Putra Parlilitan Humbahas jadi Sekjen HKBP 2020-2024

Sinode Agung HKBP ke-65 di Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut, sudah merampungkan pemilihan pimpinan HKBP periode 2020-2024.
Pdt Victor Tinambunan bersama istri dan kedua anaknya. (Foto: Tagar/Facebook)

Medan - Sinode Agung HKBP ke-65 di Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut, sudah merampungkan pemilihan pimpinan HKBP periode 2020-2024.

Sinode Agung yang digelar sejak 10-13 Desember 2020 itu diikuti tak kurang seribuan peserta sinodestan yang memiliki hak suara untuk memilih ephorus, sekretaris jenderal, dan tiga kepala departemen, yakni diakonia, marturia, dan koinonia.

Selengkapnya mereka yang dipilih, yakni Ephorus HKBP dijabat Pdt Dr Robinson Butar-butar, Sekjen Pdt Dr Victor Tinambunan, Kepala Departemen Koinonia Pdt Dr Deonal Sinaga, Kepala Departemen Marturia Pdt Kardi Simanjuntak, dan Kepala Departemen Diakonia Pdt Debora Purada Sinaga.

Sekjen HKBP periode 2016-2020, yakni Pdt David Sibuea digantikan oleh Pdt Victor Tinambunan, yang menjabat empat tahun ke depan.

Baca juga: Robinson Butar-butar Terpilih jadi Ephorus HKBP 2020 - 2024

Dikutip dari akun Facebooknya, Pdt Victor tampaknya merupakan putra atau kelahiran Parlilitan, sebuah kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Menjalani pendidikan SD di Siringoringo, SMP di Parlilitan, SMA di Tarutung, dan menamatkan sekolah teologi di STT HKBP Kota Pematangsiantar.

Saya mempersembahkan hidup dan karunia, yang Tuhan anugerahkan kepada saya untuk melayani sebagai Sekretaris Jenderal HKBP

Selepas dari STT HKBP, Pdt Victor mengambil S2 di Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta, dan menyelesaikan S3 di Singapura.

Setamat dari STT HKBP, Pdt Victor ditahbiskan sebagai pendeta pada 26 Desember 1991, dan sebelumnya sempat menjalani praktik sejak 1989-1990 di Kantor Pusat HKBP di Pearaja, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

Pdt Victor juga pernah menjabat Ketua STT HKBP Pematangsiantar sejak 2015 hingga 2019 dan pernah menjabat Ketua Komisi Liturgi HKBP sejak 2012-2016.

Baca juga: Formasi Lengkap Pimpinan HKBP 2020 - 2024 Hasil Sinode Godang

Dari buah pernikahannya dengan Tima Warni Pangaribuan, Pdt Victor memiliki dua anak, satu perempuan sedang studi di Malaysia dan bungsu seorang pria, pelajar SMA di Kota Pematangsiantar.

Dalam bagian flyer yang diunggah di akun Facebooknya, Pdt Victor menuliskan, jika Tuhan berkehendak dan peserta Sinode Godang berkenan memilih, "saya mempersembahkan hidup dan karunia, yang Tuhan anugerahkan kepada saya untuk melayani sebagai Sekretaris Jenderal HKBP 2020-2024," tulisnya.

Pdt Victor juga menuliskan keinginannya untuk mewujudkan transformasi Sekretariat Jenderal dengan memadukan spiritual, intelektual, dan digital dalam penatalayanan.[]


Berita terkait
HKBP Tolak Upaya PT DPM Merelokasi Gereja di Dairi
HKBP menegaskan tidak setuju dengan upaya PT Dairi Prima Mineral (PT DPM) merelokasi gereja HKBP Sikhem di Dairi.
PT DPM Bakal Gusur Gereja HKBP di Dairi demi Pembuangan Limbah
Perusahaan tambang PT DPM berencana merelokasi gereja HKBP di Kabupaten Dairi, demi membangun pembuangan limbah beracun.
Ketika Gereja Ortodoks Yunani Berhadapan dengan Pandemi
Keuskupan Ortodoks Yunani awalnya mencibir dan memusuhi protokol kesehatan, kini mereka berhadapan dengan realitas pandemi
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.