UNTUK INDONESIA
Lima Cara Sederhana Kurangi Risiko Kanker
Kanker salah satu penyakit paling menakutkan di dunia, ternyata ada langkah sederhana untuk meminimalisir terkena kanker.
Ilustrasi kiat sederhana kurangi risiko kanker (Foto: obrienspharmacy)

Jakarta - Kanker merupakan penyakit mematikan yang ditakuti semua orang. World Health Organization (WHO) mencatat, ada sekitar 18,1 juta kasus kanker baru, dan 9,6 juta kematian terjadi di tahun 2018.

Gaya hidup salah satu penyebab penyakit ini bisa berkembang di tubuh manusia. Nah, Tagar bakal bagikan langkah sederhana untuk meminimalisir terkena kanker.

1. Makan sehat

Pola makan sehat bisa membantu mencegah risiko kanker. Cara yang paling sederhana, dengan memilih bahan makanan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Mengonsumsi sayur, buah, gandum, serta kacang-kacangan bisa menjadi pilihan guna meminimalisir meningkatnya risiko kanker. Dianjurkan untuk mengurangi menyantap daging olahan, karena bisa membuat beberapa jenis kanker berkembang.

Selain itu, waktu makan juga perlu menjadi perhatian khususnya saat malam hari, hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi terlalu malam tidak dicerna dengan baik oleh tubuh, dua jam sebelum tidur menjadi pilihan yang tepat.

2. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan menjadi salah satu faktor penting untuk menurunkan risiko terjangkitnya berbagai penyakit yakni prostat, paru-paru, usus besar, dan ginjal.

Melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga dipercaya bisa membantu meminimalisir hal tersebut dan bisa membuat tubuh tetap ideal.

Seseorang perlu melakukan aktivitas sedang selama 150 menit, atau 75 menit aktivitas fisik berat dalam kurun waktu seminggu. Dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya.

3. Hindari Tembakau

Mengonsumsi tembakau, seperti merokok bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Berkaitan dengan sejumlah tipe kanker, seperti tenggorokan, paru-paru, ginjal, serviks, dan lain-lain.

Berhenti mengonsumsi tembakau dalam berbagai bentuk menjadi langkah yang tepat untuk pencegahan kanker.

4. Mengurangi Alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko beragam jenis kanker, seperti kanker payudara, tenggorokan, mulut, hati, dan yang lainnya.

Semakin banyak alkohol masuk ke dalam tubuh, akan semakin tinggi risikonya. Dianjurkan untuk mengonsumsi alkohol sesuai dengan takaran yang sesuai.

Contohnya, untuk laki-laki tidak lebih dari dua loki, sedangkan wanita tidak lebih dari satu loki dalam jangka waktu satu hari.

5. Memeriksakan Diri

Memeriksakan diri ke dokter sangat berguna untuk mencegah terserang berbagai jenis kanker, seperti kanker kulit, serviks, payudara, dan usus. Karena bila dideteksi sejak dini, tingkat penyembuhan akan lebih tinggi []

Berita terkait
Khasiat dan Cara Penggunaan Pohon Pule
Pohon Pule saat ini tengah populer saat Pemprov DKI menjadikannya sebagai pohon Mahoni yang telah ditebang di Monas.
Tips Menjaga Kesegaran Sayuran Saat Proses Memasak
Kesegaran sayuran bisa dijaga saat proses memasak, trik yang tepat perlu dilakukan untuk mempertahankan warna dari sayuran.
Jenis dan Gejala Penyakit Paru yang Mengintai
Penyakit paru-paru memiliki beragam jenis dengan gejala yang berbeda. Berikut ulasannya.
0
Polisi di Medan Gerebek Kampung Narkoba
Polisi melakukan penggerebekan area peredaran narkoba di Kota Medan. Barang bukti yang dibawa mesin jackpot.