UNTUK INDONESIA
Cara Atasi Kolesterol Naik Akibat Makan Daging Kurban
Daging yang dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jangan khawatir, berikut cara alami menurunkan kolesterol.
ilustrasi sakit kepala. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta - Mengonsumsi berbagai makanan berbahan dasar daging secara berlebihan saat Idul Adha tentu bisa meningkatkan kadar kolesterol. Mengatasi masalah kesehatan ini, tentunya bisa dilakukan dengan cara alami tanpa obat. Sehingga kadar kolesterol bisa turun dan kesehatan tubuh akan terjaga. 

Kadar kolesterol yang tinggi tentu berbahaya untuk kesehatan tubuh, sebab ini menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya. Jadi jangan kebanyakan makan daging kurban selama Idul Adha agar tubuh terhindar dari penyakit.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar ulas beberapa cara menurunkan kadar kolesterol.

1. Konsumsi Buah dan Sayur

Konsumsi buah dan sayur bisa menurunkan kolesterol. Kandungan seratnya sangat berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, seseorang dianjurkan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran setidaknya 500 gram per hari. Sehingga, kolesterol dalam tubuh tidak naik dan kesehatan tetap terjaga.

2. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol. Sehingga, Anda dianjurkan untuk menyantap bawang putih setidaknya 50-100 gram setiap harinya.

3. Konsumsi Makanan Mengandung Omega-3

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 bermanfaat menurunkan trigliserida dalam darah dan kolesterol. Ada beberapa bahan makanan kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang bisa dipilih, seperti ikan salmon, tuna, sarden, kacang kenari, dan lainnya.

4. Minum Air Putih

Selain membuat kenyang lebih lama, nyatanya air bisa mendorong kolesterol menuju lever lebih mudah. Kondisi tersebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Cobalah penuhi kebutuhan cairan tubuh harian Anda. Terlebih sehabis mengonsumsi berbagai makanan berbahan dasar daging kurban saat Idul Adha.

5. Olahraga Secara Teratur

Setelah mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi, Anda bisa berolahraga guna menurunkan kolesterol. Tidak perlu yang berat-berat, cukup dengan lari pagi selama satu jam atau olahraga ringan, seperti sit-up, push up dengan durasi sekitar 30 menit sampai 1 jam setiap hari.

6. Berhenti Merokok

Merokok bisa menjadi pemicu yang membuat kolesterol naik. Sehingga, Anda disarankan untuk mulai stop mengisap rokok agar jumlah kolesterol dalam tubuh seimbang.

Nah itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sehingga, kesehatan tubuh bisa tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga:

Berita terkait
Gejala dan Bahaya TBC pada Anak yang Harus Diketahui
Tuberkulosis (TBC) menjadi salah satu penyakit berbahaya yang menghantui banyak orang salah satunya anak-anak. Berikut gejala penyakit tersebut.
Cara Aman Makan Daging Kurban Agar Cegah Kolesterol
Ketika mengonsumsi daging saat Idul Adha terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar kolesterol tidak naik dan kesehatan tubuh terjaga.
Risiko Kebanyakan Makan Daging Sapi Saat Idul Adha
Idul Adha identik dengan berbagai hidangan berbahan dasar daging sapi. Namun, daging sapi nyatanya bisa membahayakan kesehatan tubuh.
0
Cara Atasi Kolesterol Naik Akibat Makan Daging Kurban
Daging yang dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jangan khawatir, berikut cara alami menurunkan kolesterol.