Hindari Makanan dan Minuman Ini Jika Kamu Pengidap Migrain

Jika kamu sering mengalami sakit kepala, ada beberapa jenis makanan yang harus kamu hindari agar migrain tidak kambuh.
Ilustrasi cokelat (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Migrain atau sakit kepala adalah penyakit umum yang biasa terjadi pada setiap orang dan terkadang membuat tidak nyaman. Saat kambuh, penyakit migrain dapat berdenyut intens dan menyebabkan terganggunya aktivitas.

Selain stres dan kurang istirahat, migrain juga dapat terjadi karena makanan dan minuman tertentu. Jika kamu sering mengalami sakit kepala, ada beberapa jenis makanan yang harus kamu hindari agar migrain tidak kambuh.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang harus kamu hindari agar tidak timbul migrain.


1. Cokelat

Walaupun cokelat ampuh dalam memperbaiki suasana hati, namun makanan ini menjadi penyebab munculnya penyakit migrain. Menurut American Migraine Foundation, cokelat merupakan makanan pemicu migrain kedua paling umum setelah alkohol.

Sekitar 22 % pengidap migrain juga setuju bahwa cokelat dapat memicu penyakit tersebut terjadi. Ini diduga karena kandungan feniletilamin dan kafein yang terkandung dalam cokelat.


2. Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis ternyata dampak menimbulkan sakit kepala. Hal ini karena kandungan nitrit dan nitrat yang terdapat pada daging olahan sebagai bahan pengawet. Kandungan tersebut dapat memperlabar pembuluh darah sehingga memicu migrain pada beberapa orang.


3. Makanan dan Minuman Dingin

Mengonsumsi makanan dingin seperti es krim, es batu, kimchi, atau frozen yogurt juga dapat menimbulkan migrain, terutama bagi orang yang sensitif. Sebuah penelitian menemukan bahwa makanan dingin bisa memicu migrain 74% dari 76 penderita migrain yang berpartisipasi dalam penelitian tersebut.

Sedangkan, hanya sebanyak 32% partisipan yang menderita sakit kepala non-migrain dapat mengalami sakit setelah mengonsumsi makanan dingin.


4. Makanan yang Mengandung MSG

Pada dasarnya MSG (monosodium glutamate) dianggap aman untuk dimakan, tetapi beberapa peneliti menghubungkannya dengan serangan migrain. Biasanya makanan ini dapat kita temui pada makanan yang mempunyai rasa gurih

American Migraine Foundation mencatat bahwa hal itu dapat memicu migrain pada 10-15% penderita migrain setelah mengonsumi makanan yang mengandung MSG.


5. Kopi, Teh, dan Minuman Bersoda

Kandungan kafein pada ketiga minuman tersebut nyatanya dapat menimbulkan migrain. Terlalu banyak mengonsumsi kafein sangat berpengaruh dalam kambuhnya migrain. 

Namun, mengurangi asupan kafein secara drastis atau langsung berhenti juga dapat memicu migrain. Sebaiknya kurangi konsumsi kafein secara perlahan bagi kamu pengidap migrain yang sudah terbiasa dalam mengonsumsi kafein.[]

(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Aturan Diet Makanan Mentah dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Metode diet ini diklaim dapat memberikan Anda energi lebih banyak, memperbaiki penampilan dan kesehatan kulit.
Atasi Disfungsi Ereksi dengan 6 Makanan Ini
Perubahan gaya hidup dan pola makan juga dapat membantu atasi disfungsi ereksi.
8 Makanan yang dapat Membantu Menjaga Hormon
Memasukkan makanan penyeimbang hormon dalam program diet Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.
0
Hindari Makanan dan Minuman Ini Jika Kamu Pengidap Migrain
Jika kamu sering mengalami sakit kepala, ada beberapa jenis makanan yang harus kamu hindari agar migrain tidak kambuh.