Adu Kuat Calon Ketua DPRD Humbahas 2019-2024

Ada tiga nama yang mencuat ke permukaan, yakni Daniel Banjarnahor, Ramses Lumbangaol dan Kepler Torang Sianturi.
Para anggota DPRD Humbahas periode 2014-2019 di papan pengumuman gedung DPRD Humbahas, Sumatera Utara. (Foto: Tagar/Karmawan Silaban)

Doloksanggul-Pelantikan 25 anggota DPRD Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, baru akan dilakukan pada 30 September 2019 mendatang. Namun siapa yang bakal menjadi Ketua DPRD periode 2019-2024 mulai hangat dibicarakan.

Ada tiga nama yang mencuat ke permukaan, yakni Daniel Banjarnahor, Ramses Lumbangaol dan Kepler Torang Sianturi. Ketiganya merupakan anggota DPRD terpilih dari PDIP.

Sebagaimana diketahui, sesuai penetapan KPU setempat, PDIP menjadi parpol pemenang Pileg 2019 di Humbahas dengan meraih kursi terbanyak yakni sebanyak tujuh, menyusul Partai Golkar lima dan urutan berikutnya Partai Hanura dengan empat kursi.

Peraih suara terbanyak di PDIP diraih oleh Daniel Banjarnahor, yang merupakan pendatang baru di PDIP Humbahas. Namun informasi terakhir, DPD PDIP Sumatera Utara justru memberikan mandat kepada Ramses Lumbangaol sebagai ketua DPRD sementara.

Meski Ramses sudah mendapat mandat, namun di kalangan masyarakat justru nama Daniel Banjarnahor yang menguat bakal menjadi ketua definitif. Selain itu, diperbincangkan juga nama Kepler Torang Sianturi yang merupakan Sekretaris DPC PDIP Humbahas.

Meminta tanggapan soal pemberian mandat ketua sementara kepada Ramses Lumbangaol ini, Ketua PDIP Humbahas Dosmar Banjarnahor dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu 8 September 2019, belum tersambung.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Humbahas Parlindungan D Simamora mengatakan, untuk pimpinan sementara akan ditentukan partai politik bersangkutan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Dari pemenang pertama jadi ketua dan wakil dari pemenang berikutnya sesuai perolehan suara di pileg

Sebelumnya pihak Sekretaris DPRD Humbahas telah menyurati partai politik pemenang pemilu untuk menyerahkan nama calon ketua sementara.

"Kita sudah menyurati parpol yang bersangkutan untuk merekomendasikan pimpinan sementara. Nanti ketua dan wakil sementara akan bertugas pada sidang pertama," sebut Parlindungan.

Ketua DPRD Humbahas saat ini, Manaek Hutasoit kepada wartawan menyebut, merujuk Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2018, ketua dan wakil ketua definitif diputuskan oleh pimpinan partai politik sesuai urutan mulai dari pemenang pertama sampai pemenang ke tiga.

"Dari pemenang pertama jadi ketua dan wakil dari pemenang berikutnya sesuai perolehan suara di pileg. Hanya saja, untuk wakil pimpinan dari Partai Golkar, belum ada nama yang diserahkan," katanya.

Berikut tiga parpol peraih suara terbanyak Pileg 2019 di Humbahas:

PDI P meraih 7 kursi

1. Daniel Banjarnahor

2. Ramses Lumban Gaol

3. Jamanat Sihite

4. Kepler Torang Sianturi

5. Tingkos Martua Silaban

6. Masria Sinaga

7. Minter Hulman Tumanggor.

Partai Golkar meraih 5 kursi

1. Marolop Manik

2. Marolop Situmorang

3. Bantu Tambunan

4. Manaek Hutasoit

5. Laston Sinaga.

Partai Hanura meraih 4 kursi

1. Roberto Simanullang

2. Labuan Sihombing

3. Martini Purba

4. Sanggul Rosdina Manalu. []

Berita terkait
DPRD Humbahas Segera Dilantik, 2 Parpol Unsur Pimpinan
Sebanyak 25 anggota DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan dilantik pada 30 September 2019.
28 Pejabat ASN Humbahas Dilantik
Sebanyak 28 pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dilantik.
Timses Caleg PDIP Humbahas Segera Diadili
HBS warga Desa Siponjot, Humbahas, segera diadili di Pengadilan Negeri Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.