Wedang Ronde Pelangi, Minuman Penghangat Badan

Wedang ronde pelangi ini memiliki beragam warna yang ceria, cocok untuk mencerahkan Mood agar tak Gloomy seperti suasana hujan.
Wedang Ronde. (Foto: Tagar/Beepdo)

Jakarta - Jika biasanya wedang ronde nampak membosankan dengan isian ronde yang berwarna putih kecoklatan, kali ini cobalah untuk membuatnya sedikit berbeda dan tentu lebih menggugah selera.

Sesuai namanya, ronde di sajian wedang ronde pelangi ini memiliki beragam warna yang ceria, cocok untuk mencerahkan mood agar tak gloomy seperti suasana hujan.

Berdasarkan sumber Sayurbox, untuk bahan ronde pelangi, siapkan tepung ketan, tepung tapioka, garam, pewarna makanan sesuai selera, air, dan kacang tanah yang telah ditumbuk bersama gula pasir. Sementara untuk wedangnya, siapkan jahe merah, air, serai, daun pandan, garam, serta gula aren.

Cara membuatnya, pertama rendam jahe di air selama kurang lebih 30 menit untuk membersihkan tanah-tanah yang menempel di jahe. Bila perlu, sikat perlahan dan bilas beberapa kali sampai bersih. Geprek jahe dan sisihkan.

Siapkan panci, kemudian rebus semua bahan wedang dengan api sedang selama kurang lebih 20 menit hingga mendidih dan wangi, kemudian matikan api.

Langkah berikutnya adalah membuat ronde pelangi. Aduk rata tepung tapioka, tepung ketan serta garam. Tuangkan air sedikit demi sedikit hingga adonan padat. Uleni hingga kalis, kemudian pisahkan adonan di beberapa wadah untuk diberi pewarna yang berbeda.

Pipihkan adonan yang telah diberi warna, isi dengan kacang tanah lalu bulatkan. Lakukan ke semua adonan ronde dengan warna berbeda. Setelah semua adonan dibentuk bulat, rebus di air mendidih hingga terapung. Angkat, lalu sisihkan.

Ambil mangkuk, tuangkan wedang dan masukkan ronde pelangi. Apabila suka, kamu bisa menambahkan topping berupa taburan kacang tanah yang telah dihancurkan. Sajikan selagi hangat. []


Baca juga


Berita terkait
Resep Sehat Jamu Kunyit Asam
Jamu kunyit asam ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi keputihan bagi wanita.
Resep Membuat Wedang Jahe untuk Menghangatkan Tubuh
Wedang jahe merupakan minuman herbal yang hingga hari ini masih dikonsumsi masyarakat karena memiliki khasiat untuk kesembuhan penyakit.
Teh Jahe Cincau, Minuman Tepat Temani Pergantian Tahun
Hawa dingin kerap menyelimuti pergantian tahun. Tubuh butuh yang kehangatan. Teh jahe cincau jadi teman yang tepat. Ini resep dan cara bikinnya.
0
Wedang Ronde Pelangi, Minuman Penghangat Badan
Wedang ronde pelangi ini memiliki beragam warna yang ceria, cocok untuk mencerahkan Mood agar tak Gloomy seperti suasana hujan.