Pemerintah Kota Makassar

Wajib Tahu! 5 Tips Investasi Saham dengan Mudah

Investasi saham menjadi salah satu investasi yang memberikan hasil lebih tinggi dari pada investasi lainnya. Berikut tips investasi saham.
Ilustrasi - Harga saham. (Foto: Tagar/unplash/Jeremy Bezanger)

Jakarta – Investasi saham semakin lama semakin semakin dikenal dari berbagai kalangan. Investasi juga hal yang sangat penting untuk masa depan dengan berinvestasi Anda dapat terhindar dari inflasi, yaitu kenaikan barang ataupun jasa akan terus meningkat dalam jangka waktu tertentu.

Investasi saham menjadi salah satu investasi yang memberikan hasil lebih tinggi dari pada investasi lainnya. Bahkan investasi saham tidak pernah semudah ini, hanya dengan bermodalkan Rp 100 ribu saja Anda sudah bisa berinvestasi saham.


1. Kenali investasi saham

Sebelum berinvestasi saham sebaiknya anda mengenal lebih dalam apa itu saham, apa saja resikonya serta apa saja keuntungan yang didapat dari investasi saham.


2. Pilih perusahaan sekuritas

Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah membuka rekening dari perusahaan sekuritas yang sudah tersedia. Setelah membuka rekening anda dapat memulai investasi dengan cara top-up ke rekening yang sudah anda buat di perusahaan sekuritas tersebut.

Pilihlah perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hal ini dapat terhindar dari penipuan. Sehingga uang anda akan aman di sekuritas yang sudah terdaftar di OJK tersebut.


3. Siapkan dana dingin

Dana dingin merupakan uang pribadi yang tidak terpakai alias uang nganggur. Untuk investor pemula sangat disarankan untuk menggunakan dana dingin. mungkin kebanyakan investor pemula menggunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari, alias uang panas Untuk berinvestasi saham hanya karena ingin cepat kaya.

Dengan menggunakan uang panas untuk berinvestasi saham tentunya akan ada masalah yang datang seperti terlilitnya hutang dan lain – lainnya.


4. Periksa laporan keuangan

Dengan melakukan ini dapat membantu anda untuk lebih mengenal manajemen perusahaan yang anda incar. Jika pemasukan perusahaan tersebut bagus tapi nilai cashnya minus, maka dapat dikatakan bahwa manajemen perusahaan tersebut kurang bagus.


5. Beli saham bagus saat harganya turun

Mungkin sebagian investor pemula menghindari membeli harga saham yang turun, tidak ada salahnya juga melakukan itu. Namun terdapat beberapa kasus ketika membeli saham yang harganya turun, bahkan harganya bisa meningkat atau bahkan lebih tinggi lagi.

Dengan membeli saham bagus saat harganya turun hal ini dapat memberikan anda keuntungan di kemudian hari, namun jangan asal beli saat harganya sedang turun alangkah baiknya periksa terlebih dahulu manajemen perusahaan tersebut

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
Jenis-jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula
Tak seperti dulu, citra investasi yang mahal dan hanya dimonopoli para pengusaha atau karyawan berpenghasilan tinggi kini telah luntur.
Tips Investasi Properti untuk Pemula
Anda harus mempertimbangkannya secara matang sebelum menargetkan properti pertama Anda.
5 Tips Agar Terhindar dari Investasi Ilegal
Minimnya literasi keuangan membuat masyarakat mudah tergiur dan akhirnya terjerumus ke dalam investasi gadungan.
0
Ingin Keuangan Tetap Sehat? Terapkan 4 Kebiasaan Ini!
Jika sudah merasa tidak sehat, kita harus cepat mengatur kebiasaan sederhana dan pastinya teratur untuk menjaga keuangan kita kembali stabil.