UNTUK INDONESIA
Waspadai, Tanda-tanda Kanker Payudara Mulai Menyerang
Kanker payudara salah satu penyakit yang sering membuat para wanita ketakutan. Sebab, penyakit ini bisa membawa dampak kematian. Berikut ulasannya.
Ilustrasi Kanker Payudara. (Foto: ubc news)

Jakarta - Kanker payudara salah satu penyakit yang sering membuat para wanita ketakutan. Sebab, penyakit ini bisa membawa dampak pada kematian. Memang sebenarnya tanda-tanda gejala kanker payudara bisa dirasakan, tetapi sayangnya banyak yang sering mengabaikannya. 

Inilah yang menjadi penyebab penanganan dan pengobatan kanker payudara terlambat karena sel-sel kanker berkembang dengan cepat. Mungkin kebanyakan kaum hawa sekarang ini hanya mengetahui gejala kanker payudara ditandai dengan benjolan di area payudara atau dekat ketiak. Padahal, mereka tidak tahu ada gejala lain yang juga perlu diwaspadai. 

Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber mengenai sejumlah tanda-tanda kanker payudara yang harus diwaspadai dan tidak boleh diabaikan. 

1. Benjolan di Payudara

Gejala awal yang harus diwaspadai yaitu adanya benjolan. Selain ada di area payudara, benjolan juga bisa muncul di area sekitar ketiak dan dada.

Ingat sel kanker dapat menyebar lewat kelenjar getah bening yang ada di sekitar payudara tepatnya di bawah lengan ke area sekitarnya. Memang terkadang benjolan itu tidak bisa dilihat dengan kasat mata, namun bisa Anda rasakan ketika disentuh. Jadi, ada baiknya Anda rutin memeriksa dan menyentuh payudara saat mandi dan lihat bagaimana kondisinya. 

2. Puting Mengeluarkan Cairan

Gejala ini tidak boleh diabaikan karena akan fatal jika dibiarkan begitu saja. Jika puting sudah mengeluarkan cairan kental, Anda perlu konsultasikan segera ke dokter. Cairan yang keluar tersebut biasanya berwarna bening, kuning, hijau, serta merah seperti darah.

Cairan inilah yang menandakan Anda terkena kanker payudara. Tetapi untuk memastikannya, Anda bisa bertanya kepada dokter yang ahli dibidang penyakit tersebut. Namun, jangan keburu khawatir dahulu ternyata ada penyakit lainnya yang bisa menyebabkan cairan tersebut bisa keluar, seperti infeksi payudara, efek samping minum obat, efek samping Pil KB, atau penyakit Tiroid.

3. Nyeri di Area Payudara atau Puting

Penyakit ganas ini akan menyerang sel-sel kulit, sehingga payudara terasa nyeri bila disentuh atau ditekan. Jika rasa sakit itu muncul, Anda akan merasakan sensasi panas seperti terbakar di area payudara. Ini bisa terjadi meski payudara tidak disentuh.

4. Payudara Besar Sebelah

Memang ukuran payudara kiri dan kanan wanita tidak sama persis. Tetapi, bila Anda melihat payudara membesar sebelah tidak seperti biasanya, ini yang harus diwaspadai karena ada kemungkinan itu menjadi gejala kanker. 

Bila salah satu payudara ada benjolan tentu akan terlihat membengkak dan posisinya menurun dari sisi payudara lainnya. Disarankan bagi Anda yang merasakan pembengkakan di payudara, segeralah periksakan ke dokter. 

5. Kulit Payudara Berubah

Perubahan tekstur kulit payudara tentu bisa menjadi gejala awal kanker payudara yang tidak boleh diabaikan. Biasanya, sel kanker akan menyerang sel kulit payudara sehingga tekstur aslinya berubah. 

Biasanya gejala yang satu ini kerap diabaikan oleh kaum hawa karena banyak menyebutnya dengan infeksi kulit. Perubahan kulit payudara yang disebabkan kanker itu ditandai sebagai berikut:

  • Kulit payudara berlubang-lubang seperti kulit jeruk. Ini terjadi karena diakibatkan pembuluh getah bening yang ada di bawahnya tertarik sampai mengerut.  
  • Kulit yang mengalami perubahan tekstur biasanya akan terasa gatal.
  • Area kulit menebal di sekitar payudara.

6. Puting Susu Masuk ke Dalam

Sel kanker akan menyerang sel belakang puting. Akibatnya, puting susu masuk ke dalam. Padahal pada umumnya, puting susu yang normal selalu menonjol keluar. Bila gejala ini Anda rasakan, jangan takut untuk memeriksakan ke dokter supaya mendapatkan penanganan dengan cepat. []

Baca juga:

Berita terkait
Lima Cara Sederhana Kurangi Risiko Kanker
Kanker salah satu penyakit paling menakutkan di dunia, ternyata ada langkah sederhana untuk meminimalisir terkena kanker.
Cara Efektif Hilangkan Ketakutan Pengidap Kanker
Ahli Hematologi Onkologi Medik RSCM menyebutkan pentingnya edukasi bagi penderita kanker untuk melakukan pengobatan secara medis.
Pasien Kanker Berisiko Besar Terinfeksi Covid-19?
Covid-19 disebut mudah menyerang orang yang memiliki imun yang lemah, lantas bagaimana dengan penderita kanker? Berikut penjelasannya.
0
Waspadai, Tanda-tanda Kanker Payudara Mulai Menyerang
Kanker payudara salah satu penyakit yang sering membuat para wanita ketakutan. Sebab, penyakit ini bisa membawa dampak kematian. Berikut ulasannya.