Wali Kota Surabaya Ingatkan Seluruh RT/RW Pantau Warga

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi meminta seluruh RT/RW untuk lebih aktif memantau kondisi warganya yang tengah menjalani isolasi mandiri.
Eri Cahyadi. (Foto: Tagar/Surabaya Raya)

Jakarta - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi meminta seluruh RT/RW untuk lebih aktif memantau kondisi warganya. Hal tersebut dilakukan mengingat masyarakat tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Jika menemukan warga bergejala Covid-19 seperti sesak nafas, demam tinggi, batuk, maka wajib dibawa ke puskesmas terdekat. Eri memastikan saat ini Puskesmas dapat melayani masyarakat selama 24 jam. "Nanti di sana akan diperiksa sekaligus tes swab antigen,” kata pria yang akrab disapa Cak Eri ini.

Namun jika hasil swab antigen warga dinyatakan negatif, maka Cak Eri meminta yang bersangkutan untuk langsung menjalani isolasi. Hal ini tak terkecuali untuk pasien bergejala ringan. Meskipun isolasi mandiri, mereka harus tetap mendapatkan obat-obatan sesuai dengan keluhannya.

Sebaliknya, apabila pasien mengalami gejala sedang atau berat, maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit. Dengan sistem ini, maka warga tidak perlu menunggu hasil swab PCR baru isolasi. Jika tidak isolasi, maka akan semakin menularkan virus pada orang-orang di sekitar.

Di samping itu, Cak Eri juga mendorong RT dan RW lebih memperhatikan kondisi warga. Jika ada warga yang merasa kesehatannya kurang baik, maka harus segera dibawa ke Puskesmas terdekat. Langkah ini penting dilakukan agar warga tidak dalam kondisi parah saat dibawa ke RS maupun Puskesmas.


Jangan sampai ada warga ada yang tidak tertangani. Kita sudah menambah ambulance dan jam operasional 24 jam.


“Ini akan sia-sia kalau RT atau RW-nya tidak tahu berapa warganya yang tidak enak badan atau sedang sakit. Jangan sampai ada warga ada yang tidak tertangani. Kita sudah menambah ambulance dan jam operasional 24 jam. Jadi saya nyuwun tulung (minta tolong) RT dan RW diskusi ke kelurahan dan kecamatan," jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Selasa, 13 Juli 2021.

Terakhir, ia berpesan kepada seluruh warga agar memperketat protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Jika tidak terlalu penting, maka sebaiknya tidak perlu keluar rumah. Cak Eri berharap dalam situasi seperti saat ini seluruh masyarakat kompak mematuhi aturan sehingga pandemi Covid-19 akan segera hilang. []


Baca juga


Berita terkait
Doa Orang Tua dan Risma Antar Eri Cahyadi ke TPS
Calon Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyempatkan diri menemui orang tua sebelum ke TPS
Urus KTA PDIP, Eri Cahyadi: Baju dan Hati Saya Merah
Setelah mundur sebagai Kepala Bappeko Surabaya, Eri Cahyadi akhirnya bergabung dengan PDIP, partai yang mengusungnya di Pilkada Surabaya.
Bawaslu Surabaya Surati Parpol Soal Eri Cahyadi
Bawaslu Surabaya menyurati parpol karena ingin memastikan ucapan Eri Cahyadi yang tidak mendaftar sama sekali di parpol.
0
Wali Kota Surabaya Ingatkan Seluruh RT/RW Pantau Warga
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi meminta seluruh RT/RW untuk lebih aktif memantau kondisi warganya yang tengah menjalani isolasi mandiri.