0
Ini Alasan Hotel Berusia 100 Tahun di Amerika Tutup
Hotel Roosevelt di New York yang telah beroperasi hampir 100 tahun akan tutup karena pandemi virus Corona.