Pemerintah Kota Makassar

4 Cara Efektif untuk Memulai Bisnis Online

Saat ini, internet merupakan pusat bagi banyak bisnis unik yang tumbuh dengan strategi baru yang berbeda.
Ilustrasi bisnis online (Foto: Tagar/Pixels/Kaboompics.com)

Jakarta - Internet telah tumbuh menjadi salah satu pasar terbesar di dunia. Sekarang ini, membuka suatu usaha tidak lagi perlu untuk menyewa tempat atau ruko. Karena saat ini, internet merupakan pusat bagi banyak bisnis unik yang tumbuh dengan strategi baru yang berbeda, dan membutuhkan komitmen, kesabaran, dan ketekunan untuk mempertahankannya.

Namun, dalam prakteknya juga tidak semudah yang Anda bayangkan, ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat menjalani bisnis online. Anda mungkin juga akan banyak menghabiskan banyak waktu di depan komputer. Berikut adalah cara memulai bisnis online yang tepat.


1. Bangun situs web

Situs web Anda akan menjadi hal pertama yang dilihat orang saat mereka berkunjung sebelum membeli atau sekedar melihat-lihat, dan begitulah cara prospek dan pelanggan mengetahui siapa Anda. Jika situs web Anda dirancang dengan buruk atau tidak dioptimalkan untuk membukanya perangkat seluler, maka Anda kehilangan banyak calon peminat. Anda juga dapat kehilangan pengunjung karena kesulitan saat membuka halaman yang tidak teratur.


2. Gunakan SEO untuk hasil maksimal

Mesin pencari seperti Google mencari kata kunci yang dicari orang ketika mereka menginginkan produk tertentu, jadi semakin banyak kata kunci tersebut diterapkan ke situs Anda dan kontennya maka akan semakin mudah bagi pengguna untuk menemukan produk Anda. Mengoptimalkan tata letak Anda dan memiliki konten dan gambar yang menarik dan terkait dengan kata kunci tertentu dapat membuat semakin banyak jumlah pengunjung yang menemukan situs Anda.


3. Membangun media sosial yang baik

Bagian besar dari kesuksesan bisnis apa pun saat ini adalah bagaimana mereka memanfaatkan jangkauan luas secara online. Platform media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter telah menjadi alat yang sangat berharga untuk bisnis besar dan kecil saat ini. Dengan mempelajari cara menggunakan media sosial secara efektif, Anda dapat meningkatkan pengikut, mendapatkan banyak pengunjung baru setiap minggu, dan bahkan memengaruhi jumlah pesanan oleh pengikut baru Anda.


4. Gunakan metode periklanan dengan tepat

Google AdWords, Iklan Instagram, iklan Facebook dan masih banyak cara lainnya bagi Anda untuk memasarkan bisnis Anda secara online. Dengan begitu banyaknya pilihan yang tersedia untuk bisnis saat ini, periklanan bisa sangat membuat frustrasi jika dilakukan dengan cara yang salah. Namun, ini juga merupakan alat hebat yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis menjadi sesuatu yang lebih besar bahkan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Banyak bisnis gagal memanfaatkan internet sebagai alat pemasaran karena mereka tidak memiliki cukup waktu atau uang untuk berinvestasi dalam strategi online yang dapat membantu mereka berkembang dalam jangka panjang. Anda harus tetap up-to-date dengan perubahan yang dapat menguntungkan perusahaan. Anda tidak akan pernah menemukan kesuksesan jika Anda menolak untuk berubah. []

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga 

Berita terkait
Kelebihan dan Kekurangan Skema Dropship dalam Bisnis Online
Jika Anda ingin berkecimpung dalam bisnis online tetapi tidak ingin mengalami kerugian, anda dapat memilih menjadi dropsipper.
Kamu Perlu Lakukan 5 Tips Ini Sebelum Memulai Bisnis Online
Memulai bisnis online saat ini memang menjadi pilihan banyak orang dalam mendapatkan uang.
Belasan Warga Sumut Tertipu Bisnis Online Bodong
Belasan korban bisnis online bodong melapor ke Polda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan.
0
4 Cara Efektif untuk Memulai Bisnis Online
Saat ini, internet merupakan pusat bagi banyak bisnis unik yang tumbuh dengan strategi baru yang berbeda.