UNTUK INDONESIA
Waspadai Penyebab Pusing Mendadak Saat Ingin Berdiri
Sebagian orang sering merasakan sakit kepala atau pusing saat beranjak berdiri dari duduk atau berbaring. Berikut penyebab penyakit ini terjadi.
Ilustrasi Sakit Kepala. (Foto: emc.id)

Jakarta - Sebagian besar orang seringkali merasakan sakit kepala atau pusing mendadak, hingga kunang-kunang saat beranjak berdiri dari duduk atau berbaring. Lantas, apa penyebab yang bisa mengakibatkan masalah kesehatan tersebut terjadi secara mendadak?

Dokter umum Daniel Bramantyo menjelaskan penyebab kepala pusing atau gelap saat perubahan posisi disebut hipotensi ortostatik. "Itu diakibatkan oleh gravitasi bumi, jadi ketika kita pindah posisi dari duduk atau berbaring langsung berdiri secara cepat, gaya gravitasi bumi itu membuat suplai aliran darah langsung menuju ke arah kaki secara cepat dan akhirnya dia terjadi penggenangan di tubuh bagian bawah," kata dia melalui channel YouTube Gue Sehat seperti dikutip Tagar, Sabtu, 1 Agustus 2020.

Ketika darah tergenang di tubuh bagian bawah, otomatis otak kekurangan suplai darah yang membawa oksigen. "Di situ mengakibatkan kepala pusing dan juga membuat mata kita gelap atau blackout," ucap dokter umum Daniel Bramantyo. 

Penyakit ini juga bisa terjadi pada orang yang memiliki tekanan darah rendah karena penyuplaian darah mereka melambat. "Ketika dia dari posisi duduk ke posisi berdiri harusnya tekanan darah normal dia bisa menyuplai darah ke otak waktunya cukup, tetapi karena tekanan darahnya rendah jadi ada delay, ada keterlambatan, dan itu menyebabkan kenapa dia lebih gampang blackout, pingsan bisa jadi kalau yang cukup parah," ucap dr. Daniel.

Pola makan yang tidak sehat, seperti makanan berlemak, goreng-gorengan, bersantan juga menjadi salah satu faktor terjadinya pusing saat berdiri dari duduk atau pindah posisi. Ini karena adanya penumpukan plak lemak yang mampu memblokade pembuluh darah, sehingga suplai darah menjadi macet atau lambat.

Dalam kasus tersebut, banyak orang mungkin masih bertanya-tanya apakah masalah sejenis ini berbahaya untuk kesehatan tubuh? "Kalau pusing dari duduk ke berdiri atau pindah posisi itu mungkin hanya terjadi sesekali. Tapi, kalau misalnya karena tekanan darah dan terjadi berulang-ulang itu bisa menjadi sebuah bahaya dan itu harus dikonsultasikan ke dokter," ujar dokter Daniel.

Kata dia, masalah ini bisa menyebabkan komplikasi pada orang yang lanjut usia (lansia) dengan tekanan darah yang rendah. Jika ini terus dibiarkan dikhawatirkan akan terjadi gangguan stroke atau jantung.

"Karena pada orang tua metabolisme tubuhnya sudah mulai menurun, jadi perubahan metabolisme itu bisa menyebabkan penurunan tekanan darah atau pun juga suplai darahnya tidak baik, tidak secara normal lagi," ujarnya.

Anda tak perlu khawatir dengan permasalahan ini karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini, seperti perpindahan posisi secara perlahan, rehidrasi cairan tubuh, dan olahraga. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari penyakit ini dan kesehatan tubuh juga bisa tetap terjaga. []

Baca Juga:

Berita terkait
Risiko Kebanyakan Makan Daging Sapi Saat Idul Adha
Idul Adha identik dengan berbagai hidangan berbahan dasar daging sapi. Namun, daging sapi nyatanya bisa membahayakan kesehatan tubuh.
Gejala Batu Tanduk Rusa Ginjal yang Perlu Diwaspadai
Batu tanduk rusa ginjal menjadi penyakit yang kerap dialami masyarakat Indonesia. Sehingga penting untuk mengenal gejalanya agar tetap waspada.
Gejala dan Bahaya TBC pada Anak yang Harus Diketahui
Tuberkulosis (TBC) menjadi salah satu penyakit berbahaya yang menghantui banyak orang salah satunya anak-anak. Berikut gejala penyakit tersebut.
0
Waspadai Penyebab Pusing Mendadak Saat Ingin Berdiri
Sebagian orang sering merasakan sakit kepala atau pusing saat beranjak berdiri dari duduk atau berbaring. Berikut penyebab penyakit ini terjadi.