UNTUK INDONESIA
Waspadai Penyebaran Virus Corona Lewat Jalur Pos
Kementerian Kominfo mengimbau kepada penyelenggara pos agar mengantisipasi penyebaran virus corona melalui pengiriman barang lewat pos.
Ilustrasi virus corona baru atau 2019-nCoV (Foto: Pixabay)

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mengimbau kepada penyelenggara pos agar mengantisipasi penyebaran virus corona atau Novel Coronavirus (Covid -19) melalui pengiriman barang lewat pos.

"Penyelenggara Pos diharapakan melakukan identifikasi yang dibutuhkan terhadap barang-barang kiriman pos, khususnya dari China dan Hongkong, serta negara-negara yang telah terdampak Novel Coronavirus," kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu melalui keterangan resmi di Jakarta, dikutip dari Antara, Sabtu, 15 Februari 2020.

Imbauan itu berdasarkan tembusan bersama antara Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kominfo, Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Kepala Badan Karantina serta Pelaksana Tugas Direktur Pengendalian Pos dan Informatika.

Ferdinandus berharap kiriman barang impor untuk menerapkan standar operasional prosedur (SOP) dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Direktorat Pos Kementerian Kominfo juga meminta penyelenggara pos untuk tidak melakukan pengiriman barang yang telah dilarang berdasarkan kebijakan yang dikeluarkan oleh kementerian dan lembaga pemerintah terkait dengan antisipasi penyebaran virus corona.

Penyelenggara pos juga dapat melaporkan kepada Badan Karantina, Bea dan Cukai serta instansi pemerintah lainnya yang berwenang apabila menemukan potensi jenis risiko penularan melalui barang yang dapat menjadi media pembawa penyebaran virus tersebut.

Kementerian Kominfo juga mengharapkan seluruh penyelenggara pos untuk terus berpartisipasi aktif mencegah penyebaran Novel Coronavirus atau Covid-19 agar tidak masuk ke Indonesia, utamanya melalui kiriman barang. []

Berita terkait
Jalur Penularan Virus Corona Bisa Lewat Feses
Publikasi baru mengungkap sejumlah jalur penularan virus corona. Diare mungkin menjadi salah satu jalur penularan sekunder untuk virus corona baru.
Peluncuran iPhone 12 Tertunda Karena Virus Corona
Pembatalan peluncuran iPhone 12 juga bakalan terjadi akibat virus corona. Kemungkinan peluncuran posel pintar besutan Apple ini tertunda.
WNI yang Dikarantina di Natuna Sehat, Boleh Pulang
Seluruh WNI yang telah dikarantina di Natuna dinyatakan dalam kondisi baik dan sehat. Mereka boleh pulang ke daerahnya masing-masing.
0
Dinkes Kota Tangerang Bantah Warga Kena Corona
Dikabarkan salah satu warganya terkena virus corna, Dinkes Kota Tangerang membantah, warga itu hanya lakukan pemeriksaan biasa