UNTUK INDONESIA

Teh Jahe Cincau, Minuman Tepat Temani Pergantian Tahun

Hawa dingin kerap menyelimuti pergantian tahun. Tubuh butuh yang kehangatan. Teh jahe cincau jadi teman yang tepat. Ini resep dan cara bikinnya.
Teh jahe cincau saat siap disajikan. (Foto: Instagram/tastemadeindonesia)

Jakarta – Semakin mendekati hari pergantian tahun, rencana melakukan beberapa hal kegiatan perayaan malam tahun baru di rumah bersama keluarga menjadi pilihan untuk tetap eksis dan melindungi diri dari virus Covid-19. Meskipun hanya sekedar makan dan minum, mungkin ini dapat menjadi waktu yang tepat untuk quality time bersama di rumah.

Bagi yang tidak terbiasa tidur larut malam, tubuhnya akan merasakan hawa dingin saat menunggu waktu pergantian tahun. Teh jahe cincau dapat menjadi solusi yang tepat menemani penantian waktu tersebut. Selain dapat menghangatkan tubuh, teh ini juga memiliki khasiat yang bagus, loh.

Baca Juga:

Kandungan yang terdapat dalam teh itu sendiri lebih baik dibandingkan mengkonsumsi kopi pada malam hari. Lalu khasiat jahe di dalamnya tentu tidak perlu diragukan lagi. Sementara itu, topping cincau sangat baik dalam pencegahan kanker usus, pengobat panas dalam, penurun darah tinggi, dan yang terpenting tidak memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Teh Jahe CincauProses cincau hijau yang masih berbentuk lembaran daun diremas dalam air matang. (Foto: Instagram/tastemadeindonesia)

Berikut resep mudah menyajikan teh jahe cincau untuk 4 porsi yang dilansir oleh Tagar dari Tastemade. Pertama, menyiapkan cincau hijau yang masih berbentuk daun terlebih dahulu. bilas bersih 15 lembar daun cincau hijau dengan air, lalu keringkan. Masukkan daun cincau ke dalam mangkuk yang berukuran besar, lalu tuangkan air matang sebanyak 300 ml, dan remas hingga daun cincau tersebut mengeluarkan isinya yang berbentuk jelly.

Selanjutnya, pindahkan hasil air remasan daun cincau ke dalam wadah cetakan sambil ditiriskan atau disaring dan dinginkan sampai bentuknya mengeras. Sambil menunggu cincau tersebut mengeras, beralih kepada bahan selanjutnya yaitu jahe. Ambil dua ruas jahe yang telah dibakar lalu kupas dan iris.

Baca Juga:

Sediakan panci untuk merebus air sebanyak 500 ml hingga mendidih, lalu masukkan jahe yang telah diiris tersebut dan tunggu hingga sari pada jahe keluar. Setelah menunggu rebusan jahe, seduh teh hitam sebanyak 1 sendok makan dengan air jahe yang sudah tidak terlalu mendidih, dengan perkiraan suhunya sekitar 70℃.

Kemudian siapkan beberapa cangkir atau gelas saji, dan beri 2 sendok makan madu didalamnya. Masukkan potongan cincau yang telah mengeras dalam gelas, dan tuangkan teh yang sudah diseduhkan bersama air jahe hangat tadi. Minuman teh jahe cincau pun siap untuk dinikmati sebagai teman penghangat tubuh. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Resep Kue Cubit, Camilan di Rumah
Kue Cubit merupakan jajanan legendaris tradisional yang populer di Jakarta dan sekitarnya, berikut resep dan cara membuatnya.
5 Resep Olahan Talas yang Enak dan Kaya Akan Nutrisi
5 ragam resep olahan dari talas yang tidak hanya lezat namun juga kaya nutrisi.
Resep Soto Ayam Sabtu-Minggu Ibu Asyhar
Soto ayam merupakan salah satu kuliner khas Indonesia. Berikut resep soto ayam Sabtu-Minggu ala Ibu Asyhar.
0
Teh Jahe Cincau, Minuman Tepat Temani Pergantian Tahun
Hawa dingin kerap menyelimuti pergantian tahun. Tubuh butuh yang kehangatan. Teh jahe cincau jadi teman yang tepat. Ini resep dan cara bikinnya.