UNTUK INDONESIA
Abai Protokol C-19 Kudus, Uji Nyali di Kamar Jenazah
Plt Bupati Kudus HM Hartopo merencanakan sanksi tambahan bagi yang bandel langgar protokol Covid-19. Yakni masuk kamar jenazah.
Plt Bupati Kudus HM Hartopo mewacanakan hukuman masuk kamar jenazah jika warganya tetap bandel melanggar protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. (Foto: Tagar/Nila Niswatul Chusna)

Kudus - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo berencana akan memberikan sanksi masuk kamar jenazah bagi masyarakat yang bandel melanggar protokol kesehatan. Hal tersebut disampaikannya dalam acara Penanaman Pohon dan Penaburan Benih Ikan di Waduk Logung, Rabu, 9 September 2020.

"Itu baru wacana. Tapi kalau memang sanksi denda, kerja sosial maupun administrasi yang kami berikan tidak terlalu berdampak signifikan, itu jadi alternatif lain," kata Hartopo saat ditemui awak media usai acara.

Kalau memang sanksi denda, kerja sosial maupun administrasi yang kami berikan tidak terlalu berdampak signifikan, itu jadi alternatif lain.

Menurutnya, rencana ini telah disampaikan kepada jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kudus. da. Sekali lagi, Hartopo menegaskan sanksi tambahan ini diberikan jika sanksi yang sudah ada tidak cukup memberikan efek jera pada masyarakat.

Hartopo menyebut hingga saat ini pelanggaran protokol kesehatan di Kudus rata-rata mencapai 50 hingga 60 orang pelanggar. "Hingga hari ini jumlahnya cukup banyak dan sudah diantisipasi semua," ujar dia. 

Baca lainnya: 

Satpol PP Kudus mencatat dalam sepekan terakhir ada sekitar 985 pelanggar protokol kesehatan, yakni tidak mengenakan masker. Sebanyak 801 pelanggar di antaranya diberi sanksi kerja sosial, 182 orang dan dua pelaku usaha memilih sanksi denda. []

Berita terkait
Sepekan Razia Masker, 985 Warga Kudus Kena Sanksi
985 warga di Kudus disanksi karena tak pakai masker dan langgar protokol kesehatan lain. Mayoritas pilih hukuman sosial menyapu di area publik.
Batal Tatap Muka, Siswa SDN di Kudus PTS Luring
Pemkab Kudus membatalkan pelaksanaan penilaian tengah semester bagi siswa SD. Pelaksanaan penilaian tengah semeste.
2 ASN dan Puluhan Warga Kudus Terjaring Razia Masker
Dua ASN dan puluhan warga Kudus terjaring razia masker. Ada yang kena teguran, dihukum denda, hingga sanksi sosial.
0
Terawan Lantik Prof. Abdul Kadir Sebagai Dirjen Yankes
Menteri kesehatan Terawan Agus Putranto lantik Prof. Abdul Kadir sebagai Dirjen Pelayanan Kesehatan.