UNTUK INDONESIA
Tips Merawat Kesehatan Payudara untuk Cegah Kanker
Merawat kesehatan payudara sangat penting untuk terhindar dari penyakit kanker. Berikut ulasannya.
Ilustrasi Payudara. (Foto: Pixabay/DzeeShah)

Jakarta - Merawat kesehatan payudara sangat penting diperhatikan oleh kaum hawa supaya terhindar dari kanker. Hal itu tidak boleh disepelekan karena jenis penyakit ini berisiko terhadap nyawa seseorang. 

Berikut Tagar rangkumkan tips merawat payudara yang diperoleh dari berbagai sumber. 

1. Banyak Konsumsi Sayur dan Buah

Konsumsi sayur dan buah secara rutin bisa membantu menghindari risiko penyakit kanker payudara. Sudah saatnya bagi perempuan mulai memperhatikan asupan makanan, sebab hal itu dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, terutama payudara.  

Disarankan untuk kaum hawa mulai memperbanyak konsumsi sayuran dan buah yang mengandung karotenoid dan flavonoid. Sebab, kedua senyawa itu termasuk dalam antioksidan yang mampu mencegah kanker payudara. 

Sebaiknya, para wanita sudah mulai makan sayuran hijau, brokoli, bawang merah, terong, wortel, tomat, jeruk, apel, dan buah sitrus lainnya. Makanan ini bisa dikonsumsi setiap hari sebagai salah satu alternatif menghindari penyakit mematikan itu. 

2. Olahraga

Dilansir dari Self, American Cancer Society mengajak seluruh wanita menjalankan aktivitas olahraga aerobik minimal 150 menit seminggu. Hal itu bertujuan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit apa pun. 

Jenis olahraga lainnya juga bisa dijalankan, tetapi harus dilakukan dengan konsisten dan rutin. Cara ini menjadi salah satu solusi bagi Anda untuk merawat kesehatan payudara.

Olahraga juga berfungsi mengencangkan payudara sehingga dapat memperindah penampilan kaum hawa. Bahkan, jika dijalankan dengan rutin juga dapat menurunkan produksi hormon estrogen yang disebut-sebut sebagai pemicu kanker. 

3. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup juga salah satu cara merawat kesehatan payudara. Sehingga, disarankan para wanita menghentikan kebiasaan tidur terlalu malam atau begadang. 

Bila tidur larut malam, tubuh akan terpapar cahaya lampu kamar dan handphone terlalu lama, sehingga dapat mengganggu produksi hormon melatonin. Akibatnya, dapat meningkatkan kadar estrogen sebagai pemicu kanker yang akan menyerang tubuh. 

Menghindari risiko itu, sebaiknya mulai menjaga kualitas tidur selama tujuh hingga delapan jam. Hal itu berguna untuk menjaga keadaan hormon tetap stabil. Dengan begitu, payudara akan sehat dan kencang, meski usia semakin bertambah. 

4. Mamografi

Mamografi sebagai suatu solusi yang bisa dilakukan kaum hawa untuk merawat kesehatan payudara. Cara ini bisa mendeteksi ada tidaknya sel kanker dalam tubuh. 

Mamografi dilakukan dengan prosedur medis yang menggunakan radiasi sinar X dosis rendah pada payudara. Cara ini tidak boleh dilakukan sembarangan, namun dianjurkan mamografi dilakukan setiap satu hingga dua tahun sekali. 

Sebaiknya cara ini dijalankan oleh wanita berusia 50 sampai 74 tahun. Namun, kaum hawa yang mulai menginjak usia 40 tahun juga bisa melakukan pemeriksaan tersebut agar mencegah kanker payudara sedini mungkin. 

5. Menggunakan Bra dengan Benar

Kaum hawa tidak boleh menyepelekan penggunaan bra. Sebab, hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan payudara. Jika salah memilih ukuran bra, tentu akan berdampak pada ketidaknyamanan Anda mengenakannya. 

Sebaiknya, hindari menggunakan bra berukuran ketat yang bisa menyebabkan kondisi payudara sulit bernapas dan kekurangan ruang. Namun, pastikan bra yang Anda pakai nyaman dan sesuai ukuran agar tidak berisiko terhadap kesehatan payudara. 

Hal lain yang juga harus diperhatikan, yaitu mengganti bra jika sudah tidak nyaman dikenakan. Dengan melakukan langkah ini, tentu Anda bisa terhindar dari kanker payudara. 

6. Hindari Stres

Stres juga bisa menjadi pemicu penyakit kanker payudara. Biasanya seseorang yang mengalami kondisi ini, pasti selalu melakukan hal-hal yang berisiko pada kesehatan tubuhnya, seperti merokok, minum alkohol, hingga makan berlebihan. 

Memang kebiasaan itu bisa menenangkan pikiran dan bebannya. Tetapi, siapa sangka justru hal tersebut bisa menjadi penyebab penyakit mematikan itu menyerang tubuh mereka. 

University of Pittsburgh Medical Center Healthy Lifestyle Program mempunyai cara untuk menghindari stres, di antaranya:

- Atur pernapasan

Jika Anda dalam kondisi stres, tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan buang secara perlahan dari mulut. Hal ini dilakukan untuk mengatur gelombang otak menjadi lebih stabil dan tenang. 

- Ucapkan Kalimat Positif

Cara ini juga bisa jadi solusi untuk menghindari stres yang sedang menimpa seseorang. Jika mengalami kondisi itu, segeralah mengucapkan kata-kata positif yang dapat membangun kembali semangat Anda. Bahkan, hal itu bisa menjadi mantra untuk bisa membantu keadaan semakin lebih nyaman dan tenang. 

- Menonton Film Komedi

Menonton film komedi juga bisa mengatasi stres seseorang dan cara ini bisa memberikan dampak positif untuk kesehatan. Ketika menyaksikan film komedi, Anda akan tertawa dan itu akan mempengaruhi area otak menekan kadar stres dalam tubuh.

Jadi tidak ada salahnya bila mengalami kondisi stres, Anda melakukan cara ini supaya tidak berakibat buruk pada kesehatan tubuh, terutama payudara. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Bikin Pembersih Wajah Alami Tanpa Efek Samping
Dengan bahan alami, setiap orang bisa membuat pembersih wajahnya sendiri dengan cara yang sangat mudah dan praktis.
Tips Membersihkan Wajah dengan Baik agar Tetap Sehat
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Dokter Eddy Karta membagikan tips membersihkan wajah dengan benar dan tetap sehat. Berikut ulasannya.
Tips Merawat Bibir Agar Terlihat Menggoda
Ingin merawat bibir secara alami sangatlah mudah. Berikut tips sederhana merawat bibir agar terlihat menggoda dan memukau.
0
Perjanjian Damai Batal, AS Gempur Taliban
AS melancarkan serangan udara pertama ke milisi Taliban di Afganistan Rabu (4/3/2020). Perjanjian damai antara keduanya batal.